Kumpulan Doa Taubat Berdasarkan Al Quran dan Hadits

2 min read

Doa Taubat

Kumpulan Doa Taubat Berdasarkan Al Quran dan Hadits – Manusia bukanlah manusia yang sempurna. Setiap manusia tidak luput dari kesalahan baik itu disengaja atau pun tidak. Manusia tidak berhak menghakimi kesalahan orang lain. Bahkan sampai melakukan hal – hal yang tidak baik untuk menghakimi orang lain.

Allah Subhanahu wa ta’ala saja dapat memaafkan hamba-Nya yang melakukan kesalahan selagi orang tersebut bertaubat dan tidak lagi melakukan kesalahan itu lagi.

Lantas bagaimana caranya jika kita ingin melakukan taubat? Selain melaksanakan sholat taubat apa doa yang dapat dipanjatkan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala?

Ulasan kali ini akan membahas kumpulan doa taubat yang disertai dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya. Simak terus ya.

Perintah Bertaubat

Taubat berarti memohon ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas segala perbuatan dosa – dosa yang diperbuatnya baik itu disengaja atau pun tidak.

Melakukan taubat bukan berarti melakukan kesalahan itu lagi. Hanya Allah Subhanahu wa ta’ala yang dapat menentukan apakah taubat seseorang tersebut diterima atau tidak.

Melakukan kesalahan kemudian bertaubat dan menyesali segala dosa – dosa yang diperbuat dan berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan itu lagi. Hal tersebut dilakukan jika seseorang benar – benar ingin bertaubat kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Janganlah takut atau pun ragu untuk meminta ampunan Allah Subhanahu wa ta’ala. Allah Subhanahu wa ta’ala memiliki sifat Al Ghafar yang artinya yaitu Maha Pengampun.

Sebagaimana yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala firmankan pada surat Nuh ayat 10, yaitu:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا

Artinya: “Maka aku katakan kepada mereka: “Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun.” (QS. Nuh ayat 10)

Allah Subhanahu wa ta’ala akan mengampuni siapapun hamba-Nya yang benar – benar ingin bertaubat. Maka merugilah orang – orang yang tidak meminta ampunan Allah Subhanahu wa ta’ala. Dalam firman Allah Subhanahu wa ta’ala yang berbunyi,

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Artinya: “Keduanya berkata: “Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak memberikan ampunan dan rahmat-Mu kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang – orang yang merugi (celaka).” (QS. Al A’raf ayat 23)

Tata Cara Taubat

Taubat tidaklah asal bertaubat. Taubat memiliki caranya sendiri. Berikut ini merupakan tata cara melakukan taubat yang benar yaitu sebagai berikut:

a. Berniat dengan ikhlas dan sungguh – sungguh untuk bertaubat karena mencari ampunan Allah Ta’ala
b. Mengakui dan menyesali segala dosa yang telah diperbuat
c. Berhenti dari melakukan perbuatan dosa
d. Berjanji dan bertekad untuk tidak mengulangi perbuatan dosa itu lagi
e. Mengembalikan hak orang yang pernah didzalimi jika dosanya berhubungan dengan orang lain
f. Mengerjakan Sholat Taubat

Setelah itu teruslah memohon ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Kuatkanlah diri untuk tetap istiqomah agar tidak melakukan kesalahan itu lagi. Melakukan taubat nasuha dan tidak mengulangi lagi.

Kuatkan iman dan takwa agar setan tidak dapat menggoda dan membujuk kita dengan bisikan – bisikannya agar melakukan dosa lagi. Kuatkan iman dan takwa dengan melakukan segala ibadah – ibadah yang dapat menumbuhkan keimanan kita.

Doa Taubat

Adapun berikut ini merupakan doa yang dapat dipanjatkan:

Bacaan Doa Taubat

Bacaan Doa Taubat

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ أَلَّذِيْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullaahal ‘azhiim alladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, wa atuubu ilaih.

Artinya: “Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Dia, Yang Hidup dan terus – menerus mengurus makhluk-Nya, dan aku bertaubat kepada-Nya.” (HR. Abu Daud, At Tirmidzi, dan Al Hakim)

Bacaan Doa Taubat

رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ

Rabbanaagh firlii wa liwaa lidayya wa lilmu’ miniina yauma yaquumul hisaab.

Artinya: “Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat).” (QS. Ibrahim ayat 41)

Bacaan Doa Taubat

Abu Bakar Ash Shidiq Radhiallahu ‘anhu berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan doa untuk bertaubat. Adapun doa yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu:

اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيْرًا وَلَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ وَارْحَمْنِي إِنَّك أَنْتَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Allahumma innii zholamtu nafsii zhulman kastiiran wa laa yaghfirudz dzunuuba illa anta faaghfir lii maghfiratan min ‘indika warhamnii innaka antal ghafuurur rahiim.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku telah menganiaya diriku dengan kezaliman yang banyak, sedangkan tidak ada yang mengampuni kecuali Engkau, maka ampunilah aku dengan pengampunan-Mu dan kasihanilah aku. Sesungguhnya Engkau adalah Al Ghafur (Maha Pengampun) dan Ar Rahim (Maha Pemberi Rahmat).” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Doa tersebut dapat dibaca selesai melaksanakan sholat.

Bacaan Doa Taubat

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَتُبْ عَلَىَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Rabbighfir lii wa tub ‘alayya, innaka antat tawwaabur rahiim.

Artinya: “Ya Tuhan ku, ampunilah dosa – dosaku dan terimalah taubat dariku. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (HR. Ahmad, At Tirmidzi, Abu Dauud, An Nasa’i, dan Al Bukhari)

Bacaan Doa Taubat

اللّهُمّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي كُلّهُ دِقّهُ وَجِلّهُ، وَأَوّلَهُ وَآخِرَهُ، وَعَلاَنِيَتَهُ وَسِرّهُ

Allahummagh fir lii dzambii kullahu diqqahu wa jillah, wa awalahu waakhirah, wa ‘alaa niyatahu wa sirrah.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah semua dosa- dosaku, baik yang kecil maupun yang besar, yang pertama maupun yang terakhir, yang terlihat maupun yang tersembunyi.” (HR. Muslim)

Bacaan Doa Taubat

رَبَّنَآ اِنَّنَآ اٰمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوْبَنَا وَقِنَاعَذَابَ النَّارِۚ

Rabbanaa innanaa aamannaa faaghfirlanaa dzunuu banaa wa qinaa ‘adzaa bannar.

Artinya: “Ya Tuhan kami, kami benar – benar beriman, maka ampunilah dosa – dosa kami dan lindungilah kami dari azab api neraka.” (QS. Al Imran ayat 16)

Doa taubat tersebut dapat diamalkan setelah kita melaksanakan sholat.

Baca Juga:

Demikianlah kumpulan doa taubat yang dilengkapi dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya yang dapat diamalkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian. terima kasih.

Doa Mayit

_pur
2 min read

Niat Puasa Wajib

_pur
2 min read