Doa Tayamum Terlengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Artinya

2 min read

Doa Tayamum

Doa Tayamum Terlengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Artinya – Wudhu merupakan salah satu syarat wajib yang harus dilakukan bagi tiap orang Muslim yang akan melaksanakan ibadah, salah satunya yaitu melaksanakan sholat lima waktu.

Wudhu yang biasa kita lakukan yaitu menggunakan air. Air yang bersih dan suci merupakan alat untuk berwudhu tanpa air tidak bisa wudhu. Meskipun begitu, Allah Subhanahu wa ta’ala telah meringankan hamba-Nya agar tetap dapat melaksanakan sholat, yaitu dengan tayamum.

Bagaimanakah bacaan doa tayamum dan apa itu tayamum? Artikel kali ini akan membahas mengenai doa tayamum dilengkapi dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya. Simak terus ya.

Arti Tayamum

Tayamum dalam bahasa Arab yaitu تيمم. Dalam bahasa Arab, tayamum berarti Al Qashdu (القَصْدُ) yang artinya bermaksud atau sengaja. Tayamum artinya yaitu bersuci tanpa menggunakan air. Tayamum dilakukan dengan pasir, tanah, atau debu yang suci. Tayamum dapat dilakukan dengan syarat tertentu. Tata cara pelaksanaan tayamum tentunya berbeda dengan berwudhu. Karena pada saat tayamum hanya mengusap muka dan tangan.

Bacaan Doa Setelah Tayamum

Adapun berikut ini merupakan bacaan dari doa yang dapat dibaca setelah bertayamum:

Bacaan Doa Setelah Tayamum
Bacaan Doa Setelah Tayamum

Bacaan Arab Doa Setelah Tayamum

اَشْهَدُ اَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ، وَ حْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَا التَّوَّابِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِىْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ. سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Bacaan Latin Doa Setelah Tayamum

Asyhadu allaa ilaaha illaallaah, wahdahu laa syariika lah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu wa rasuuluh. Allaahummaj ‘alnii minat tawwaabiin, waj’alnii minal mutathahhiriin, waj ‘alnii min ‘ibaadikash shaalihiin. Subhaanakal lahumma wa bihamdik, asyhadu allaa illa ha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Setelah Tayamum

“Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk dari orang-orang yang bertaubat, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bersuci, dan jadikanlah aku sebagai hamba-hamba-Mu yang saleh. Maha Suci Engkau, ya Allah, segala puji untuk-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan dengan kebaikan-Mu, aku memohon ampunan dan bertaubat pada-Mu.”

Bacaan doa setelah tayamum yaitu sama dengan doa setelah berwudhu.

Perintah Tayamum

Allah Subhanahu wa ta’ala tidak pernah memberatkan hamba-Nya dalam beribadah. Salah satunya yaitu ketika hamba-Nya kesulitan dan tidak juga mendapatkan air. Sedangkan air merupakan hal wajib yang diperlukan untuk berwudhu.

Allah Subhanahu wa ta’ala meringankan kesulitan hamba-nya yaitu dengan memperbolehkan bertayamum jika tidak ditemukan air. Sebagaimana yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala firmankan dalam sebuah ayat Al Quran yaitu pada surat An Nisa ayat 43.

يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا لَا تَقْرَبُوْا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَىٰ حَتَّىٰ تَعْلَمُوْا مَا تَقُوْلُوْنَ وَلَا جُنُبًا إِلَّا عَابِرِي سَبِيْلٍ حَتَّىٰ تَغْتَسِلُوْا ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَأَيْدِيْكُمْ ۗ إِنَّ اللهَ كَانَ عَفُوًّا غَفُوْرًا

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu sholat, sedangkan kamu dalam keadaan mabuk, sampai kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, dan (jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar melewati jalan saja, hingga kamu mandi (mandi junub). Dan jika kamu sakit atau sedang dalam perjalanan atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapatkan air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah (debu) yang baik (suci), sapulah mukamu dan tanganmu dengan (debu) itu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun.” (QS. An Nisa’ Ayat 43)

Perintah bertayamum juga pernah disampaikan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

أنَّ النَبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لمَاَّ انْفَتَلَ مِنْ صَلَاتِهِ إِذَا بِرَجُلٍ مُعْتَزِلٍ لَمْ يُصلِّ مَعَ الْقَوْمِ، قَالَ: مَا مَنَعَكَ يَا فُلانُ أنْ تُصَلِي مَعَ الْقَوْمِ؟ قَالَ: أَصَابَتْنِي جَنَابَةٌ وَلَا مَاءَ، قَالَ: عَلَيْكَ بِالصَّعِيْدِ، فَإِنَّهُ يَكْفِيْكَ

Artinya: “Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam saat selesai dari sholatnya, ternyata menemui seorang yang menyendiri tidak sholat bersama orang-orang. Beliau bersabda: “Apa yang mencegah kamu wahai Fulan untuk sholat bersama orang-orang?” Dia menjawab: “Aku terkena junub dan tidak ada air.” Beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Hendaknya kamu menggunakan sha’id (tayamum), karena itu mencukupkanmu.”” (HR. Al Bukhari)

Berdasarkan ayat Al Quran dan hadits tersebut disimpulkan bahwa tidak mengapa melaksanakan tayamum jika tidak mendapati air untuk bersuci. Selagi debu atau pasir atau tanah tersebut suci dan tidak mengandung najis.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

إِنَّ الصَّعِيْدَ الطَّيِّبَ وَضُوءُ لِلْمُسْلِمِ وَإِنْ لَمْ يَجِدِ الْمَاءَ عَشْرَ سِنِيْنَ، وَإِذَا وَجَدَ الْمَاءَ فَلْيُمِسَّهُ بَشَرَتَهُ، فَإِنَّ ذَلِكَ هُوَ خَيْرٌ

Artinya: “Sesungguhnya permukaan bumi (debu) yang bersih merupakan alat berwudhu bagi seorang muslim walaupun dia tidak mendapati air sepuluh tahun dan jika dia telah mendapatkan air maka sebaiknya membasuh kulitnya, karena itu lebih baik.” (HR. Ahmad dan Abu Daud)

Oleh karena itu, tidak ada lagi alasan untuk tidak melaksanakan sholat jika tidak ada air. Karena Allah Subhanahu wa ta’ala telah meringankan dan memperbolehkan untuk bertayamum. Selain itu Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam pun mengajarkan tayamum beserta contoh pelaksanaannya.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai doa tayamum beserta bacaan Arab, Latin, dan artinya. Semoga artikel bermanfaat dan dapat diamalkan dengan baik. Terima kasih.

Waktu Mustajab dalam Berdoa

_pur
3 min read

Doa Belajar

Doa ibu
2 min read

Pelaksanaan Shalat Jumat

_pur
3 min read