Doa Terbebas Hutang Piutang

3 min read

Doa Terbebas Hutang Piutang

Doa Terbebas Hutang Piutang Beserta Bacaan Arab, Latin, dan Artinya – Setiap manusia memiliki kebutuhannya masing-masing. Tentunya kebutuhan yang dibutuhkan pun berbeda. Yang terpenting adalah memenuhi segala kebutuhan pokok hidupnya. Kebutuhan yang penting didahulukan. Tetapi sepertinya semakin berkembangnya teknologi, maka kebutuhan pun meningkat. Hal ini berbanding terbalik dengan menurunnya nilai mata uang.

Uang semakin tergerus. Dengan meningkatnya nilai mata uang asing menyebabkan rupiah semakin turun. Hal inilah yang menyebabkan harga semua terasa seperti naik. Selain itu, kebutuhan yang semakin meningkat pun menjadi salah satu alasan. Tetapi ketika kemampuan dalam finansial berbanding terbalik dengan hal itu tentunya akan menyebabkan seseorang mengambil jalan pintas yaitu hutang. Jika seseorang yang memiliki masalah hutang piutang, banyak hal yang dapat menyebabkan beban. Terkadang karena kebutuhan yang mendesak yang menyebabkan seseorang berutang pun sulit untuk dilunasi.

Dekatkanlah diri kamu kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Mintalah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar dapat terbebas dari hutang. Nah tahukah kamu bagaimana doa agar terbebas dari hutang piutang? Nah kali ini berdoa akan memaparkan mengenai doa agar terbebas dari masalah hutang piutang. Simak terus ya.

Hutang Piutang

Hutang Piutang

Hutang piutang merupakan perkara besar yang tidak bisa diremehkan begitu saja. Meski begitu, banyak juga orang yang suka berutang. Permasalahan ekonomi menyebabkan hal ini terjadi sedangkan kebutuhan semakin meningkat. Tapi tidak jarang juga orang-orang yang berutang sebenarnya bisa menghindari perihal hutang piutang, dengan membeli sesuai dengan pemasukan yang ada.

Terdapat juga beberapa orang yang menikmati hutang piutang. Karena kondisi yang menyebabkan seseorang untuk berutang tetapi tidak mampu membayarnya menyebabkan orang tersebut berutang kembali kepada orang lain. Istilahnya gali lubang tutup lubang. Apalagi kalau sampai meminjam uang pada rentenir. Hutang yang sedikit bisa menjadi setinggi gunung.

Padahal jika berutang hidup menjadi tidak tenang. Bahkan hutang merupakan perihal yang bisa terbawa hingga kita meninggal.

Hutang akan diperkarakan dalam hisab kita. Hutang dapat berpengaruh pada timbangan amal kita. Sama halnya dengan janji. Janji adalah hutang. Hutang harus ditepati.

Itulah sebabnya ketika seseorang meninggal dunia, keluarga akan meminta kepada orang yang memberikan hutang untuk menyelesaikan bersama perihal tersebut. Keluarga akan membantu menyelesaikan hutang tersebut.

Doa Terbebas dari Hutang Piutang

Berdoa meminta agar bisa melunasi hutang terdapat pada salah satu ayat Al Quran yaitu pada surat Al Imaran ayat 26 dan 27. Berikut ini doa tersebut:

قُلِ اللّٰهُمَّ مٰلِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِى الْمُلْكَ مَنْ تَشَاۤءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاۤءُ ۖ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاۤءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاۤءُ ۗ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۗ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Quli allaahumma maalika almulki tu’tii al mulka man tasyaau watanzi’u almulka mimman tasyaau watu’izzu man tasyaau watudzillu man tasyaau biyadika alkhayru innaka ‘alaa kulli syay-in qadiirun.

Artinya: “Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang memiliki kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.” (QS. Ali Imran ayat 26)

تُولِجُ اللَّيْلَ فِي الْنَّهَارِ وَتُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الَمَيَّتَ مِنَ الْحَيِّ وَتَرْزُقُ مَن تَشَاء بِغَيْرِ حِسَابٍ

Tuuliju allayla fii alnnahaari watuuliju alnnahaara fii allayli watukhriju alhayya mina almayyiti watukhriju almayyita mina alhayyi watarzuqu man tasyaau bighayri hisaabin.

Artinya: “Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezeki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas).” (QS. Ali Imran ayat 27)

Amalan Doa Terbebas dari Hutang Piutang

Terdapat amalan yang dapat membantu kamu dalam memohon agar hutang piutang kamu selesai. Tidak ada lagi hutang yang mengusik kehidupan. Kamu dapat melaksanakan amalan ini sebanyak 40 hari. Adapun berikut ini amalan yang dapat dipraktekkan:

Doa-doa tersebut dapat diamalkan setelah selesai melaksanakan sholat lima waktu dan dibaca sebanyak 3 kali. Selain itu, kamu juga dapat melaksanakan sholat hajat. Mintalah supaya kamu dapat melunasi hutang yang kamu miliki. Kemudian baca doa-doa tersebut sebanyak 11 kali.

Penutup dari amalan tersebut yaitu dengan membaca surat Al Fatihah sebanyak 3 kali.

Memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar terbebas dari hutang. Mintalah dengan hati yang ikhlas dan tulus. Jangan berputus asa dalam meminta meskipun hutang yang menumpuk setinggi gunung sekalipun.

Dengan melakukan amalan-amalan tersebut tentunya kita juga harus mengiringinya dengan usaha. Berusaha mencari rejeki yang halal untuk melunasi hutang. Kemudian berdoa memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar dapat terbebas dari perkara hutang piutang.

Doa Tambahan

Selain doa tersebut kamu juga dapat mengamalkan doa lainnya. Berikut ini doa yang dapat diamalkan yaitu:

Dari Zuhair bin Harb, telah diceritakan dari Jarir, dari Suhail, ia berkata, “Abu Shalih telah memerintahkan kepada kami bila salah seorang di antara kami akan tidur, hendaklah berbaring di sisi kanan kemudian mengucapkan,

اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

Allahumma rabbas samaawaatis sab’i wa rabbal ‘arsyil ‘azhiim, rabbanaa wa rabba kulli syai-in, faaliqal habbi wan-nawaa wa munzilat-tawraati wal injiil wal furqaan. A’udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa shiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qablaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba’daka syai-un, wa antazh zhaahiru fa laysa fawqaka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi ‘annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.

Artinya: “Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil, dan Furqan (Al Quran). Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelah-Mu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atas-Mu. Engkau-lah yang batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.” (HR. Muslim)

Baca Juga:

Demikianlah artikel mengenai doa agar terbebas dari hutang piutang lengkap dengan bacaan Arab, latin, dan artinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.