Doa Tolak Bala atau Bencana Lengkap dengan Pengertian

2 min read

Doa Tolak Bala

Doa Tolak Bala atau Bencana Lengkap dengan Pengertian – Siapa yang tidak takut dengan suatu bencana yang datang? Semua manusia di dunia ini tidak ada yang ingin mengalami suatu musibah.

Sedangkan musibah selalu datang dengan tiba – tiba, tidak ada yang tahu. Lantas bagaimana caranya agar kita dapat terlindungi dari suatu musibah yang menimpa kita?

Bagi umat Islam berdoa memohon perlindungan Allah SWT. merupakan cara yang paling utama. Bagaimana doa agar kita terhindar dari bencana atau pun musibah?

Berikut ini akan dijelaskan mengenai pengertian tolak bala dan doa – doa tolak bala yang akan dijelaskan secara detail dan lengkap. Simak terus ya.

Pengertian Tolak Bala

Tolak Bala menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI merupakan penangkal bencana dengan mantra. Maksudnya yaitu penangkal suatu musibah atau bencana yang dilakukan dengan doa.

Tolak berarti penangkal, sedangkan bala yaitu musibah, bencana, bahaya, atau pun penyakit.

Oleh karena itu, tolak bala merupakan penangkal dari suatu musibah atau bencana yang dilakukan dengan doa.

Segala musibah yang menimpa manusia bisa juga disebabkan karena ulah mereka sendiri. Dalam ayat Al Quran telah disebutkan mengenai hal ini. Allah SWT. berfirman bahwa:

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ

Artinya: “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu (berupa azab dan bala) adalah disebabkan oleh perbuatan tangan kalian sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan – kesalahanmu).” (QS. Asy Syura ayat 30)

Bagi umat Muslim, agar terhindar dari bala tentunya harus memohon perlindungan kepada Allah SWT. agar selalu dijaga dan dilindungi dari segala marabahaya.

Dengan doa tolak bala yang telah dianjurkan Nabi Muhammad SAW., kita mendapat perlindungan dari suatu musibah.

Doa tolak bala pun dibaca tidak hanya agar kita terlindung dari musibah tetapi juga dapat dibaca jika kita mendengar orang lain terkena musibah atau bencana.

Seperti halnya saat ini di berbagai negara termasuk negara kita, Indonesia, sedang terkena suatu wabah penyakit Covid-19 atau biasa disebut virus korona. Semoga dengan mengamalkan doa tolak bala ini virus korona ini cepat dapat teratasi dan vaksin dari virus korona cepat ditemukan.

Doa – Doa Tolak Bala

Berikut ini merupakan doa – doa yang dapat diamalkan untuk menolak bala di antaranya yaitu:

Doa yang pertama yaitu:

Doa Tolak Bala

Ustman bin Affan radhiyallahu ‘anhu mendengar bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca doa berikut ini.

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bìsmìllaahìlladzìì laa yadhurru ma’as mìhì syaì un fìl ardhì wa laa fìs samaa ì wa huwas samìì’ul ‘alììm.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu apapun di bumi maupun langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (HR. Abu Daud dan At Tirmidzi)

Doa tersebut dibaca oleh Nabi Muhammad SAW. untuk tolak bala. Doa tersebut juga dianjurkan untuk diamalkan oleh seluruh umatnya agar terhindar dari bencana atau musibah.

Doa yang kedua yaitu:

اَللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّاالْغَلَآءَ وَالْبَلَآءَ وَالْوَبَآءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَآئِدَ وَالْمِحَنَ مَاظَهَرَ مِنْهَا وَمَابَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بَلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً اِنَّكَ عَلَى كُلِّى شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Allaahummadfa’ ‘annalghalaa a wal balaa a wal wabaa a wal fahsyaa a wal munkara was suyuufal mukhtalìfata wasy syadaa ìda wal mìhana maadzahara mìnhaa wa maabaathana mìn baladìnaa khash shatan wa mìn baldaanìl muslìmììna ‘aamma tan ìnnaka ‘alaa kullì syaì ìn qadììr.

Artinya: “Ya Allah, hindarkanlah Kami dari kekurangan pangan, cobaan hidup, penyakit – penyakit atau wabah, perbuatan – perbuatan keji dan munkar, ancaman – ancaman yang beraneka ragam paceklik – paceklik dan segala ujian, yang lahir maupun batin dari negeri kami ini pada khususnya dan dari seluruh negeri kaum muslimin pada umumnya, karena sesungguhnya Engkau adalah atas segala sesuatu adalah kuasa.”

Doa tolak bala ini dapat diamalkan setelah melaksanakan sholat wajib lima waktu. Doa ini merupakan doa yang sering dibaca ketika melaksanakan sholat secara berjamaah.

Doa yang ketiga yaitu:

اللّٰهُمَّ بِحَقِّ الْفَاتِحَةِ وَسِرِّ الْفَاتِحَةِ يَا فَارِجَ الْهَمِّ وَيَاكَاشِفَ الْغَمِّ، يَامَنْ لِعِبَادِهِ يَغْفِرُوَيَرْحَمُ، يَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَا اَللّٰهُ، وَيَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَارَحْمٰنُ وَيَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَارَحِيْمُ وَ صَلَّى اللَّهُ وَسَلَّمَ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Allaahumma bihaqqil faatihah wasirril faatihah yaa faarijal hammi wa yaa kaasyifal ghammi, yaa man li ‘ibaadihii yaghfiru wa yarham, yaa daafi’al balaa i yaa Allah, wa yaa daafi’al balaa i yaa rahmaan wa yaa daafi’al balaa i yaa rahiim wa shallallaahu wa sallama ‘ala khairi khalqihi sayyidinaa Muhammadin wa ‘ala aalihi wa shahbihi ajma’iin subhaana rabbika rabbil ‘izzati ‘ammaa yashifuun wa salaamun ‘alal mursaliin wal hamdulillaahi rabbil ‘aalamiin.

Artinya: “Ya Allah, dengan kebenaran al fatihah dan dengan rahasia yang terkandung dalam al fatihah, ya Allah Tuhan Yang melapangkan kedudukan dan Yang menghilangkan kesedihan, Ya Allah Tuhan Yang Maha kasih sayang kepada hambanya, Karena Dia jugalah zat yang mampu menolak bala dari berbagai macam jenis bala. Semoga salam serta shalawat tercurah kepada Muhammad sebagai Rasul Nya orang – orang mukmin dan para sahabatnya. Dan semoga keselamatan dilimpahkan kepada para Rasul Allah, serta segala puji bagi Tuhan semesta Alam.”

Dalam sebuah ayat juga disebutkan bahwa:

وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنْتَ فِيهِمْ ۚ وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Artinya: “Dan Allah sekali – kali tidak akan mengazab mereka (orang – orang kafir di Mekkah), sedangkan engkau (wahai Muhammad) masih berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedangkan mereka senantiasa beristighfar.” (QS. Al Anfal ayat 33)

Baca juga:

Demikianlah penjelasan mengenai tolak bala dan doa – doa tolak bala yang telah dijelaskan secara lengkap. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan doa tersebut dapat diamalkan. Semoga Indonesia cepat pulih dan segala bencana yang ada dapat segera teratasi dengan baik. Terima kasih.