Doa Turun Hujan

1 min read

Doa Turun Hujan

Berikut ini adalah materi tentang turun hujan. Doa turun hujan, bacaan doa turun hujan, doa sesudah hujan dan bacaan doa sesudah hujan

Pada saat hujan turun hendaknya kita harus bersyukur kepada Allah atas kebaikan dan nikmat hujan yang telah diberikan. Karena sebenarnya hujan merupakan hadiah rahmat dan berkah dari-Nya.

Ketika hujan turun, Nabi sangat senang dengan kedatangan hujan hingga beliau ber-tabarruk (mengambil berkah) dari hujan tersebut.

Imam Nawawi menjelaskan:

“Hadits ini berarti bahwa hujan adalah rahmat, itu adalah rahmat yang baru saja diciptakan oleh Allah. Itulah sebabnya Nabi mengambil Muhammad ber-Tabarruk (mengambil berkah) dari hujan tersebut.”

Selain bersyukur dan ber-tabarruk dengan hujan. Kita juga harus membaca doa saat hujan turun berikutnya.

Bacaan Doa Turun Hujan

Contoh-Doa-Turun-Hujan

Bacaan Doa Turun Hujan Latin :
“Allahumma shoyyibian naafi’an”

Artinya:
“Ya Allah, turunkan hujan yang bermanfaat.” (HR.Bukhari)

Karena pada dasarnya, hujan merupakan sumber rahmat dan berkah dari Allah, yang diberikan kepada semua makhluk hidup di bumi.

Dalam doa ketika turun hujan ini, kita meminta kepada Allah untuk menerima hujan yang bermanfaat, yaitu hujan yang membawa berkah hidup dan sukacita bagi makhluk di bumi.

Secara tersirat, doa ini memberi kita pesan bahwa kita selalu mencintai alam, melestarikan dan melindunginya. Dan untuk menjaga agar hujan mewujudkan rahmat dan berkat, bukan bencana atau mala petaka.

Kita tidak hanya membaca doa ketika hujan, tetapi kita juga didorong untuk berdoa dengan doa yang kita inginkan. Karena ketika hujan , kita harus berdoa karena pada saat hujan adalah waktu yang sangat mustajab untuk doa-doa yang kita panjatkan.

Doa Sesudah Hujan

Seperti kita ketahui, bahwa saat ketika anugerah dan berkah dari tuhan jatuh ketika hujan turun. Dalam keadaan seperti itu, kita harus bersyukur kepada Allah bahkan setelah hujan berhenti.

Diriwayatkan dari Zaid bin Khalid al-Juhani bahwa Nabi Muhammad melaksanakan sholat subuh bersama kami di Hudaibiyah setelah hujan turun di malam hari.

Ketika dia ingin pergi, Beliau pergi menghadap jamaah sholat untuk berdoa dan berkata:
“Apakah kalian mengatahui apa yang dikatakan Rabb kalian?”

Kemudian mereka berkata: “Allah swt dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.”

Bacaan Doa Sesudah Hujan

Bacaan Arab Doa Setelah Hujan

Doa turun hujan

Bacaan Doa Setelah Hujan Latin

“Mutirna bi Fadhlillaahi wa Rahmatihi.”

Artinya :
“Kita diberikan hujan karena karunia dan rahmat-Nya.”

Tanpa kita menyadarinya, hujan memiliki berkah sepanjang waktu dan manfaat besar bagi kehidupan makhluk di Bumi. Ketika hujan turun, Allah menumbuhkan tanaman, buah-buahan, dan berbagai sumber makanan lainnya.

Air hujan yang jatuh dari langit adalah air yang mengandung banyak kebaikan dan keberkahan . Hujan dapat membersihkan bumi dari kotorannya, membersihkan tubuh dari kotoran debu dan najis. Hujan adalah air suci murni secara dzat dan menyucikan yang lain.

Mungkin ada beberapa orang yang belum menyadari bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk berdoa kepada Allah ketika hujan turun. Ibn Qudamah dalam Al Mughni berkata, “Dianjurkan untuk berdoa ketika hujan, seperti yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad Saw.”

Artinya:
“Carilah doa-doa yang dimustajab dalam tiga keadaan: Pertama, bertemunya dua pasukan. kedua, sebelum sholat dilaksanakan dan ketiga saat hujan turun.”

Jadi alangkah baiknya jika kita sebagai umat Islam berdoa ketika hujan, sebagai ungkapan terima kasih dan sebagai anugerah Yang Maha Kuasa. Ummu Mukminin, Aisha RA berkata yang artinya : “Rasulullah Saw saat melihat hujan turun mengucapkan : Ya Allah, turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat.” (H.R Bukhari)

Ada beberapa penyebab umum turunnya hujan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Ketakwaan kepada Allah.
  2. Istighfar atau pertobatan dosa.
  3. Istiqamah atas Syariah Allah.
  4. Istisqa ‘, baik hanya berdoa atau disertai dengan sholat.

Doa Iftitah

Doa ibu
2 min read

Syair Abu Nawas

Doa ibu
1 min read

Doa Khatam Al-Quran

Doa ibu
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *