Doa Ulang Tahun

3 min read

Doa Ulang Tahun

Doa Ulang Tahun Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Artinya – Setiap manusia dilahirkan ke bumi ini sesuai dengan takdir yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala takdirkan. Allah Subhanahu wa ta’ala telah menetapkan kapan seseorang akan meninggal atau pun dilahirkan. Ketika seorang bayi dilahirkan, orang tua akan merasa sangat bahagia dan terharu. Dikaruniai seorang anak berarti Allah Subhanahu wa ta’ala memberikan kepercayaan kepada kita untuk membesarkan anak sesuai dengan Al Quran dan hadits.

Oleh karena itu, hari saat seorang bayi akan dilahirkan merupakan hari yang ditunggu-tunggu. Hari tersebut tidak dilupakan. Dikenang di setiap tahunnya. Bahan tanggal lahir merupakan waktu bertambahnya usia kita. Seberapa lama kita akan hidup di dunia ini.

Hari kelahiran juga merupakan hari ulang tahun bagi tiap orang. Di saat hari lahir kita di tiap tahunnya, masih banyak orang yang merayakan ulang tahunnya. Baik itu dengan meniup lilin, memotong kue, memberikan kado, atau makan bersama. Biasanya akan ada yang mentraktir makanan untuk yang lainnya pada hari tersebut. Berbagi bersama orang lain merupakan hal positif yang memberikan dampak positif juga tentunya. Selain itu, doa yang dipanjatkan untuk kita pun akan dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

Artikel berdoa kali ini akan membahas mengenai doa ulang tahun yang dapat dipanjatkan ketika kita atau orang lain berulang tahun lengkap dengan bacaan Arab, latin, dan artinya. Simak terus artikel kali ini ya.

Ulang Tahun

Doa Memohon Umur Panjang

Setiap manusia menginginkan umur yang panjang. Ketika seseorang diberikan umur yang panjang artinya umur tersebut harus dimanfaatkan untuk hal-hal yang bermanfaat. Memperbanyak ibadah dan amal baik. Memanfaatkan umur dengan segala hal positif yang mendatangkan kebaikan untuk orang lain. Adapun berikut ini doa yang dapat dipanjatkan yaitu:

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الْخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma thawil ’umuranaa wa shahih ajsaadanaa wa nawwir quluubanaa wa tsabbit imaananaa wa ahsin a’maalanaa wa wassi’ arzaqanaa wa ilal khairi qarribnaa wa ’anisy syarri ab’idnaa waqdhi hawaa ijanaa fid diini wad dunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir.

Artinya: “Ya Allah panjangkanlah umur kami, sehatkanlah badan kami, terangilah hati kami, tetapkanah iman kami, baikkanlah amal kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan, dan jauhkanlah kami dari kejahatan. Kabulkanlah semua kebutuhan kami dalam agama di dunia atau pun di akhirat. Sesungguhnya hanya Engkaulah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Doa Memohon Rezeki yang Halal dan Baik

Siapa yang tidak ingin memperoleh rezeki? Rezeki bisa berupa banyak hal tidak hanya uang saja. Tetapi juga bisa berbentuk kesehatan, pertemanan, saudara, dan lain sebagainya. Allah Subhanahu wa ta’ala memberikan kita rezeki yang tidak terduga. Dengan menanam perbuatan baik tentunya kita akan memanen buah dari kebaikan tersebut.

Rezeki yang didapatkan dengan cara yang halal tentunya akan memberikan dampak yang baik pula untuk tubuh dan orang lain yang merasakan rezeki tersebut. Allah Subhanahu wa ta’ala menyukai segala sesuatu yang didapatkan secara halal lagi baik. Tentunya hal tersebut akan mendatangkan kebaikan. Doa berikut ini merupakan doa yang dapat dipanjatkan agar memperoleh rezeki yang halal dan baik, yaitu:

اَللَّهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allaahumma innii as-aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waa si’an thayyiban min ghairi ta’abin wa laa masyaqqatin wa laa dhairin wa laa nashabin innaka ‘alaa kulli syai-in qadiir.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas, dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan, dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

Doa Memohon Keselamatan dan Kesejahteraan

Salah satu harapan dan doa yang diminta ketika seseorang sedang berulang tahun yaitu keselamatan dan kesejahteraan. Kita berharap semoga Allah Subhanahu wa ta’ala selalu menjaga kita dan memberikan keselamatan dalam setiap perbuatan yang kita lakukan. Sejahtera dalam menjalani kehidupan ini. Berikut ini doa memohon keselamatan dan kesejahteraan yaitu:

اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allahumma innaa nas aluka salaamatan fiddiini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barakatan firrizqi wa taubatan qablal mauti wa rahmatan ‘indal mauti wa maghfiratan ba’dal maut.

Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum meninggal dan rahmat di waktu meninggal dan ampunan sesudah meninggal.”

Ucapan Ulang Tahun

Apabila seseorang berulang tahun kita bisa mengucapkan kalimat ulang tahun berikut ini:

باَرَكَ اللهُ فِى عُمْرِكَ

Barakallah Fii Umrik.
Artinya: “Semoga Allah memberkahi umurmu.”

Saat tiba pada tanggal kita dilahirkan ke muka bumi ini, kita dapat memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar diberikan umur yang panjang, rezeki yang halal dan baik, serta keselamatan dan kesejahteraan dalam hidup. Ketika mendoakan orang lain pun demikian. Jangan takut jika orang lain lebih beruntung dibandingkan kita, karena semua rezeki yang diberikan kepada kita telah Allah Subhanahu wa ta’ala tentukan. Dan juga doa-doa baik yang kita panjatkan untuk orang lain pun akan kembali kepada kita. Karena itulah salah satu keutamaan dari doa.

Mohonlah doa-doa baik untuk diri kita dan orang lain. Berharap atas segala hal yang baik. Menjalani hidup dengan tuntunan yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala perintahkan dan sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Perlu diingat, ketika merayakan ulang tahun seseorang janganlah mengikuti kebiasaan yang tidak disyariatkan dalam ajaran agama Islam.

Lakukanlah segala hal yang diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai doa ulang tahun yang dilengkapi dengan bacaan Arab, latin, dan artinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat diamalkan oleh Anda sekalian. Terima kasih.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read