Doa Untuk Anak Agar Sholeh dan Sholehah (Bacaan Arab, Latin, dan Arti)

4 min read

Doa Untuk Anak

Doa Untuk Anak – Memiliki anak dalam keluarga adalah hadiah yang patut disyukuri. Dalam Islam, anak bukan hanya penerus keturunan, tapi juga amanah yang diberikan oleh Tuhan. Nanti di akhirat, semua orang tua dengan anak perempuan akan dipertanggungjawabkan. Jika anak itu baik, dia dapat menjadi penolong terhadap orang tuanya.

Oleh karena itu, penting untuk mempelajari bagaimana mendidik anak menjadi anak yang shaleh dan saleh. Selain itu, orang tua perlu berdoa untuk memberikan yang terbaik kepada anaknya. Demikian pula, doa orang tua yang terdiri dari doa efektif, seperti yang dikatakan Muslim Sunni tentang Abu Huraira.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orangtua, doa orang yang bepergian (safar), dan doa orang yang dizholimi.” (HR. Abu Daud)

Doa Untuk Anak Agar Sholeh dan Sholehah

Doa-Untuk-Anak-1

Nabi Muhammad SAW yakni telah mengajari mereka untuk berdoa untuk membagi anak-anaknya sehingga mereka menjadi orang yang baik, cerdas, beriman, dan aman di dunia dan di akhirat.

Tujuannya ialah untuk mendoakan orang tua yang mengatakan kepadanya bahwa dia akan membuat anak-anaknya pantas mendapatkan kecenderungan dari Tuhan. Berikut ini adalah doa yang bisa diberikan kepada para lansia.

1. Doa Untuk Anak Agar Rajin Beribadah

Tentunya semua orang tua punya harapan, terutama agama. Ini seperti mengasuh anak untuk fokus pada pelatihan praktis dan teoritis dan tidak melupakan kekuatan doa.

Para orang tua juga harus berdoa agar anak-anak mereka beribadah dengan begitu hidup. Seperti yang dikatakan Allah dalam Alquran, surah Ibrahim ayat 40.

Doa-Untuk-Anak-Agar-Rajin-Beribadah

“Rabbij’alni Muqimaṣ-salāti Wa Min Zurriyyati Rabbanā Wa Taqabbal du’a.”

Artinya:
“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mengerjakan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim ayat 40).

Doa tersebut merupakan suatu doa yang diberikan kepada nabi Ibrahim kepada Tuhan, jadi dia dan anaknya harus bertekad untuk berdoa jika memungkinkan. Jadi berdoalah agar para orang tua berharap agar anak-anak mereka menjadi dewa pemujaan yang hidup dan bersemangat.

2. Doa Untuk Anak Agar Pintar

Memiliki anak yang cerdas ketika masing-masing sudah dewasa. Untuk membuat anak lebih pintar, kita perlu mengajari mereka lebih banyak.

Tak hanya melalui dalam suatu pelatihan resmi, tetapi juga melalui pelatihan informal yang harus dilakukan oleh orang tua untuk menunjang kecerdasan anak. Tentu saja semua itu tidak cukup jika tidak didasari dengan doa tersebut.

Doa-Untuk-Anak-Agar-Pintar

“Allaahummam-la’ Quluuba Aulaadìnaa Nuuron Wa Hìk-matan Wa Ahlìhìm Lìqobuulì Nì’matìn Wa Ashlìh-hum Wa Ashlìh bìhìmul Ummah.”

Artinya:
“Ya Allah, isilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang layak untuk menerima nikmat-Mu, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka”.

Doa tersebut dikabulkan terhadap para orang tua agar anak-anaknya mendapatkan cahaya dan hikmah yang dapat mengubah Islam menjadi sebuah kebajikan.

3. Doa Untuk Anak Agar Beriman dan Bertakwa

Selain mendidik anak untuk beribadah, yang utama adalah mengajari mereka untuk taat dan percaya kepada Tuhan. Karena jika kita mengajarinya beribadah tanpa mempercayai keberadaan Tuhan dan alam semesta, maka tidak ada gunanya. Sehingga dapat dikatakan bahwa keyakinan dan rasa takut kepada Tuhan adalah fondasi terpenting bagi anak.

Karena jika dia percaya atau percaya pada kekuatan Allah, dia akan melakukan kebaikan yang diajarkan dalam Alquran.

Berikut ini adalah doa untuk anak-anak agar beriman dan bertakwa sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al Quran Surat Al Furqan ayat 74.

Doa-Untuk-Anak-Agar-Beriman-dan-Bertakwa

“Wallazina yaqulụna rabbanā hab lanā min azwājinā wa zurriyyātinā qurrata a’yuniw waj’alnā lil-muttaqina imāmā.”

Dan orang-orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan anak-anak kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Furqan ayat 74).

Dengan doa ini, memintanya untuk menjadi orang yang baik bagi istri dan anak-anaknya.

4. Doa Untuk Anak Agar Cerdas

Mempunyai seorang anak yang pandai dan berprestasi akan menjadi dambaan setiap orang tua. Jika sebelumnya ada doa agar anak lebih cerdas, ada juga doa agar anak mempunyai sebuah kecerdasan.

Doa-Untuk-Anak-Agar-Cerdas

“Allahummaj’alhu Shohììhan Kaamìlan, Wa ‘Aqìlan Haadzìqon, Wa ‘Aalìman ‘Amìlan.”

Artinya:
“Ya Allah, jadikanlah anakku, anak yang sehat sempurna, Memilki akal cerdas, dan memilki ilmu dan suka beramal.”

5. Doa Untuk Memohon Anak yang Baik

Memiliki anak yang berkepribadian baik, yang saling menginginkan, semuanya adalah orang tua. Apa lagi soal ibadah, sosialisasi, pendidikan, dan sebagainya?

Ini hanya berfungsi untuk membentuk anak-anak menjadi kepribadian yang baik. Mulailah sebagai orang tua, mereka harus ditanam. Segalanya menjadi positif sejak kecil.

Sebagai orang tua, Anda dapat berdoa agar anak Anda memiliki pengikut yang baik. Ini sesuai dengan kata-kata Allah dalam Alquran surah Ali Imran, ayat 38.

Doa-Untuk-Memohon-Anak-yang-Baik

“Robbìy hablìy mìl ladunka dzurrìyyatan thoyyìbatan ìnnaka samì’ud du’a.”

Artinya:
“Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku dari sisi-Mu seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS. Ali Imran Ayat 38).

Doa adalah doa yang diucapkan kepadanya sebagai seorang nabi agar ia dapat memberikan kebaikan kepada seorang anak karena Allah mendengar dan mengetahui segalanya.

6. Doa Untuk Anak Agar Berbakti Kepada Orang Tua

Harapan orang tua nanti bahwa dia akan memiliki seorang putra yang akan mempekerjakan mereka. Karena cara orang tua merasa dihargai dan dihormati.

Selanjutnya pengertian anak yang setia kepada orang tuanya adalah perintah yang mendoakan orang tua dan menaati orang tua. Dengan begitu akan lebih mudah untuk membesarkan anak.

Doa-Untuk-Anak-Agar-Berbakti-Kepada-Orang-Tua

“Allahumma Barìklìy Fìì Awladìy, Wa La Tadhurruhum, Wa Waf Fìqhum Lì Tho’atìk, War Zuqnìy Bìrrohum.”

Artinya:
“Ya Allah limpahkanlah barokah kepadaku dan anak-anakku, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, limpahkanlah kepada mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah kepadaku rejeki berupa bakti mereka.”

7. Doa Mohon Kebaikan Untuk Anak

Sebagai peran orang tua, Anda bisa berdoa dalam kebaikan anak-anak Anda.

Doa-Mohon-Kebaikan-Untuk-Anak

“Allahumma Bariklii Fii ‘Aulaazdii Waahfathhum Wa Laa Tathurra Hum Waarzukna Birrohum.”

Artinya:
“Ya Allah, limpahkanlah kebaikan yang banyak kepada anak-anak hamba, jagalah mereka dan jangan Engkau celakakan mereka. Karuniakanlah kepada kami ketaatan mereka.”

Dari doa untuk anak di atas, kata yang dilamar atau dilakukan oleh kedua orang tuanya. Apalagi bagi para ibu. Karena ibu memainkan peran penting dan berinteraksi dengan penguatan batin.

8. Doa untuk Anak Agar Mendapat Keberkahan

Doa-untuk-Anak-Agar-Mendapat-Keberkahan

“Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa’atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh.”

Artinya:
“Ya Allah perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jama’ah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rizqi) yang engkau berikan kepada kami dan berilah kami kebarokahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat.”

Peran Anak Dalam Keluarga

Pada umumnya, ketidakhadiran anak terhadap suatu keluarga dapat dilihat dari faktor yang menguntungkan lansia dari sudut pandang psikologis, ekonomi dan sosial. Hal ini dikutip dari pendapat Horowirz (1985), Eitzen dan Zinn (1990), Suparlan (1989), yaitu:

  • Anak untuk tali pernikahan. Anane children mempromosikan komunikasi antara laki-laki dan perempuan karena mereka telah berpengalaman dengan mereka.
  • Orang yang lebih tua merasa lebih muda ketika mereka membayangkan anak laki-laki Mrs. Son.
  • Anak adalah simbol yang menghubungkan masa lalu dan masa depan.
  • Ada tujuan dalam hidup mereka yang diharapkan orang tua dengan anak.
  • Anak adalah sumber cinta dan perhatian.
  • Anak-anak dapat menambahkan satu status. Secara khusus, masyarakat hanya berhak memilih setelah memiliki anak.
  • Anak secara turun temurun, terutama yang mengikuti sistem patrilineal. Jika putranya menggantikan keturunan, keluarga tersebut dianggap punah.
  • Anak-anak adalah pewaris Peari. Untuk orang yang menganut sistem matrilineal, anak perempuan dan penerus sebagai penjaga warisan yang kita warisi, orang lain yang menganut sistem patrilineal.
  • Anak memiliki nilai ekonomi yang penting. Di Jawa anak muda bisa membantu orang tua di hari tua. White (1982) menemukan bahwa kebanyakan anak secara rutin membantu orang tua mereka antara usia 7 dan 9 tahun, tetapi beberapa kasus juga ditangani dari usia 5 hingga 6 tahun.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Untuk Anak. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.