Doa Untuk Keluarga Tercinta (Bahasa Arab, Latin, beserta Artinya)

3 min read

Doa Untuk Keluarga

Doa Untuk Keluarga – Dapat dikatakan bahwa secara material keluarga adalah harta yang paling tak ternilai harganya. Jadi jika Anda masih berkeluarga, Anda harus berterima kasih kepada mereka karena banyak orang di dunia ini hidup sendiri.

Keluarga merupakan suatu unit terkecil terhadap kalangan masyarakat, terdiri atas bapak, ibu, dan anak yang tinggal atau berkumpul di sebuah rumah yang saling bergantung satu sama lain.

Anggota keluarga harus melindungi, mencintai, dan berdoa untuk perlindungannya. Dengan cara ini kita menjadi keluarga yang penuh kasih, Mawaddah dan Warohmah.

Dalam pendidikan yang paling penting ialah bahwa keluarga dan keluarga yang harmonis dapat membawa kebahagiaan, sedangkan keluarga yang tidak berbahaya membuat kondisi mental anak dan keluarga lainnya tidak bahagia. Menjadi keluarga yang saling melengkapi dan saling menghormati untuk menjadi keluarga yang sangat tenang, bahagia.

Keluarga

Keluarga adalah unit atau bagian terkecil dari masyarakat yang meliputi anggota keluarga dan kepala keluarga. Kepala keluarga adalah bapak dan anggota keluarga adalah ibu dan anak.

Keluarga berkumpul dan tinggal di rumah atau tempat yang saling bergantung. Sebagai sebuah keluarga, sangat penting untuk saling melindungi, mencintai, dan mendoakan agar masing-masing dari mereka selalu mendapat perlindungan Tuhan.

Doa-Untuk-Keluarga-Tercinta

Anggota keluarga yang saling menyayangi dan menjaga satu sama lain bahkan mengubah keluarga yang bahagia menjadi keluarga yang penuh kasih, perhatian, dan perhatian.

Karena paling sedikit pendidikan dan pengajaran adalah lingkungan keluarga. Jika hubungan dalam keluarga damai, keluarga akan bahagia. Namun jika hubungan dalam keluarga tidak harmonis, keluarga juga akan bingung.

Keluarga diharapkan terbuka dan hormat. Anak laki-laki menghormati istrinya sama seperti wanita yang wajib berdoa menurut istrinya. Orang tua dan anak jinak juga memiliki rasa cinta sehingga pergaulan dan orang tua sangat damai.

Anak-anak tidak takut pada orang tua dan orang tua, serta mereka yang terkena dampak yang tidak hanya fokus pada pekerjaan. Ketika anak-anak diasuh oleh kakek nenek atau pengasuhnya.

Untuk itu usahakan mempertemukan keluarga dalam satu kegiatan agar hubungan antar anggota keluarga menjadi hangat dan damai.

Misalnya dengan melaksanakan shalat wajib di gereja bersama seluruh anggota keluarga, makan pagi bersama, atau menunggu keluarga menonton acara TV bersama.

Dan anggota keluarga yang lain bisa saling mendoakan agar senantiasa mendapat perlindungan dari Allah dan menjadi keluarga Sakinah, bahagia, Mawaddah dan Warohmah.

Doa adalah kunci untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Dengan berdoa, kita bisa bertanya atau bertanya padanya. Menjadi bahagia dalam keluarga yang penuh kasih bukanlah tugas yang mudah bagi Mawaddah dan Warohmah. Itu membutuhkan upaya dan doa serta tanggung jawab semua anggota keluarga.

Doa Untuk Keluarga Terlegkap

Adapun berbagai jenis doa untuk keluarga tercinta dan tersayang, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Doa Keluarga Agar Dilimpahi Kasih Sayang

Agar keluarga tetap stabil dan damai, maka harus membutuhkan kasih sayang antar anggota keluarga. Karena itu, cinta keluarga merupakan faktor yang sangat penting dan harus dipupuk terus menerus.

Berikut ini adalah doa untuk cinta membuat keluarga lebih bahagia:

Doa-Keluarga-Agar-Dilimpahi-Kasih-Sayang

Artinya:
“Dan Aku telah tanamkan dari kemurahan-Ku perasaan kasih sayang orang terhadapmu, dan supaya engkau dibela dan dipelihara dengan pengawasan-Ku.” (QS. Taha ayat 9).

b. Doa Menjadi Keluarga Sakinah

Doa untuk dicintai keluarga adalah:

Doa-Menjadi-Keluarga-Sakinah

Artinya:
“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertaqwa.” (QS Al Furqan ayat 74).

Dalam melalui sebuah doa ini kami memohon kepada Allah SWT untuk menjadi istri dan keluarga yang kami cintai. Salah satunya adalah kehadiran keturunan yang merupakan anugerah dan kegembiraan.

c. Doa untuk Keluarga Agar Selamat Dunia dan Akhirat

Selain doa kebahagiaan dunia dan akhirat, ada juga doa yang bisa didoakan untuk seluruh keluarga demi keselamatan dunia dan akhirat. Inilah doa agar keluarga diselamatkan di dunia ini dan di akhirat:

Doa-untuk-Keluarga-Agar-Selamat-Dunia-dan-Akhirat

Artinya:
“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, keberkahan rezeki, limpahan ilmu, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut, Mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab”

d. Doa untuk Keluarga Bahagia Dunia dan Akhirat

Siapa yang benar-benar tidak menginginkan keluarga bahagia di dunia ini dan di akhirat? Kebahagiaan keluarga yang berasal dari pasangan terbaik dapat menular dan menjadi persyaratan penting untuk kebahagiaan keluarga yang lebih besar.

Anda juga bisa berdoa untuk kebahagiaan di dunia ini dan di akhirat:

Doa-untuk-Keluarga-Bahagia-Dunia-dan-Akhirat

Artinya:
“Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari azab api neraka.” (QS. Al-Baqarah ayat 201)

e. Doa Agar Keluarga di Beri Ketenangan

Agar damai, semua anggota keluarga hanya perlu mengingat dan berdoa kepada-Nya. Jangan lupa baca namanya karena itu salah satu sumber ketenangan dalam hidup.

Anda juga bisa mencari kedamaian keluarga dengan membaca doa berikut:

Doa-Agar-Keluarga-di-Beri-Ketenangan

Artinya:
“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang tenang, yang percaya dengan pertemuan dengan-Mu dan menerima apa yang menjadi anugerah-Mu dan rela terhadap ketentuan-Mu“.

f. Doa untuk Orang Tua

Orang tua seharusnya tidak hanya memiliki anggota keluarga yang baik. Sebaliknya, sebagai anak-anak kita juga bisa mendapatkan kebahagiaan bagi orang tua. Berkah dan kebahagiaan bagi para lansia bisa anda dapatkan dengan membaca doa berikut:

Doa-untuk-Orang-Tua

Artinya:
“Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.”

g. Doa agar Dikaruniai Keluarga yang Rajin Sholat

Doa untuk keluarga terakhir diberikan agar semua anggota keluarga memiliki kekuatan dan tujuan untuk berdoa dengan lebih tekun.

Doa-doanya adalah sebagai berikut:

Doa-agar-Dikaruniai-Keluarga-yang-Rajin-Sholat

Artinya:
“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan keturunanku orang-orang yang tetap mendirikan sholat, ya Tuhan kami perkenankanlah doaku.“

Tentunya makna dalam sebuah sholat yakni begitu sangat penting karena dapat memberikan kesadaran kepada seorang anak untuk beribadah kepada Tuhan, terutama di shalat lima waktu.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Untuk Keluarga. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read