Doa untuk orang sakit

1 min read

Islam agama yang sempurna, selain mengajarkan tentang tata cara ibadah, islam juga mengajarkan setiap hamba untuk saling menjaga sesamanya. Salah satu bentuk kepedulian yang diajarkan Islam ialah saran untuk mengunjungi teman, saudara, atau tetangga yang sakit.

Saran mengunjungi ini bukan diberikan tanpa alasan, tetapi karena Allah sangat menyukainya. Kegiatan kunjungan ini sendiri dapat mengingatkan kita akan Dia dan berterima kasih atas nikmat sehat yang kita rasakan. Normal ketika kita mengunjungi orang sakit, kita membawa oleh-oleh, tetapi sebenarnya ada sesuatu yang lebih penting dan perlu bagi orang sakit daripada oleh-oleh, yaitu doa.

Menyangkut doa ini memang bisa dikatakan dalam bahasa kita sendiri. Menurut Sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, doa terbaik adalah doa yang diucapkan dalam bahasa Arab, dan ketika doa ini diucapkan, itu harus dilakukan perlahan-lahan sehingga hanya kita dan Allah yang mengetahuinya.

Selanjutnya, kita akan membahas doa untuk orang sakit dalam bahasa Arab, doa untuk orang sakit latin, arti doa untuk orang sakit, dan penjelasannya,

Doa menjenguk orang sakit

Seperti yang kita tahu, berdoa untuk orang sakit merupakan hal yang sangat dianjurkan, tidak hanya untuk anggota keluarga, teman atau kenalan, tetapi juga untuk semua Muslim yang kita kenal. Dengan cara ini, itu berarti bahwa kita telah melakukan perbuatan baik yang, insya Allah, memiliki nilai di dalamnya.

Secara umum, ada 3 doa yang dapat dibacakan kepada orang sakit sebagai berikut :

Doa menjenguk orang sakit yang pertama

Lafadznya adalah sebagai berikut :

(As alulloohal ‘adziima robbal ‘arsyil ‘adziimi ayyu’aafiika wa yusyfiyaka)

Artinya: “Aku memohon pada Allah yang Maha Agung, Tuhan Arsy yang agung, semoga memberikan kesejahteraan kepada engkau dan menyembuhkan engkau (orang yang sakit)”

Doa menjenguk orang sakit yang kedua

Diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim. Adapun lafadznya adalah sebagai berikut:

doa untuk orang sakit

(Allahumma robban naasi adzhibil ba’sa asyfi antasy syaafii laa syifaa-a illaa syifaa-uka syifaa-an laa yughoodiru saqoman)

Artinya: “Ya Allah, Tuhan semua manusia, hilangkan penyakitnya, sembuhkan dia. Hanya Engkau yang bisa menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan yang berasal dari-Mu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.”

Doa menjenguk orang sakit yang ketiga

Diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Abu Daud, dimana lafadznya adalah sebagai berikut:

(As alulloohal ‘adziima robbal ‘arsyil ‘adziimi an tisfitika)

Artinya: “Aku memohon kepada Allah yang Maha Agung, Tuhan Arsy yang agung, semoga Dia menyembuhkanmu.”

Untuk doa yang lebih lengkap, pertama baca beberapa surat pendek yang mencakup Al Faatihah, Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas, kemudian bacalah doa di atas.

Bahkan jika itu dimulai dengan Al Faatihah saja, tidak apa-apa, itu terserah Anda.
Surah Al Fatihah ini tampaknya memiliki nama yang berbeda, ‘Asy Syifaa’, yang berarti penyembuh atau doa. Ketika kita membaca Al Faatihah Tentu ini, kita diharapkan untuk mendekati Tuhan, dan kita juga berharap bahwa doa kita akan dijawab oleh-Nya.

Selanjutnya untuk surat Al Ikhlas, Surat Al Falaq dan An Naas, yang biasa disebut Muawwidzatain, adalah surah yang disyariatkan untuk Rukyah, dan Rukyah sendiri adalah salah satu hal yang harus kita lakukan ketika mengunjungi orang yang sakit, terutama ketika orang yang sedang sakit ini hamba yang bertakwa dan saleh.

Kembali ke doa, doa untuk orang sakit ini sangat baik ketika kita membacanya setelah kita menyelesaikan sholat, menyelesaikan dzikir, membaca Alquran atau bahkan sebelum kita berbuka puasa. Doa ini juga dapat digunakan ketika seseorang menderita penyakit serius atau kondisi ringan.

Doa Lainnya :

Hal lain yang penting untuk diingat adalah bahwa kita tidak hanya mengingat doa, tetapi juga memahami apa artinya sehingga kita dapat lebih mantap dalam melafalkan doa.

Doa Iftitah

Doa ibu
2 min read

Doa Turun Hujan

Doa ibu
1 min read

Syair Abu Nawas

Doa ibu
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *