Doa untuk Pengantin

3 min read

doa untuk pengantin

Doa adalah harapan seseorang, kita biasanya berdoa ketika kita meminta sesuatu dari Allah. Ketika kita menghadiri pernikahan, kita juga harus membaca doa pernikahan untuk kedua mempelai.

Pernikahan itu tidak hanya menghubungkan dua pria dan wanita, tetapi juga dua keluarga. Karunia dan ridho kedua orang tua karenanya harus diperhatikan dan dipelihara.

Oleh karena itu, doa yang paling penting adalah doa wali dari setiap pengantin sehingga berkahnya pernikahan bisa hidup.

Doa pernikahan pengantin, pernikahan adalah ibadah yang begitu suci dan mulia. Berdoa untuk pengantin wanita juga merupakan amalan yang dianjurkan dalam Islam. Apalagi rasanya lebih lengkap ketika kunjungannya dihiasi dengan pernikahan islami, selamat dengan doa pernikahan.

Doa yang lebih disukai dan yang paling baik adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah, yang kita ikuti melalui para ulama. Mungkin sebagian dari kita, memberi ucapan selamat menikah kepada pengantin dengan disertai ucapan doa pula.

Doa yang paling terkenal di telinga kita termasuk doa yang dapat ditemukan di pernikahan. Syariah Islam yang sempurna, yang mengatur setiap detail, doa pernikahan untuk kedua pengantin dalam pernikahan, doa pernikahan yang pas dan lengkap dalam walimatul ursy secara Islam.

Berikut ini adalah doa untuk pengantin baru atau pernikahan beserta artinya.

Doa untuk pengantin sesuai sunnah Rasulullah

doa untuk pengantin

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْكَمُاَ فِيْ خَيْرٍ

(Baarakallaahu laka wa baaraka ‘alayka wa jama’a baynakuma fii khoyr)

Artinya : “Semoga Allah memberi keberkahan padamu, memberi keberkahan atasmu, dan semoga Dia mengumpulkan di antara kalian berdua dalam kebaikan.” (HR.Ahmad dan Hakim).

Ini adalah doa untuk pengantin yang nabi ajarkan untuk disampaikan kepada pengantin.

Sayangnya, doa ini sering dilupakan oleh para pengunjung, atau doa untuk pengantin hanyalah hiasan perayaan.

Makna Doa Pengantin

Makna doa untuk pengantin

Jika kita ingin mencermati, kesempurnaan kebaikan disimpan dalam doa ini.

  • Dalam doa untuk pengantin, kita meminta keberkahan bagi pengantin.

Ketika kami berdoa, “Baarakallahu laka” (بارك الله لك) berarti bahwa semoga Allah memberkahimu.

Berkah berarti kebaikan Allah meningkat baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

Berkat apa yang kita minta untuk keduanya?

Berkat dalam hal rezeki yang baik, halal dan kelimpahan, dan berkah dalam hidup dalam kehidupan mereka.

Kalimat di atas memberi kita pengertian bahwa jika mereka membutuhkan, miskin atau sulit, tetapi menikah karena ketaatan kepada Allah, Allah akan membuka karunia-Nya kepada mereka.

Allah akan memberi prioritas-Nya kepada mereka. Dan Allah akan memberi mereka rezeki.

Ini menyiratkan bahwa pernikahan adalah pintu rezeki karena pernikahan akan membawa rezeki.

Tidak sedikit dari kita yang mendengar cerita dari seseorang yang berkata, “Ketika saya masih bujangan, kekayaan saya tidak pernah cukup, dan rasanya kurang terus, tetapi begitu saya menikah, kekayaan saya menjadi cukup dan bermanfaat.

Ini adalah salah satu dasar untuk menunjukkan bahwa kekayaan itu berasal dari keadaan yang berbeda, salah satunya adalah melalui pernikahan.

Berkah yang kita minta untuknya juga berarti meningkatkan kebaikan dan perbuatan baiknya.

Artinya, jika sulit bagi sebelum menikah untuk mencapai kedamaian dalam ibadah dan untuk hidup taat kepada Allah, mereka akan mudah untuk beribadah dan taat setelah menikah.

Jika sulit bagi mereka berdua sebelum menikah untuk melindungi diri mereka sendiri dan kemaksiatan, mereka dapat dengan mudah melindungi diri mereka dari ketidaktaatan melalui pernikahan.

Kemudian, melalui pernikahan, mereka dapat dengan mudah mempertahankan kemurnian mata, sosial, dan menjadi orang yang bertanggung jawab.

Dalam doa keberkahan ini, kita tidak hanya berdoa memohon berkah bagi kehidupan keduanya, tetapi juga berdoa untuk anak-anak mereka dan keturunan mereka.

Doa berkah bagi pengantin diungkapkan dalam kata-kata “Baarakallahu laka” yang berarti, semoga Allah memberkahi Anda.

  • Dalam doa untuk pengantin ini, kita meminta berkah untuk keturunannya.

Sementara doa berkah untuk anak-anak dan keturunan mereka diekspresikan dalam kata-kata “Wabaarakallahu ‘alaika” (وبارك عليك), ini berarti bahwa Semoga Allah akan memberi Anda anak-anak dan keturunan yang baik.

Berkah untuk anak-anak berarti memiliki anak yang sehat, trampil, dan saleh yang melakukan kebaikan kepada kedua orang tua.

Dengan doa pengantin ini, kami juga secara tidak langsung berdoa agar keduanya akan mendapatkan keturunan dengan cepat.

Betapa pentingnya memiliki keturunan, karena beberapa orang hidup dengan menyedihkan karena tidak dikaruniai anak sejak lama.

Kehidupan mereka kurang harmonis, sering murung dan bahkan ada yang menyebabkan perceraian di antara keduanya.

Di sisi lain, banyak orang dengan cepat memiliki anak dan diberkahi dengan banyak keturunan. Tapi itu benar-benar memalukan, anugrah anak itu adalah bencana bagi kedua orang tua.

Alih-alih bersenang-senang dengan banyak anak, anak-anak mereka pusing dan sengsara.

Kita juga dapat melihat bahwa beberapa keluarga rusak untuk anak-anak, tidak sedikit orang tua yang menderita penyakit atau stres karena mereka berpikir bahwa anak-anak mereka nakal.

Itulah pentingnya berkah. keberkahan diukur tidak hanya secara kuantitatif tetapi juga secara kualitatif.

Doa yang diberkahi yang kita berikan kepada mereka berdua mencakup semua yang terbaik untuknya, anak-anak masa depannya, cucu-cucu masa depan, dan seterusnya, baik di dunianya maupun di akhirat.

  • Dalam doa untuk pengantin, kita meminta Allah untuk membawa keduanya bersama-sama dengan pertemuan yang baik dan harmonis.

Yakni, hubungan berdasarkan Sakinah, Mawaddah, Wa Rahmah.

Untuk mencapai keluarga yang baik dan harmonis, orang harus terlebih dahulu menerima Sakinah dan rahmat.

Hubungan keluarga bisa harmonis jika ada Sakinah. Anda merasakan kedamaian dan kasih sayang.

Dalam keadaan terguncang oleh kesulitan atau diberkahi dengan kesuksesan, seorang suami dan istri masih bisa merasakan kedamaian.

Ketika sang suami gelisah, ada rahim seorang wanita yang siap merangkul semua perasaannya. Jika suaminya datang dengan wajah kusam, wanita itu siap memberikan sambutan yang hangat.

Wajahnya tetap tenang dan penuh perhatian, jadi sang suami semakin mencintainya. Sebaliknya, jika wanita gelisah, ada suami yang rela menampung air mata dengan pelukan hangat di dada dan tangan yang memberi kedamaian dan perlindungan.

Jadi, keharmonisan dalam rumah tangga menuntut adanya “sakinah, mawaddah, wa rahmah,” yang berarti ketenangan, ketulusan dan kasih sayang.

Tanpa ketiga hal ini, sulit bagi keluarga untuk mencapai keharmonisan. Seorang suami dan istri tidak dapat sepenuhnya mengungkapkan cinta satu sama lain.

Adab membaca doa pernikahan

  • Jangan menunda kedatangan Anda dalam pernikahan seseorang.
  • Jangan membeda-bedakan kehadiran atau doa. Misalnya, jika ada dua orang yang pada hari itu menikah dan satu orang kaya sementara yang lain miskin. Anda tidak boleh membedakan kehadiran Anda atau doa Anda untuk mereka.
  • Anda perlu tahu doa mana yang makruh, yang tidak bisa dikatakan berdoa untuk pengantin. Misalnya mudah-mudahan mendapatkan banyak keturunan. Meski banyak keturunan yang baik, makruh mengucapkan doa ini di pesta pernikahan.