Doa untuk Saudara Muslim : Bacaan Arab, Latin, dan Artinya

2 min read

Doa untuk Saudara Muslim

Doa untuk Saudara Muslim : Bacaan Arab, Latin, dan Artinya – Setiap Muslim saling bersaudara, menjaga hubungan bagi tiap Muslim sangatlah penting. Dalam Islam, Allah Subhanahu wa ta’ala memerintahkan hamba-Nya untuk menjaga tali silaturahmi.

Saling mendoakan satu sama lain juga merupakan salah satu hal yang baik. Sering sekali jika kita bertemu atau di momen tertentu seperti ulang tahun, kita akan mendoakan orang lain.

Padahal berdoa untuk saudara Muslim lainnya tidak hanya di saat seperti itu. Dalam Islam diajarkan pula untuk mendoakan saudara Muslim bahkan saat orang tersebut jauh dan tidak di dekat kita. Mengapa demikian? Berikut ini akan dijelaskan mengenai doa untuk saudara Muslim yang disertai dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya. Simak terus ya.

Bacaan Doa untuk Saudara Muslim

Adapun berikut ini merupakan bacaan doa untuk saudara Muslim yang dapat kita amalkan:

Doa untuk Saudara Muslim
Doa untuk Saudara Muslim

Bacaan Arab Doa untuk Saudara Muslim

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالْإِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلًّا لِلَّذِيْنَ آمَنُوْا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوْفٌ رَحِيْمٌ

Bacaan Latin Doa untuk Saudara Muslim

Rabbanagh firlanaa wali ikhwaaninal ladziina sabaquunaa bil iimaan, wa laa taj’al fii quluubinaa ghillan lilladziina aamanuu rabbanaa innaka rauufur rahiim.

Terjemahan Arti Doa untuk Saudara Muslim

“Ya Tuhan kami, berilah ampunan kepada kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Hasyr ayat 10)

Bacaan Doa Nabi Ibrahim as.

Selain doa tersebut, pada surat Ibrahim ayat 41 juga merupakan salah satu doa yang dapat digunakan untuk mendoakan orang lain. Adapun berikut ini doa Nabi Ibrahim ‘alaihi sallam:

Bacaan Arab Doa Nabi Ibrahim as.

رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ

Bacaan Latin Doa Nabi Ibrahim as.

Rabbanaagh firlii wa liwaa lidayya wa lilmu’ miniina yauma yaquumul hisaab.

Terjemahan Arti Doa Nabi Ibrahim as.

“Ya Tuhan kami, berilah ampunan kepada aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” (QS. Ibrahim ayat 41)

Keutamaan Mendoakan Saudara Muslim

Mendoakan saudara Muslim tanpa sepengetahuan orang lain merupakan salah satu doa yang mustajab. Artinya doa ini akan diterima oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

Abu Ad Darda berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يَدْعُوْ لِأَخِيْهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ وَلَكَ بِمِثْلٍ

Artinya: “Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuan orang yang didoakan, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga memperoleh kebaikan yang sama.” (HR. Muslim)

Hal itu merupakan salah satu dari keutamaan mendoakan orang lain. Terutama jika kita mendoakan orang lain tanpa memberitahukan orang tersebut atau secara diam-diam. Saat kita mendoakan orang tersebut, kita berdoa dengan ikhlas dan tulus, tanpa berniat pamrih dan ingin dipuji oleh orang lain. Oleh karena itu, malaikat akan mendoakan doa yang serupa untuk kita.

Kita tidak hanya berdoa untuk diri sendiri atau pun keluarga kita saja, tetapi juga mendoakan orang lain. Serta menjaga hubungan tali silaturahmi dengan baik.

Jangan pula kita lupa berdoa untuk diri sendiri ya karena tentunya banyak doa yang ingin kita panjatkan bukan? contohnya perihal jodoh 😀

Ka’ab Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

كانَ إِذَا ذَكَرَ أَحَدًا، فَدَعَا لَهُ، بَدَأَ بِنَفْسِهِ

Artinya: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam jika menyebut seseorang, kemudian mendoakan orang tersebut, maka Beliau memuliakan dengan doa untuk diri sendiri terlebih dahulu.“ (HR. At Tirmidzi)

Oleh karena itu, berdoa yang baik-baik untuk orang lain tidaklah sia-sia. Meskipun orang tersebut tidak tahu bahwa kita mendoakannya.

Segala sesuatu yang baik, akan kembali kepada kita. Begitu pula sebaliknya.

Tanamlah hal-hal yang baik, agar kamu dapat memetik kebaikan yang kamu tanam.

Jangan pernah takut seseorang akan lebih baik jika kamu mendoakannya. Karena doa tersebut akan kembali kepada kamu juga.

Baca Juga:

Demikianlah artikel kali ini mengenai doa untuk saudara Muslim yang disertai dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya, serta keutamaan dari mendoakan orang lain. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian dan menjadikan kita pribadi yang lebih baik lagi, serta dapat terus berbuat baik kepada orang lain dengan ikhlas. Terima kasih.

Waktu Mustajab dalam Berdoa

_pur
3 min read

Doa Belajar

Doa ibu
2 min read

Doa Ketika Mendengar Petir

Doa ibu
2 min read