Doa untuk Saudara : Bacaan Arab, Latin, dan Artinya

3 min read

Doa untuk Saudara

Doa untuk Saudara : Bacaan Arab, Latin, dan Artinya – Sesama umat Muslim harus saling tolong – menolong. Satu sama lain adalah saudara. Saudara tidak hanya meliputi saudara sedarah atau yang masih dalam satu keturunannya.

Saat berjauhan dengan orang lain kita juga tidak lupa untuk mendoakannya. Terkadang saling mendoakan. Apalagi jika saudara kita tinggal di tempat lain dan jauh dari kita, maka hanya doa yang dapat kita berikan agar saudara kita terus sehat dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa ta’ala.

Doa yang baik yang kita panjatkan menjadi penguat bagi saudara kita. Tapi tahukah kamu doa yang bagaimana yang dapat kita panjatkan untuk saudara kita? Ulasan kali ini akan membahas mengenai doa untuk saudara yang dilengkapi dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya. Simak terus ya.

Perintah Berdoa

Berdoa merupakan salah satu cara kita dalam memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Saat kita benar – benar terpuruk dan terjatuh, hanya Allah Subhanahu wa ta’ala yang dapat menguatkan kita. Semua keluh kesah yang kita sampaikan. Harapan dan doa yang kita panjatkan. Hanya Allah Subhanahu wa ta’ala yang dapat mengabulkannya.

Apapun yang terjadi dalam hidup semua atas kehendak Allah Subhanahu wa ta’ala. Memohon dengan sepenuh hati atas segala doa – doa yang kita panjatkan. Bersabar hingga doa – doa yang kita pinta dapat dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

Janganlah berburuk sangka atau suudzon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Memohonlah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dengan cara yang benar. InsyaAllah doa – doa kita akan dikabulkan.

Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ يَزَالُ يُسْتَجَابُ لِلْعَبْدِ مَا لَمْ يَدْعُ بِإِثْمٍ أَوْ قَطِيْعَةِ رَحِمٍ مَا لَمْ يَسْتَعْجِلْ. قِيْلَ يَا رَسُوْلَ اللهِ مَا الاِسْتِعْجَالُ قَالَ: يَقُوْلُ قَدْ دَعَوْتُ وَقَدْ دَعَوْتُ فَلَمْ أَرَ يَسْتَجِيْبُ لِى فَيَسْتَحْسِرُ عِنْدَ ذَلِكَ وَيَدَعُ الدُّعَاءَ

Artinya: “Doa seorang hamba akan senantiasa dikabulkan, selama dia berdoa bukan untuk keburukan atau memutus tali silaturahim dan selama dia tidak tergesa – gesa dalam berdoa. Kemudian seseorang bertanya, “Ya Rasulullah, apa yang dimaksud tergesa – gesa dalam berdoa?” Kemudian Rasulullah menjawab, yaitu seseorang yang berkata, “Sungguh aku telah berdoa dan berdoa, tetapi tidak juga aku melihat doaku dikabulkan”, kemudian dia merasa jenuh dan meninggalkan doa tersebut.” (HR. Muslim)

Berdoa dengan bersungguh – sungguh dan ikhlas dan yakin kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Allah Subhanahu wa ta’ala lebih mengetahui apa yang kita butuhkan. Hal inilah yang membuat terkadang doa kita seperti terabaikan. Padahal doa kita sedangkan dipersiapkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Karena doa kita akan dikabulkan seperti apa yang kita doakan atau digantikan dengan yang lebih baik.

Bersabarlah dalam memohon karena terkadang doa yang kita panjatkan tidak dikabulkan dalam waktu dekat.

Doa untuk Saudara

Adapun berikut ini merupakan doa untuk saudara yaitu di antaranya:

Doa untuk Saudara

Bacaan Arab Doa untuk Saudara

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bacaan Latin Doa untuk Saudara

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.

Terjemahan Arti Bacaan Doa untuk Saudara

“Semoga keselamatan terlimpah atas kalian, juga rahmat Allah dan berkah-Nya.”

Doa tersebut merupakan salam yang sering kali kita ucapkan ketika bertemu dengan seseorang.

Selain itu, kita juga dapat mendoakan saudara kita menggunakan doa berikut ini:

Doa Nabi Nuh ‘alaihi sallam

Nabi Nuh ‘alaihi sallam memanjatkan doa untuk dirinya dan saudara seiman. Berikut ini merupakan doa tersebut:

Doa Nabi Nuh

Bacaan Arab

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ

Bacaan Latin

Rabbigfir lii wa liwaa lidayya wa liman dakhala baitiya mu’minan walil mu’miniina wal mu’minaah.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku, ibu dan bapakku, orang yang masuk ke dalam rumahku dalam keadaan beriman, dan semua orang yang beriman laki – laki dan perempuan.” (QS. Nuh ayat 28)

Doa – doa tersebut dapat kita panjatkan sehabis sholat atau di waktu – waktu mustajab. Artinya di waktu – waktu dikabulkannya doa tersebut.

Berdoa untuk Saudara

Setiap manusia memiliki keluarganya masing – masing. Selain itu terdapat orang – orang terdekat. Orang – orang yang ada di sekitar kita baik itu tetangga atau pun bukan bisa kita sebut dengan saudara. Karena saudara bukan hanya yang berhubungan darah saja.

Bahkan Allah Subhanahu wa ta’ala memerintahkan kita untuk menjaga tali silaturahmi. Karena silaturahmi yang terjaga akan mendatangkan rezeki.

Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta’ala dalam ayat Al Quran surat Al Hujarat ayat 10 sebagai berikut:

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوْا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوْا اللهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

Artinya: “Orang – orang yang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Karena itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, agar kamu memperoleh rahmat.” (QS. Al Hujarat ayat 10)

Mendoakan diri sendiri selalu kita lakukan. Tetapi mendoakan orang lain apakah sering kita lakukan? Doa yang kita panjatkan baik itu untuk diri sendiri atau orang lain akan kembali kepada kita juga. Mendoakan yang baik – baik untuk orang lain akan memberikan dampak yang baik juga kepada kita.

Meskipun saat mendoakan saudara kita tidak diketahui oleh orang tersebut tapi yakinlah bahwa doa tersebut akan dikabulkan oleh allah Subhanahu wa ta’ala.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لِأَخِيْهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ كُلَّمَا دَعَا لِأَخِيْهِ بِخَيْرٍ قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ آمِيْنَ وَلَكَ بِمِثْلٍ

Artinya: “Doa seorang muslim untuk saudaranya (muslim lainnya) yang tidak berada di hadapannya akan dikabulkan oleh Allah. Di atas kepala orang muslim yang berdoa tersebut ada seorang malaikat yang telah diberi tugas menjaganya. Sehingga setiap kali orang muslim itu mendoakan kebaikan untuk saudaranya, niscaya malaikat yang menjaganya tersebut berkata, “Amin (semoga Allah mengabulkan) dan bagimu hal yang serupa.” (HR. Muslim)

Berdasarkan hadits tersebut, berarti doa – doa yang kita panjatkan untuk saudara kita atau pun orang lain, maka doa tersebut akan kembali kepada kita. Mendoakan yang baik – baik akan mendatangkan kebaikan juga untuk kita.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai doa untuk saudara dilengkapi dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.

Waktu Mustajab dalam Berdoa

_pur
3 min read

Doa Belajar

Doa ibu
2 min read

Adab Mandi Wajib

Mandi wajib diartikan dengan cara menyiramkan air ke seluruh bagian tubuh dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadas besar.
_pur
3 min read