Doa Witir

2 min read

Doa Witir - Tata Cara dan Doa

Doa Witir – Sholat witir biasa kita jumpai saat bulan Ramadhan. Setelah melaksanakan sholat tarawih, dilanjutkan dengan melaksanakan sholat witir.

Sholat witir dilaksanakan dengan rakaat yang ganjil. Sholat witir merupakan penutup sholat malam, tidak hanya dilaksanakan saat bulan Ramadhan saja. Setelah kita melaksanakan sholat tahajud pun dapat kita tutup dengan sholat witir.

Tahukah kamu bagaimana dengan doa witir?

Berikut ini akan dijelaskan mengenai doa witir lengkap dengan tata cara sholat witir.

Tata Cara sholat witir

Salah satu sholat sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. yaitu sholat sunnah witir. Sholat witir merupakan penutup sholat sunnah. Jumlah rakaat dalam pelaksanaan sholat witir yaitu berjumlah rakaat ganjil, meliputi 1, 3, 5, 7, 9, dan 11 rakaat.

Sholat witir dilaksanakan setelah sholat isya sampai fajar terbit.

Sholat witir identik berpasangan dengan sholat tarawih. Di akhir setelah melaksanakan sholat tarawih akan diakhiri dengan sholat witir, biasanya dilaksanakan sebanyak tiga rakaat.

Dalam pelaksanaan sholat witir bisa dengan dua rakaat dalam sekali salam. Misalnya ketika melaksanakan sholat witir sebanyak tiga rakaat. Maka, dua rakaat dalam sekali salam dan ditambah dengan satu rakaat dalam sekali salam. Bisa juga pelaksanaannya dengan satu kali salam. tetapi pada rakaat kedua tidak terdapat duduk tasyhadud awal.

Ketika melaksanakan sholat witir di bulan Ramadhan, setelah malam ke 15 Ramadhan, pada rakaat yang terakhir disunnahkan untuk membaca doa qunut. Doa qunut dibaca setelah iktidal.

Ubay bin Kaab berkata bahwa:

“Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca dalam shalat witir: pada rakaat pertama “Sabbihis marabbikal a’la”, lalu di rakaat ke dua “Qul yaa ayyuhal kaafirun”, dan pada rakaat ke tiga “Qul huwallaahu ahad”, dan tidak salam kecuali di rakaat yang akhir.” (HR. Nasa’i, Abu Daud, Ahmad, dan Ibnu Majah)

Doa Setelah Sholat Witir

Berikut merupakan doa setelah sholat witir:

Doa-witir
Doa Witir

Bacaan Arab Doa Setelah Sholat Witir

أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْاَلُكَ إِيْمَانًا دَاِئمًا وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا وَنَسْأَلُكَ عَمَلًا صَالِحًا وَنَسْأَلُكَ دِيْنًا قَيِّمًا وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الْغِنَى عَنِ النَّاسِ أَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلَاتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخَشُعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا أَللهُ يَا أَللهُ يَا أَللهُ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan Latin Doa Setelah Sholat Witir

Allahumma innaa nas’aluka iimaanan daaimaan, wa nas aluka qalban khaasyi’an, wa nas aluka ‘ilman naafi’an, wa nas aluka yaqiinan shaadiqon, wa nas aluka ‘amalan shaalihan, wa nas aluka diinan qayyiman, wa nas aluka khairan katsiiran, wa nas alukal ‘afwa wal’aafiyata, wa nas aluka tamaamal ‘aafiyati, wa nas alukasy syukra ‘alal ‘aafiyati, wa nas alukal ghinaa’a ‘anin naasi. Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa wa shiyaamanaa wa qiyaamanaa wa takhasy syu’anaa wa tadhorru’anaa wa ta’abbudanaa wa tammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin. Wa shallallaahu ‘alaa khairi khalqihi muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihi ajma’iina, wal hamdu lillaahi rabbil ‘aalamiina.

Terjemahan Arti Doa Setelah Sholat Witir

Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada -Mu iman yang tetap, kami yang memohon kepada -Mu hati yang khusyuk, kami memohon kepada -Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada -Mu ketetapan keyakinan yang benar, kami memohon kepada -Mu (dapat melaksanakan) amal yang sholeh, kami memohon kepada -Mu agama yang lurus, kami memohon kepada -Mu diberikan kebaikan yang melimpah – limpah. Kami memohon kepada -Mu ampunan dan kesehatan, Kami memohon kepada -Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada -Mu syukur atas karunia kesehatan, dan Kami memohon kepada -Mu kecukupan terhadap sesama manusia. Ya Allah, ya tuhan kami, terimalah dari kami: shalat kami, puasa kami, sholat malam kami, kekhusyukan kami, kerendahan hati kami, dan ibadah kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami (dalam menunaikan kewajiban). Ya Allah, Ya Allah, Ya Allah, Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad SAW., demikian pula keluarga dan para sahabatnya semua. Serta segala puji hanya milik Allah, Tuhan semesta alam.”

Saat bulan Ramadhan, biasanya terdapat seseorang yang akan memimpin dalam berdoa, termasuk berdoa setelah sholat witir. Tetapi tidak ada salahnya jika kita tetap mengandalkan diri kita untuk membaca doa witir tersebut. Salah satu caranya yaitu menghafal doa tersebut.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai doa witir. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan pelaksanaan sholat witir semakin baik lagi.