Doa Ziarah Kubur

1 min read

Doa Ziarah Kubur

Doa Ziarah Kubur – Berikut ini adalah Doa Ziarah Kubur mulai dari mengucapkan salam hingga membaca doa pemakaman lengkap dengan penjelasannya. Ada banyak hadis yang berbicara tentang ziarah kubur. Beberapa ulama memperbolehkan ziarah kubur, yang lain tidak.

Tetapi Anda harus tahu bahwa jika Anda ingin tahu hadis mana yang Shohih dan mana yang tidak. Maka Anda harus mencarinya dan mencari tahu lebih banyak dalam kitab-kitab hadist.

Karena hadits dibagi menjadi dua. Pertama, hadits adalah shohih dan yang kedua lemah. Jangan sampai terjebak oleh hadits yang lemah. Nabi juga memberi tahu sahabatnya dan diriwayatkan oleh Muslim.

Suatu hari dia meminta pengampunan untuk ibunya, tetapi Allah tidak mengizinkannya. Kemudian Nabi meminta izin untuk mengunjungi makam ibunya. Maka diperbolehkan agar Anda selalu dapat mengingat kematian.

Jadi ziarah kuburan diizinkan selama tidak mengundang kesyirikan. Dalam pengertian ini, hanya mungkin berdoa kepada Allah untuk meminta pengampunan, bukan kepada orang yang dikuburkan.

Jika ziarah kubur tetapi malah meminta kepada yang sudah dikubur, maka itu tergolong syirik. Syirik ialah penyekutuan dengan Allah dan dosa yang tidak akan diampuni Allah.

Doa Ketika Ziarah Kubur

Selama ziarah, disarankan agar memperbanyak dzikir dan doa diperkuat. Dzikir dan doa dibaca selama ziarah kubur, sebagai berikut:

  1. Baca Salam (1x)
  2. Membaca Istigfar (3x)
  3. Baca Surat Al Fatihah (1x)
  4. Membaca Surat Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas (3x)
  5. Baca Doa Tahlil (33x)
  6. Membaca doa keselamatan atau doa jenazah.

Silakan baca tentang doa ziarah kubur berikut ini.

Ucapkan Salam

Setiap kali dia meninggalkan rumah pada akhir malam, Rasulullah menyapa orang-orang di kuburan dengan salam. Juga disarankan untuk mengucapkan salam kepada para penghuni saat Anda memasuki makam.

Bacaan salam ketika ke makam sesuai Sunnah

Bacaan Latinnya :
“Assalamu’alaìkum dara qaumìn mu’mìnìn wa atakum ma tu’adun ghadan mu’ajjalun, wa ìnna ìnsya-Allahu bìkum lahìqun”

Artinya:
“Assalamuallaikum, tempat bersemayam orang-orang mukmin. Janji Allah kepada kalian telah datang yang sempat ditangguhkan besok dan kami pasti akan menyusul kalian.”

Anda dapat membaca salam ini ketika Anda memasuki makam atau ketika anda mulai berdzikir.

Membaca Istighfar

Bacaan selanjutnya ialah membaca doa istighfar.

Bacaannya sebagai berikut :

Bacaan Latinnya :
“Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi.”

Artinya:
“Saya mohon ampun kepada Allah Yang Maha Esa, tidak ada Tuhan selain DIa Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan saya bertobat kepada-Nya.”

Membaca Surat Al Fatihah

Selanjutnya, surat Al Fatihah dikirim kepada keluarga yang telah meninggal dan kepada para wali lainnya. Karena semua doa yang baik diterima oleh Allah.

Membacaa Surah Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas

Membaca Tahlil

Selanjutnya membaca doa tahlil atau kalimat tahlil 33 kali. Atau Anda bisa mengikuti imam yang memimpin Tahlil. Simak Bacaan Tahlil sebagai berikut.

Bacaan doa tahlil sebagai berikut :

Membaca Doa Pemakaman

Akhirnya, membaca doa pemakaman. Silakan baca doa jenazah selama ziarah kubur.

Bacaan doa jenazah ziarah kubur

Atau jika Anda sebagai makmum dengan pemimpin Tahlil yang ada, mohon memperhatikan doa-doa yang telah imam panjatkan. Doa ziarah kubur di atas dapat dilakukan sendiri atau bersama oleh seorang imam.

Jika Anda membaca doa ziarah kubur di makam ini, Anda akan menemukan beberapa manfaatnya. Umat ​​Muslim sering melakukan ziarah ke kuburan para wali Allah. Baik sendiri atau bersama rombongan. Ziarah ke makam wali disebut Zaroh.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan dari kami, semoga berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read