Doa Zikir Tahlil

3 min read

Doa Zikir Tahlil1

Doa Zikir Tahlil – Indonesia. Tidak. Bahkan seluruh negara di dunia ini sedang mengalami duka yang sangat berat. Setiap negara sedang ditimpa bencana. Semua orang merasa sedih dan takut.

Tiap manusia tidak tahu harus bagaimana. Bencana yang tidak ada hentinya. Yang tidak berkesudahan. Yang menimbulkan banyak korban jiwa. penyebarannya pun sangat cepat. Bencana ini diakibatkan oleh sebuah virus Covid-19 atau disebut juga dengan Corona.

Virus yang membuat orang bersedih melihat betapa cepatnya virus ini tersebar. Betapa sedihnya keluarga yang harus kehilangan keluarganya karena virus ini. Dan betapa sedihnya orang – orang yang sedang berjuang melawan virus ini. Juga tentunya, betapa sedihnya orang – orang yang berjuang keras menghentikan virus ini.

Kesedihan tersebut memang sangat melukai hati kita. Tetapi kita tetap harus memohon kepada Allah SWT. atas semua luka dan kesedihan kita.

Berikut ini akan dijabarkan mengenai doa zikir tahlil yang dapat kita ucapkan dan panjatkan agar kesedihan kita berkurang. Simak terus ya.

Zikir Tahlil

Zikir merupakan cara kita dalam selalu mengingat Allah SWT. Dengan selalu berzikir hati kita menjadi lebih tenang.

Saat hati benar – benar merasakan luka yang teramat dalam. Saat hati tidak bisa kita kendalikan. Rasa sakit yang teramat sakit. Sedih yang begitu menyesakkan.

Ingatlah Allah SWT. kapan pun dan di mana pun. Ingatlah selalu. Saat senang, sedih, sakit, kecewa, dan kondisi apa pun.

Ketika kehilangan seseorang janganlah terus larut dalam duka tersebut. Bangkitlah. Dekatilah Allah SWT.

Teruslah mengingat Allah. Salah satu cara agar kita tetap mengingat Allah SWT. yaitu dengan berdzikir. Hal yang mudah yang dapat kita lakukan kapan saja dan di mana saja.

Karena berzikir merupakan hal yang menenangkan hati dan pikiran kita sebagai seorang manusia yang lemah.

Bacaan Doa Zikir Tahlil

Adapun bacaan dari doa zikir tahlil yaitu sebagai berikut:

Doa Zikir Tahlil

Bacaan Arab Doa Zikir Tahlil

لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ العَظِيمُ الحَلِيمُ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ العَرْشِ العَظِيمِ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ الأَرْضِ، وَرَبُّ العَرْشِ الكَرِيمِ

Bacaan Latin Doa Zikir Tahlil

Laa ilaaha illallaahul ‘azhiimul haliim, Laa ilaaha illallaahu rabbul ‘arsyil ‘azhiim, Laa ilaaha illallaahu rabbus samaawaati wa rabbul ardhi, wa rabbul ‘arsyil kariim.

Terjemahan Arti Doa Zikir Tahlil

“Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Besar lagi Maha Penyantun. Tidak ada Tuhan selain Allah, Rabb ‘Arsy Yang Agung. Tidak ada Tuhan selain Allah, Rabb langit, Rabb bumi, dan Rabb ‘Arsy Mang Mulia.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Doa tersebut merupakan doa yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam panjatkan kepada Allah SWT. ketika merasa kesusahan dan sedih.

Selain dengan membaca doa zikir tahlil, kamu juga dapat membaca nama – nama dan sifat – sifat dari Allah SWT. berikut ini:

a. Al ‘Adzim artinya Yang Maha Agung
b. Al Haliim artinya Yang Maha Penyantun
c. Rabbus samaawaati wal ardh artinya Tuhan langit dan bumi
d. Rabbul ‘arsyil ‘alkariim artinya Tuhan ‘Arsy yang Agung

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَفْضَلُ مَا قُلْتُ أَنَا وَ النَّبِيُّوْنَ عَشِيَّةَ عَرَفَةَ : لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ ، لَهُ المُلْكُ وَ لَهُ الحَمْدُ ، وَ هُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْر

Artinya: “Kalimat utama yang aku dan para nabi ucapkan pada senja di hari Arafah adalah: “laa ilaaha illallaah wahdahu laa syarika lah lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli sayi in Qodiir”.”

Kamu juga dapat membaca doa pelipur lara dan doa ketika sedih yang lain agar hati kamu menjadi semakin tenang.

Tentu saja zikir memiliki keutamaan yang sangat banyak. Tentunya hati kita tidak hanya menjadi tenang tetap kita juga menjadi lebih dekat kepada Allah SWT.

Allah SWT. memberikan kita duka lara juga tidak semata hanya karena memberikan kita musibah tetapi pasti ada maksud dari sebuah musibah atau bencana yang terjadi.

Allah SWT. ingin mengetahui seberapa kuat, tegar, dan sabarnya kita dalam menghadapi duka tersebut. Apakah kita akan terus larut dalam duka tersebut.

Apakah kita akan terus terpuruk meratapi duka yang tidak membuat tubuh kita melemah tetapi hati dan jiwa kita juga ikut terluka. Tahukah kamu, saat kamu terus berduka, meratapi kesedihan yang menimpa kamu, setan sungguh teramat senang dengan kondisi kita tersebut.

Setan berhasil membuat kita terpuruk. Larut dalam kesedihan, lupa akan ibadah kita. Kita menjadi jauh dengan Allah SWT.

Itu artinya setan menang.

Dengan terus berdzikir hal itu dapat menghalau setan memasuki hati kita.

Dengan terus berdoa dengan dzikir tahlil membuat hati kita semakin tenang.

Duka yang telah terjadi tidak bisa diulang kembali atau dilewatkan. Hal yang telah terjadi tidak bisa diulangi, bukan?

Kita harus bersabar dan menerima dengan ikhlas. Kita menjalani semua duka dengan berlapang dada. Agar kegalauan yang terus menghampiri kita pun terlewati.

Saat semua orang tidak dapat menghibur kita, jangan takut. Kita masih punya Allah SWT. yang akan terus menyemangati kita, menguatkan kita dari semua duka lara yang tengah kita rasakan.

Berdasarkan hadits berikut ini bahwa:

“Barang siapa yang disibukkan dengan mengingat Ku dari memohon kepada Ku, maka aku akan memberinya sesuatu yang paling utama yang Aku berikan kepada orang – orang yang meminta.” (HR. Bukhari dan Baihaqi)

Saat kita membaca doa zikir tahlil ini usahakan kita fokus kepada Allah SWT. karena jika kita tidak fokus dan hanya bibir saja yang berucap maka itu sama saja sebuah kesia – siaan.

Dengan berdzikir kepada Allah SWT. insyaAllah semua kegundahan hati kita, kesusahan yang kita alami, dan duka yang menyesakkan hati kita akan diangkat oleh Allah SWT. TEruslah ikhlas dan bersabar dalam menghadapinya. Teruslah mendekat kepada Allah SWT agar hati kita menjadi tenang dan tenteram.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai doa zikir tahlil yang dapat kamu baca ketika mengalami duka lara, kesedihan, dan juga kesusahan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kamu lebih bersabar dalam menghadapi segala kesusahan dan kesedihan. Terima kasih.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read