Bacaan Duduk Diantara Dua Sujud atau Iftirasy dan Tata Cara Saat Sholat

1 min read

Duduk Diantara Dua Sujud

Bacaan Duduk Diantara Dua Sujud atau Iftirasy dan Tata Cara Saat Sholat – Ketika sholat terdapat banyak gerakan yang termasuk dalam rukun sholat dan sunnah. Melaksanakan gerakan sholat merupakan salah satu cara dari tata cara sholat yang tepat.

Diterima atau tidaknya sholat kita semua kita serahkan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Kita hanya perlu mempelajari tata cara pelaksanaan sholat sesuai Al Quran dan hadist. Salah satu gerakan sholat yaitu duduk di antara dua sujud. Banyak yang mempertanyakan tentang tata cara duduk di antara dua sujud.

Ulasan kali ini akan menjelaskan tentang tata cara dan bacaan duduk di antara dua sujud. Simak terus ya.

Duduk Diantara Dua Sujud

Duduk di antara dua sujud merupakan salah satu dari rukun sholat. Duduk di antara dua sujud disebut juga dengan duduk iftirasy. Tata cara pelaksanaan sholat harus dilakukan dengan benar. Sehingga sholat yang kita kerjakan dapat diterima Allah Subhanahu wa ta’ala.

Duduk di antara dua sujud dilakukan setelah sujud pertama.

Bacaan Duduk Diantara Dua Sujud

Berikut ini merupakan bacaan dari duduk di antara dua sujud yaitu:

Bacaan Duduk di antara Dua Sujud

Bacaan Arab Duduk Diantara Dua Sujud

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارْفَعْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ

Bacaan Latin Duduk Diantara Dua Sujud

Rabbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa ‘aafinii wa’fu ‘annii.

Terjemahan Arti Bacaan Duduk Diantara Dua Sujud

“Ya Allah, ampunilah dosaku, rahmatilah aku, cukupkanlah aku, angkatlah derajatku, berikanlah rezeki kepadaku, berikanlah petunjuk kepadaku, berikanlah kesehatan kepadaku, dan ampunilah aku.”

Selain bacaan tersebut Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menggunakan bacaan berikut ini:

Dari Abdullah bin Abbas Radhiallahu ’anhuma berkata:

أنَّ النَّبيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسلَّمَ كانَ يَقُوْلُ بَيْنَ السَّجدَتَيْنِ: اللَّهمَّ اغْفِرْ لِي، وَارْحَمْنِي، وَاجْبُرْنِي، وَاهْدِنِي، وَارْزُقْنِي

Artinya: “Biasanya Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa sallam ketika duduk di antara dua sujud Beliau membaca: Allahummaghfirli warhamnii, wajburnii, wahdinii, warzuqnii (artinya: Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, cukupkanlah aku, berikanlah aku petunjuk, dan berikanlah rezeki kepadaku).” (HR. At Tirmidzi)

Tata Cara Pelaksanaan

Gerakan duduk di antara dua sujud berbeda dengan duduk biasa. Saat duduk di antara dua sujud gerakan yang benar yaitu:

Dengan meluruskan punggung kaki kiri di lantai kemudian mendudukinya. Kaki kanan ditegakkan dan jari jari kakinya menghadap kiblat.

Cara duduk di antara dua sujud disebutkan dalam sebuah hadits yaitu:

ثُمَّ يَسْجُدُ حَتَّى تَطْمَئِنَّ مفاصلُه ثُمَّ يَقُوْلُ : اللهُ أكبرُ ويرفعُ رأسَه حتَّى يستويَ قاعدًا

Artinya: “… kemudian Nabi Shallallahu ’alaihi wa sallam sujud sampai anggota badannya menempati tempatnya, kemudian mengucapkan “Allahu Akbar”. Kemudian mengangkat kepalanya (bangun dari sujud) sampai ke posisi duduk.“ (HR. Abu Daud)

Pada hadits yang diriwayatkan oleh At Tirmidzi, cara duduk di antara dua sujud yaitu dengan kaki kiri yang ditekuk dan diduduki. Berikut ini merupakan haditsnya:

ثُمَّ ثَنَى رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَقَعَدَ عَلَيْهَا ثُمَّ اعْتَدَلَ حَتَّى يَرْجِعَ كُلُّ عَظْمٍ فِى مَوْضِعِهِ مُعْتَدِلاً ثُمَّ أَهْوَى سَاجِدًا

Artinya: “Kemudian kaki kiri ditekuk dan diduduki. Kemudian badan kembali diluruskan hingga setiap anggota tubuh kembali pada tempatnya. Lalu turun sujud kembali.” (HR. At Tirmidzi)

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang seseorang yang sedang melaksanakan sholat menghamparkan kedua lengannya ketika sedang duduk.

Dari Aisyah radhiallahu ’anha, Beliau berkata:

وَكَانَ يَنْهَى عَنْ عُقْبَةِ الشَّيْطَانِ وَيَنْهَى أَنْ يَفْتَرِشَ الرَّجُلُ ذِرَاعَيْهِ افْتِرَاشَ السَّبُعِ

Artinya: “Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang ‘uqbatusy syaithan, juga melarang seseorang menghamparkan kedua lengannya seperti terhamparnya kaki binatang buas.” (HR. Muslim)

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai tata cara dan bacaan dari duduk di antara dua sujud yang telah dijelaskan secara jelas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.