Faedah dan Hikmah Pernikahan Menurut Ajaran Islam yang Luar Biasa

2 min read

Faedah dan Hikmah Pernikahan

Faedah dan Hikmah Pernikahan Menurut Ajaran Islam yang Luar Biasa – Meskipun negara Indonesia bahkan dunia sedang mengalami bencana karena sebuah wabah yang cepat menular. Tetapi tidak menghalangi bagi orang – orang yang ingin melangsungkan pernikahan.

Menikah merupakan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Itu sebabnya meskipun sedang terdapat wabah banyak pasangan yang tetap menikah. Yang terpenting adalah menkah secara agama dan hukum.

Menikah tidak dihalangi hanya saja pesta pernikahan yang tidak diizinkan. Karena menikah memiliki hikmah yang sangat luar biasa dan semua orang ingin mendapatkan keberkahan yang luar biasa.

Berikut ini akan dijelaskan secara detail mengenai faedah dan hikmah dar pernikahan menurut ajaran agama Islam. Simak terus ya.

Pernikahan

Pernikahan merupakan sebuah aqad ijab dan qabul atau janji yang dilakukan oleh sepasang laki – laki dan perempuan yang mengikat baik secara lahir atau pun batin berdasarkan pada ajaran agama.

Dalam sebuah pernikahan terdapat syarat dan rukun – rukun yang harus dipenuhi. Dan tentunya, saat kita menghadiri sebuah pernikahan, janganlah lupa mendoakan kedua mempelai dengan doa pernikahan agar semua keberkahan tercurah pada pasangan yang berbahagia dan berbalik kepada kamu juga.

Sungguh amat luar biasa faedah atau manfaat dari sebuah pernikahan. Bahkan Allah SWT. memerintahkan seseorang untuk melengkapi sebagian agamanya dengan cara menikah.

Anas radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa:

رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: مَنْ رَزَقَهُ اللهُ امْرَأَةً صَالِحَةً فَقَدْ اَعَانَهُ عَلَى شَطْرِ دِيْنِهِ، فَلْيَتَّقِ اللهَ فِى الشَّطْرِ اْلبَاقِى

“Rasulullah SAW. telah bersabda, “Barang siapa yang Allah telah memberi rejeki kepadanya berupa istri yang shalihah, berarti Allah telah menolongnya pada sebagian agamanya. Maka bertakwalah kepada Allah untuk sebagian sisanya”.” (HR. Thabrani dan Hakim)

Pernikahan tentunya memiliki faedah atau manfaat dan hikmah yang begitu besar. Adapun manfaat dari sebuah pernikahan yaitu sebagai berikut:

A. Menjauhkan Diri dari Perbuatan Maksiat

Dengan pernikahan akan menjauhkan dan mencegah perbuatan – perbuatan yang menimbulkan maksiat. Dengan menikah hubungan menjadi halal dan diridhai oleh Allah SWT.

Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ اْلبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ، فَاِنَّهُ اَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَ اَحْصَنُ لِلْفَرْجِ. وَ مَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَاِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ. الجماعة

Artinya: “Wahai para pemuda, barang siapa di antara kamu yang sudah mampu menikah, maka menikahlah, karena sesungguhnya nikah itu lebih dapat menundukkan pandangan dan lebih dapat menjaga kemaluan. Dan barang siapa yang belum mampu, maka hendaklah ia berpuasa, karena berpuasa itu baginya (menjadi) pengekang syahwat.”

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ثَلَاثَةٌ حَقٌّ عَلَى اللَّهِ عَوْنُهُمْ: المُجَاهِدُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ، وَالمُكَاتَبُ الَّذِي يُرِيدُ الأَدَاءَ، وَالنَّاكِحُ الَّذِي يُرِيدُ العَفَافَ

Artinya: “Ada tiga kelompok yang berhak mendapat pertolongan dari Allah, yaitu Mujahid di jalan Allah, Mukaatib (budak) yang ingin melunasi utangnya, dan orang yang menikah supaya terjaga dari maksiat.” (HR. At Tirmidzi)

B. Hidup Menjadi Lebih Tenteram dan Tenang

Dengan menyempurnakan agama kita dengan sebuah pernikahan menjadikan hidup kita lebih tenteram dan tenang. Hal ini sesuai dengan janji Allah SWT. dalam surat Ar Rum ayat 21, Allah SWT. berfirman:

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: “Dan di antara tanda – tanda kebesaran-Nya adalah Dia menciptakan untukmu istri – istri dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar – benar terdapat tanda – tanda (kebesaran Allah) bagi orang – orang yang berfikir.” (QS. Ar Rum ayat 21)

C. Mendatangkan Keberkahan

Salah satu manfaat dari pernikahan yaitu mendapatkan keberkahan yang luar biasa. Semua yang kita lakukan untuk keluarga kita termasuk dalam rahmat atau berkah ari Allah SWT.

D. Memberi Kemampuan dan Memperluas Rezeki

Allah SWT. memerintahkan umat – umatnya untuk menikah karena salah satu hikmah dari pernikahan yaitu memampukan dan memperluas rezeki kepada pasangan yang berusaha mengikuti perintah Allah SWT.

Allah SWT. berfirman bahwa:

وَأَنكِحُوا الْأَيَامَى مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِن يَكُونُوا فُقَرَاء يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِن فَضْلِهِ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya: “Dan nikahkanlah orang – orang yang masih sendirian di antara kamu, dan orang – orang yang layak (menikah) dari hamba – hamba sahayamu yang laki – laki dan hamba – hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. An Nur ayat 32)

E. Memperoleh Keturunan

Dengan sebuah pernikahan menjadi suatu hubungan lebih sah dan halal dan dapat memberikan keturunan. Selain diberikan keturunan, seorang anak juga dapat menjadi ladang pahala kita. Mempunyai anak yang saleh dan salehah dapat mendoakan orang tuanya ketika meninggal dunia.

Allah SWT. berfirman:

وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا وَجَعَلَ لَكُمْ مِنْ أَزْوَاجِكُمْ بَنِينَ وَحَفَدَةً وَرَزَقَكُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ ۚ أَفَبِالْبَاطِلِ يُؤْمِنُونَ وَبِنِعْمَتِ اللَّهِ هُمْ يَكْفُرُونَ

Artinya: “Allah menjadikan bagi kamu istri – istri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari istri – istri kamu itu, anak – anak dan cucu – cucu, dan memberimu rezeki dari yang baik – baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari nikmat Allah?” (QS. An Nahl ayat 72)

F. Diampuni oleh Allah SWT. dan Mendapatkan Tempat di Surga

Pernikahan merupakan hal yang

ٱلْخَبِيثَٰتُ لِلْخَبِيثِينَ وَٱلْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَٰتِ ۖ وَٱلطَّيِّبَٰتُ لِلطَّيِّبِينَ وَٱلطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَٰتِ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَ ۖ لَهُم مَّغْفِرَةٌۭ وَرِزْقٌۭ كَرِيمٌۭ

Artinya: “Perempuan – perempuan yang jahat adalah untuk laki – laki yang jahat. Laki – laki yang baik untuk perempuan yang baik pula (begitu pula sebaliknya). Bagi mereka ampunan dan rejeki yang melimpah (yaitu Surga).” (QS. An Nur ayat 26)

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai faedah dan hikmah dari pernikahan menurut ajaran agama Islam yang begitu luar biasa. Semoga kita selalu didekatkan dengan jodoh kita dan dipermudah segala niat baik kita dalam membangun keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah. Amiin. Terima kasih.