Fii Amanillah : Arti, Cara Menjawabnya, dan Tulisan Arab

3 min read

Fii Amanillah

Fii Amanillah : Arti, Cara Menjawabnya, dan Tulisan Arab – Siapa yang tidak suka bepergian? Ya, semua orang suka bepergian, apalagi jika bepergian untuk berjalan-jalan atau pun berlibur. Selain itu, orang setiap hari juga akan melakukan bepergian baik itu pergi bekerja, berjualan, ke sekolah, ke pasar, atau lain sebagainya.

Ketika bepergian, pernahkah kamu mendapatkan ucapan atau doa dari keluarga atau teman? Ya biasanya kita hanya mendapat ucapan “hati-hati ya di jalan” atau hanya mengucapkan salam saja. Dalam Islam terdapat doa yang mudah diucapkan dan diingat yang dapat digunakan untuk seseorang yang akan bepergian, yaitu fii amanillah.

Tahukah kamu tentang fii amanillah? Atau kamu sering menggunakan kalimat fii amanillah? Berikut ini akan dijelaskan mengenai kalimat fii amanillah yang dilengkapi dengan tulisan Arab, arti, kondisi ketika untuk menggunakan kalimat tersebut, contoh ucapan, dan jawaban dari ucapan tersebut.

Tulisan Arab Fii Amanillah

fi amanilah
Fii amanillah

Adapun berikut ini penulisan Arab, Latin, dan arti dari kalimat fii amanillah yaitu:

فِي أَمَانِ الله

Fii amaanillah.

Artinya: “Semoga Engkau dalam perlindungan Allah.”

Arti Fii Amanillah

Arti fii amanillah dalam Islam yaitu berharap perlindungan dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Kalimat fii amanillah biasa diucapkan saat ada keluarga, saudara, atau teman yang akan bepergian.

Fii amanillah merupakan sebuah doa yang memiliki arti

“Semoga Engkau dalam perlindungan Allah”

yang diucapkan kepada orang yang bepergian atau berpamitan.

Doa ini digunakan untuk orang yang sedang atau akan bepergian. Doa ini merupakan harapan agar Allah Subhanahu wa ta’ala melindungi dan menjaga orang yang sedang atau akan melakukan perjalanan, serta sampai dalam keadaan selamat.

Bagi laki-laki atau perempuan, ucapan tersebut sama. Tidak ada perubahan pengucapan atau pun kalimat. Kalimat tersebut dapat digunakan untuk laki-laki, perempuan, untuk orang banyak, atau pun sendirian.

Kondisi Pengucapan Doa

Doa ini dapat diucapkan tergantung situasi dan kondisi berbagai orang. Berikut ini kondisi untuk mengucapkan fii amanillah di antaranya yaitu:

  • Seseorang yang sedang mengalami musibah.
  • Bertemu dengan orang yang terkena musibah.
  • Kepada seseorang yang akan dan sedang menjalankan amanah baik itu sedang menduduki jabatan tertentu atau bertanggung jawab pada suatu hal.
  • Kepada seseorang yang akan menjalankan pekerjaan atau tugas dengan risiko yang berbahaya.
  • Di akhir percakapan baik itu melalui telepon atau bertatap muka, semoga semua yang terlibat selalu dalam perlindungan Allah Subhanahu wa ta’ala, sebelum mengucapkan salam.

Biasanya kita menggunakan kata-kata berikut ini untuk diucapkan kepada seseorang yang berpamitan untuk bepergian, di antaranya yaitu:

a. Selamat jalan
b. Hati-hati ya
c. Good bye
d. Titi dj
e. Bye
f. Sampai jumpa

Kalimat-kalimat tersebut biasa kita ucapkan kepada seseorang yang akan bepergian. Padahal dalam Islam sudah diajarkan untuk menggunakan kata-kata yang bisa menjadi doa untuk orang tersebut.

Jadi, mulailah biasakan untuk menggunakan kata “Fii amanillah” ketika ada seseorang yang berpamitan untuk bepergian. Supaya orang tersebut dilindungi dan dijaga oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

Contoh Pengucapan Fii Amaniillah

Ketika mengatakan fii amanillah kepada seseorang yang mau bepergian, kita bisa saja hanya mengucapkan “Fii amanillah“.

Kamu juga dapat memanjatkan doa penambahan ketika mengucapkan fii amanillah, di antaranya yaitu:

Fii amanillah, semoga Allah selalu melindungi kamu, melindungi dari hal-hal buruk saat berkendara, melindungi dari orang-orang yang jahat, dan melindungi dari gelapnya malam.

Bagi seseorang yang melakukan perjalan seperti menaiki pesawat, apalagi yang memakan waktu lama. Kita bisa mengubah kalimat safe flight dengan penambahan seperti berikut:

Safe flight, fii amanillah.

Kalimat tersebut merupakan doa yang dapat menjaga orang tersebut dari segala macam resiko dan bahaya. Selain itu kita jga dapat mengingatkan orang tersebut untuk berdzikir dan berdoa saat melakukan perjalanan jauh .

Jawaban Ucapan Fii Amanillah

Ketika seseorang mengucapkan kepada orang lain Fii amanillah, apa yang harus kita jawab? Dalam Islam, Allah Subhanahu wa ta’ala mengingatkan kita untuk membalas suatu hal baik dengan yang lebih baik. Hal ini sesuai dengan salah satu ayat Al Quran yaitu pada surat An Nisa ayat 86. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا ۗ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ حَسِيبًا

Artinya: “Jika kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu.” (QS. An Nisa ayat 86)

Berdasarkan ayat tersebut, apabila terdapat seseorang yang mendoakan kita maka kita dapat membalas doa tersebut dengan doa yang serupa atau lebih baik lagi.

Ketika ada seseorang yang mendoakan sebelum kita bepergian dengan doa “fii amanillah”, kita dapat menjawab ucapannya tersebut dengan:

مَعَ السَّلاَمَة

Ma’assalaamah.

Artinya: “Semoga keselamatan selalu menyertai kamu.”

Mulai dari sekarang apabila ada sanak keluarga atau teman akan bepergian, mulailah dengan mengucapkan “fii amanillah” dan jawablah doa tersebut dengan “Ma’assalaamah”.

Semoga doa-doa baik yang kita ucapkan diijabah oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dan selamat sampai tujuan.

Tujuan dan Makna Fii Amanillah

Ucapan fii amanillah tentunya memiliki tujuan dan makna yang terkandung di dalamnya. Adapun berikut ini tujuan dan makna dari ucapan fii amanillah yaitu:

a. Mendoakan keselamatan

Dengan mengucapkan doa tersebut, kita mendoakan agar perjalanan orang tersebut aman dan selamat, serta mendapatkan perlindungan dari Allah Subhanahu wa ta’ala agar dari kejahatan atau pun marabahaya lainnya.

Orang yang kita doakan tersebut juga dapat membaca doa saat berkendara jika bepergian dengan kendaraan darat, udara, atau pun air.

b. Rasa peduli

Mendoakan orang lain merupakan salah satu rasa peduli kita terhadap orang lain. Kita menginginkan orang lain dapat melakukan perjalanan dengan aman dan lancar, selamat sampai tujuan tanpa kurang apapun.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai fii amanillah yang telah dijelaskan secara lengkap dan jelas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian dan dapat menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan yang baik untuk dilakukan di tiap harinya. Terima kasih.

Waktu Mustajab dalam Berdoa

_pur
3 min read

Doa Belajar

Doa ibu
2 min read

Adab Mandi Wajib

Mandi wajib diartikan dengan cara menyiramkan air ke seluruh bagian tubuh dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadas besar.
_pur
3 min read