Hukum Ikhfa Syafawi

1 min read

Hukum Ikhfa Syafawi

Berikut ini pengertian ikhfa syafawi disertai huruf dan contoh beserta cara membacanya yang dilengkapi dengan tabel untuk memudahkan pemahaman.

Mim Mati ialah huruf mim yang tidak memiliki penanda garis / harakat (مْ). Ada tiga hukum bacaan mati ketika Anda menemukan salah satu huruf hijaiyah, yaitu: izhar syafawi, ikhfa ‘syafawi dan idgam mutammasilain.
Perhatikan contoh diagram berikut tentang hukum membaca mim mati berikut ini:

Contoh Ikhfa Syafawi

Ikhfa Syafawi ialah Jika huruf Mim sukun bertemu dengan huruf hijaiyyah Ba, hukumnya wajib dibaca bersama Ikhfa ’Syafawi.

Mudah untuk diingat bahwa setiap kali ada mim sukun di depan huruf Ba ‘ maka kalimat tersebut termasuk dalam bacaan dari Ikhfa’ Syafawi.

Pengertian Ikhfa Syafawi

Ikhfa Syafawi terdiri dari 2 kata, yaitu Ikhfa dan Syafawi, di mana kata Ikhfa berarti bersembunyi atau menyamar, maka katabertemu dengan huruf Ba dan kemudian harus dibaca dengan suara rendah atau dengungan dari surat sebelumnya. Karena pertemuan dua huruf Makhrajul dapat disebut Ikhfa Syafawi, karena Makhraj dari huruf Hijaiyah Mim dan huruf Hijaiyah Ba merupakan pertemuan antara bibir bawah dan bibir atas.

Berbeda dengan hukum Idgham Bighunnah, Iqlab atau Ghunnah Musyaddadah. Hukum Ikhfa Syafawi tidak dilengkapi dengan tanda Tasydid atau tanda lainnya, sama seperti hukum Ikhfa Haqiqi. Namun, dalam hukum Ikhfa-Syafawi, masih wajib membaca dengan dengung sekitar dua sampai tiga harokat atau satu setengah alif, karena ketika dibaca dengan tidak samar-samar (dengung), kemudian akan berubah hukum ke hukum Izhar.

Cara Membaca Ikhfa Syafawi

Bagaimana cara membaca Ikfa ‘Syafawi?

Cara membaca kalimat yang mengandung Ikfa-Syafawi harus diucapkan dan diulang samar-samar di bibir dan dengan cara di dengungkan. Seharusnya tidak dibaca dengan jelas sebagai Idzhar.

Misalnya, dalam kalimat berikut وَاَمْدْدْنْكَمُ بِاِمَوْالٍ ada pertemuan antara Mim Sukun dan Ba ‘. Cara membaca harus WA AMDADNAKUMMBIAMWAALIN. Tidak boleh dibaca dengan WA AMDADNAKUM BIAMWAALIN.

Kata KUM harus dibaca secara samar dan agak dengung. Jangan membacanya dengan jelas seperti Idzhar.

Contoh Bacaan Ikhfa Syafawi

Di bawah ini kami menulis beberapa contoh bacaan Shafi’a ikhfa. Semoga bisa meningkatkan pemahaman semua pembaca.

نَبَأُهَأُمُ بِالْحْ : perhatikan bacaan disamping. Kalimat tersebut merupakan contoh bacaan Ikhfa Syafawi. Cara membacanya berdengung.

فَأَصْبَحَتْمُ بِنِعِمْتَهِ : perhatikan bacaan disamping. Kalimat tersebut merupakan contoh bacaan Ikhfa Syafawi. Cara membacanya berdengung.

كَلَبْهُمُ بَاسِطٌ : perhatikan bacaan disamping. Kalimat tersebut merupakan contoh bacaan Ikhfa Syafawi.Cara membacanya berdengung.

Kami mengambil contoh-contoh di atas dari hukum Ikhfa Syafawi yang terdapat dalam surat-surat pendek juz ‘amma dan juga dari beberapa surat dalam Al-Quran sehingga kita semua dapat dengan mudah belajar tentang hukum mim mati, terutama Hukum Ikhfa Syafawi.

Ketika mempelajari ilmu membaca, Anda sering harus membaca dan mengamati surat-surat satu demi satu secara teratur dan hati-hati, terbiasa membaca di Tartil, sehingga Anda dapat sedikit meningkatkan bacaan Anda. Bisa karena biasa, dan yang biasa harus dipaksa sedikit agar bisa.

Perbedaan Ikhfa Syafawi dengan Iqlab

Pada dasarnya, kesamaan antara Ikhfa Syafawi dan Iqlab identik dengan makhraj dan cara bicaranya. Namun, ada beberapa perbedaan, yaitu:

  1. Mim dalam hukum bacaan Iqlab bukan asli dari mim tetapi (Munqalib) dari nun. Sementara dalam hukum baca Ikhfa Syafawi mim adalah surat mim yang asli.
  2. Para ulama berbeda dalam pembacaan hukum pembacaan Ikhfa Syafawi. Beberapa mengatakan itu dibaca samar-samar dengan dengung, sementara yang lain membacanya dengan idzhar. Ketika hukum Iqlab berbunyi, tidak ada perbedaan.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Hukum Ikhfa Syafawi. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda.

Mad Badal

Doa ibu
1 min read

Hukum Nun Mati

Doa ibu
2 min read

Mad Jaiz Munfashil

Doa ibu
2 min read