Hukum Iqlab

1 min read

Hukum Iqlab

Berikut ini adalah bahan untuk definisi, huruf, bacaan dan contoh dibahas secara rinci sehingga mudah untuk memahami diskusi di bawah ini untuk lebih jelasnya pada artikel ini, saya akan membahas pembacaan, salah satunya adalah iqlab.

Agar kita dapat membaca dan memahami bacaan dan makna dalam ayat-ayat Al-Quran, pertama-tama kita harus belajar sesuatu tentang ilmu bacaan sehingga kita dapat membaca Al-Quran dengan baik dan benar.

Untuk melakukan ini, mari gabungkan salah satu keahlian Tajweed, iqlab, sebagai berikut:

Iqlab adalah salah satu hukum bacaan yang berlaku ketika kata benda Sukun atau Tanwin memenuhi surat Hijaiyah Ba. Dalam bahasa tersebut, Iqlab berarti mengganti atau mengubah sesuatu dari bentuk aslinya

Pengertian Iqlab

Iqlab berarti bergerak, berputar atau bertukar. Berkenaan dengan ilmu tajwid iqlab merupakan mengubah suara Nun atau Tanwin ketika memenuhi huruf ba, yang disertai dengan dengungan.

Contoh Hukum Iqlab

Cara membacanya adalah mengubah suara nun sukun atau Tanwin menjadi mim sukun diiringi dengungan dua Harokat, sehingga bukan suara nun sukun lagi yang terdengar, tetapi suara mim sukun yang terdengar.

Mengapa? Mengapa Sukun atau Tanwin menjadi Sukun Mim? Setidaknya ada 2 alasan. Pertama, mim merupakan surat saudara huruf ba karena keduanya adalah makhraj. Kedua, mim juga merupakan saudara nun, karena keduanya sama-sama memiliki sifat berdengung atau gunnah.

Orang-orang Arab telah terbiasa mengubah atau menukar nun sukun atau ketika bertemu dengan huruf ba untuk memfasilitasi dan memperlancar percakapan, misalnya mimbar, yang semula minbar.

Tanda baca biasanya dilambangkan dengan mim pada sukun atau Tanwin.

Huruf Iqlab

Hanya ada satu huruf dari Iqlab. Huruf itu adalah huruf Ba ‘. Jika huruf hijaiyah ada di depan nun mati, maka hukum Iqlab berlaku. Hukum Iqlab juga berlaku jika huruf ini berada sebelum Tanwin. Tidak masalah apakah Tanwin dalam bentuk Dummatain, Fathatain atau Kasrotain.

Iqlab menjelaskan membaca menggunakan proses tertentu. Nun mati diubah menjadi mim, sebuah huruf yang memiliki makhraj yang sama dengan huruf Ba ‘. Namun, mim yang diganti nun mati yang mati tidak diidghamkan dengan Ba ‘. Jadi itu cukup seperti membaca mim mati di sebelah huruf Iqlab Ba ‘.

Tambahan penting lainnya untuk membaca Iqlab adalah pembacaan suara Ghunnah pada bacaan Iqlab. Panjang Ghunnah sesuai dengan panjang Ghunnah di Idghom Bigunnah atau Nun Tasydid. Berapa banyak alif. Jika dihitung dalam bentuk Harakat, panjangnya adalah dua Harakat.

Cara Membaca Iqlab

Cara membaca Iqlab adalah dengan menggantikan / mengubah huruf nun ataupun tanwin (an, in, un) sehingga suara huruf mim sukun oleh karenanya ketika nun matipun tanwin bertemu huruf ba. Kemudian bibir atas dan bibir bawah tersebut posisinya tertutup dan juga diirinya dan diiringi dengan suara dengung dari sekitar dua harakat.

Hukum Iqlab dalam Al Qur’an, biasanya sudaditandai dengan huruf mim kecil (م) – dan huruf ditempatkan di atasnya – antara نْ atau ــًــ, ــٍــ, ــٌــ dengan huruf ب.

Contoh Bacaan Iqlab

Contoh dalam Al-Quran

Di dalam Surah Yasin ayat 52 di atas, huruf yang berwarna merah merupakan contoh dari Iqlab, dan ciri utamanya yaitu bahwa nun Sukun (mati) bertemu dengan huruf Ba, dan dibaca Mam ba’atsanaa.

Pada Surat Tabarak ayat 11 di atas, huruf yang berwarna merah merupakan contoh dari Iqlab, dan ciri utamanya yaitu bahwa nun sukun (mati) bertemu dengan huruf ba, dan dibaca bidzambihim.

Contoh di dalam Surah Yasin ayat 69 di atas, huruf yang berwarna merah merupakan contoh dari Iqlab, dan ciri utamanya ialah bahwa nun Sukun (mati) bertemu dengan huruf ba, dan dibaca yambaghii.

Qalqalah

Doa ibu
2 min read

Hukum Mad Thobi’i

Doa ibu
2 min read

Mad Wajib

Doa ibu
1 min read