Hukum Mad Lazim

2 min read

Mad Lazim

Sebelum kita membahas arti dari mad lazim, berbagai jenis mad lazim, dan macam-macam mad lazim serta contoh mad lazim, sebaiknya kita bahas dari Mad Far’i. Faktanya, Mad Lazim adalah bagian dari Mad Far’i. Ada berbagai pembagian Mad Far’i dilihat dari apa yang menyebabkan Mad Thobi’i berubah menjadi Mad Far’i. Saat penyebabnya adalah Hamza, tetapi masih satu kata dengan Mad Thobi’i, maka Mad Far’i disebut Mad Muttashil.

Jika penyebabnya adalah Hamza, tetapi tidak dalam satu kata dengan Mad Thobi’i, maka itu disebut dengan Mad Munfashil. Beda kalau penyebabnya adalah sukun, namanya Mad Lazim. Inilah yang akan dibahas pada kesempatan kali ini. Inilah definisi mad lazim, macam-macam mad lazim, dan contoh mad lazim.

Pengertian Mad Lazim

Jika, menurut Mad Thobi’i ada huruf yang berisi sukun asli dan bukan karena wakaf, maka hukum pembacaan Mad Lazim berlaku. Apa yang dimaksud Sukun asli ialah apakah bacaan itu di tengah atau di akhir pada saat Waqaf, Sukun tersebut tetap dan tetap tidak berubah.

Ini berbeda dengan sukun yang hanya ada di Waqaf. Ucapkanlah lafadz نَسْتَعِيْنُ dibaca waqaf dengan lafadz نَسْتَعِيْنْ.. Artinya, satu-satunya huruf sukun dalam huruf na hanya ketika lafadz نَسْتَعِيْنُ dibacadi waqaf. Ketika نَسْتَعِيْنُ dibaca washal, Sukun tidak ada karena digunakan sebagai Harakat asli, yaitu Dlummah.

Macam-Macam Mad Lazim

Mad Lazim ini dibagi lagi menjadi empat macam, yaitu Mad Lazim Kilmi Mutsaqqol, Mad Lazim Kilmi Mukhoffaf, Mad Lazim Harfi Mutsaqqol dan Mad Lazim Harfi Mukhoffaf. Lalu apa itu Mad Lazim Kilmi Mutsaqqol? Mad Lazim ini ialah Mad thobi’i yang dihadapkan dengan huruf yang membawa tasydid dengan satu kata yang sama.

Hukum-Bacaan-mad-lazim

Sementara itu, makna Mad Lazim Kilmi Mukhoffaf ialah Mad Thobi’i yang berhadapan dalam huruf yang memiliki harakat sukun dalam satu kata yang sama. Perbedaan mencolok antara Mutsaqqol dan Mukhoffaf adalah bahwa Mutsaqqol memiliki tasydid. Sedangkan mukhoffaf tidak memiliki.

Mad Lazim Harfi Mutsaqqol adalah bacaan mad untuk huruf yang jika diurai maka mempunyai tiga huruf, didahului dengan huruf bertasydid. Di sisi lain, Mad Lazim Harfi Mukhoffaf adalah mad pada huruf yang memiliki tiga huruf tetapi tidak ada huruf bertaydid di depan mereka. Sebagai pengingat, kedua mad ini ada di awal surat saja.

Selesai berdiskusi tentang arti Mad Lazim, macam-macam mad dan contoh-contoh mad lazim, selanjutnya yaitu cara membaca mad lazim.

Cara Membaca Mad Lazim

Panjang bacaan Mad Lazim ialah enam Harakat atau tiga Alif. Panjang enam harokat berlaku untuk semua Mad Lazim, baik Mad Lazim Kilmi Mutsaqqol, Mad Lazim Kilmi Mukhoffaf, Mad Lazim Harfi Mutsaqqol atau Mad Lazim Harfi Mukhoffaf. Tidak ada perbedaan membaca diantaranya.

Contoh Mad Lazim

contoh-mad-lazim

Mad Lazim Harfi Mutsaqqol adalah lafadz المّ, yang dibaca dengan أَلِف لاَمِّيْمْ dengan memanjangkan huruf lam selama enam Harakat. Sedangkan contoh Mad Lazim Harfi Mukhoffaf adalah ق, yang dibaca قَافْ dengan memanjangkan selama enam zakat. Contoh-contoh Mad Lazim Harfi Mutsaqqol dan Harfi Mukhoffaf hanya ada di awal surat. Inilah yang perlu digaris bawahkan.

Contoh Mad Lazim yang Kilmi Mutsaqqol ialah lafadz الضَّالِّيْن dapat ditemukan dalam ayat terakhir dari Surat Al Fatihah. Di Lafadz tersebut ada Mad Thobi’i, yaitu alif yang mendahului Harakat Fathah kemudian setelahnya ada huruf lam yang bertasydid.

Selanjutnya contoh Mad Lazim Kilmi Mukhoffaf adalah lafadz آَلْآَن yang terdapat dalam ayat 51 dan 91 dari surat Yunus. Dalam Al-Quran, hanya satu Lafadz yang merupakan pembacaan Mad Lazim Kilmi Mukhoffaf. Jumlahnya hanya ada dua. Pada Lafadz tersebut adalah Mad Thobi’i yang didepannya ialah huruf lam dalam bentuk Sukun. Akhirnya, bacaan itu menjadi Mad lazim Kilmi Mukhoffaf.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Mad Lazim. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Qalqalah

Doa ibu
2 min read

Hukum Mad Thobi’i

Doa ibu
2 min read

Mad Wajib

Doa ibu
1 min read