Yuk Belajar Huruf Hijaiyah (Abjad Arab) dan Cara Bacanya dengan Benar!

3 min read

Huruf Hijaiyah

Yuk Belajar Huruf Hijaiyah (Abjad Arab) dan Cara Bacanya dengan Benar! – Salah satu rukun iman yaitu iman kepada kitab Allah Subhanahu wa ta’ala. Setiap umat Islam wajib meyakini adanya kitab yang Alah Subhanahu wa ta’ala turunkan.

Setiap umat Islam tidak hanya wajib mengamalkan apa yang terkandung dalam Al Quran tetapi juga membaca Al Quran. Al Quran merupakan pedoman hidup manusia untuk menuju surganya Allah Subhanahu wa ta’ala. Dengan begitu hidup kita baik itu di dunia atau pun di akhirat akan tenang.

Sama halnya dengan membaca kita harus mengetahui dan bisa membaca huruf. Dalam Al Quran pun demikian. Dalam Al Quran terdiri huruf Arab yang disebut dengan huruf Hijaiyyah. Tahukah kamu apa saja huruf Hijaiyah tersebut?

Berikut ini akan membahas mengenai huruf Hijaiyah yang disertai dengan cara membaca huruf – huruf tersebut. Simak terus ya.

Pengertian Huruf Hijaiyah

Huruf Hijaiyah merupakan aksara dalam Bahasa Arab. Huruf Hijaiyah juga disebut dengan abjad Arab. Sama seperti huruf pada umumnya, jika kita tidak mengetahui huruf tersebut maka akan kesulitan dalam membaca.

Jadi perlu sedari dini diperkenalkan dengan huruf Hijaiyah. Karena dengan begitu kita tidak akan kesulitan nantinya jika membaca Al Quran atau huruf Arab lainnya.

Cara menulis huruf Hijaiyah ini tentunya berbeda dengan huruf alfabet. Jika kita biasa menulis dari arah kiri ke kanan, pada huruf Hijaiyah kita menulis dari arah kanan ke kiri.

Huruf Hijaiyah terdiri dari 29 huruf Arab.

Tabel Huruf Hijaiyah

Adapun berikut ini merupakan 29 huruf Hijaiyah:

No.Huruf HijaiyahCara Baca
1اAlif
2بBa
3تTa
4ثTsa
5جJim
6جHa
7خKho
8دDal
9ذDzal
10رRo
11زZa
12س Sin
13ش Syin
14ص Shod
15ض Dhod
16ط Tho
17ظ Zho
18ع ‘Ain
19غ Ghoin
20فFa
21ق Qof
22ك Kaf
23ل Lam
24م Mim
25ن Nun
26و Wau
27هـ Ha
28ء Hamzah
29يYa
Tabel Huruf Hijaiyah

Harakat

Dalam membaca huruf Hijaiyyah pun tidak sulit. Jika kita telah tahu bagaimana cara membaca huruf tersebut maka tidaklah sulit. Huruf pada tabel di atas merupakan huruf gundul. Mengapa begitu?

Huruf gundul merupakan huruf Hijaiyyah yang tidak diberi tanda baca. Dalam huruf Hijaiyyah tanda baca disebut dengan harakat. Jika kita memberi harakat pada huruf – huruf Hijaiyah tersebut maka akan lebih mudah kita dalam membaca.

Huruf konsonan merupakan huruf Hijaiyah, sedangkan huruf vokal yaitu harakat.

Berikut ini harakat yaitu:

a. Tanda baca baris satu ( —ُ—ِ—َ )

Jika tanda di atas berupa garis horizontal kecil disebut fathah. Dibaca dengan a.

Jika di bawah berupa garis horizontal kecil disebut kasrah,. Dibaca dengan i.

Jika di atas berupa wawu disebut dhommah. DIbaca dengan u.

b. Tanda baca baris dua ( —ٌ—ٍ—ً ) atau tanwin

Tanda baca ini disebut “tanwin”, yang kejadiannya sama dengan tanda baca satu dengan dirangkap dua.

Jika tanda di atas berupa garis horizontal kecil rangkap dua dibaca dengan an.

Jika di bawah berupa garis horizontal kecil dibaca dengan in.

Jika di atas berupa wawu dibaca dengan un.

c. Tanda baca mati ( —ْ )

Tanda baca mati ini disebut dengan sukun.

d. Tanda baca ganda ( —ّ )

Tanda baca ganda ini disebut tasydid.

e. Tanda baca panjang

Tanda baca ini digunakan untuk bacaan mad, cara membacanya dipanjangkan. Biasanya dengan tanda seperti air (~) atau tanda alif kecil.

Jenis Huruf Hijaiyah

Huruf Hijaiyyah juga dibagi menjadi dua jenis yaitu:

a. Huruf Syamsiah
b. Huruf Qamariyah

a. Huruf Syamsiah

Huruf syamsiah merupakan huruf yang diawali dengan alif lam dan saat membaca huruf lam pada suatu kata tersbut dihilangkan.

Misalkan kata al syamsiah dibaca asy syamsiah.

b. Huruf Qamariyah

Huruf qamariah merupakan huruf yang diawali dengan alif lam dan saat membaca huruf lam pada suatu kata diperjelas.

Misalkan al qamariyah tetap dibaca al qamariyah.

Apa pentingnya belajar huruf Hijaiyah?

Huruf Hijaiyyah merupakan cikal bakal kita dalam mempelajari bahasa Arab. Sama halnya dengan orang Jawa yang memiliki aksara Jawa atau orang Lampung yang memiliki aksara Lampung. Dalam bahasa Arab pun demikian.

Mempelajari bahasa Arab bukan hanya memudahkan kita dalam mempelajari AL Quran tapi juga dalam berkomunikasi dengan orang – orang dari Timur Tengah.

Membaca Al Quran juga tidak bisa asal baca saja. Setiap kata dalam Al Quran memiliki arti atau makna tersendiri. Hal inilah yang menyebabkan pentingnya membaca huruf Hijaiyyah secara tepat dan benar.

Selain itu, dengan begitu kita dapat memperkuat iman dan Islam kita kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Ayat – ayat Al Quran juga merupakan salah satu dari bacaan pada gerakan sholat. Jadi, sangat penting untuk kita mempelajarinya dengan baik.

Bagi umat Islam, belajar huruf Hijaiyyah merupakan hal wajib. Dari kecil kita diperkenalkan untuk mengetahui huruf – huruf Hijaiyyah. Kemudian kita diperkenalkan untuk mengaji.

Iqra

Sebelum membaca Al Quran, kita diperkenalkan lebih dahulu ke Iqra. Membaca Iqra dengan baik dan benar memudahkan kita dalam membaca AL Quran.

 Iqra
Iqra

Saat membaca Iqra kita diperkenalkan dengan huruf – huruf Hijaiyyah. Iqra terdiri dari 6 tingkatan. Barulah setelah itu, setelah tamat atau khatam membaca Iqra kita akan diajarkan membaca Al Quran.

Semua ada tahapannya Meskipun demikian sangat penting sekali cara membaca huruf Hijaiyyah. Karena huruf Hijaiyyah terdiri dari berbagai huruf yang memiliki cara membaca yang berbeda – beda. Jika salah membaca bisa membuat arti dari kata tersebut berubah.

Al Quran

Belajar memanglah tidak bisa hanya satu kali atau dua kali saja. Bahkan hingga kita tua belajar mengaji merupakan suatu keharusan. Kita tidak akan tahu apakah nantinya kita dapat membaca lagi atau tidak. Membaca Al Quran akan memberikan kita pahala yang berlipat.

Memahami kandungan dari Al Quran pun penting. Karena Al Quran merupakan pedoman hidup kita, pegangan hidup kita, dan petunjuk hidup kita agar dapat menjalani kehidupan sesuai dengan perintah Allah Subhanahu wa ta’ala.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai huruf Hijaiyah beserta cara membacanya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Teirma kasih.

Waktu Mustajab dalam Berdoa

_pur
3 min read

Adab Mandi Wajib

Mandi wajib diartikan dengan cara menyiramkan air ke seluruh bagian tubuh dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadas besar.
_pur
3 min read

Bacaan Ayat Kursi

Doa ibu
2 min read