Idgham Bilagunnah

2 min read

Idgham Bilagunnah

Materi kali ini merupakan bagian kedua dari pembagian Idgham, yaitu pemahaman dan contoh-contoh Idgham-Bilaghunnah bersama dengan surat-suratnya dalam Al-Quran atau nama lain yang juga disebut Idgham Bighairi Ghunnah, di mana masih tergolong dalam hukum membaca Nun dan Tanwin.

Dalam agama Islam selalu diajarkan untuk berbuat baik kepada sesama manusia. Tindakan seperti itu akan membuat hidup kita terasa damai dan nyaman. Umat Islam juga perlu belajar membaca kitab suci yang disebut Al-Quran. Buku ini membahas apa yang ada di alam semesta. Jadi, jika Anda ingin belajar membaca Al-Quran, pertama-tama Anda dapat mengenali huruf-huruf Hijaiyah dan kemudian membaca hukum bacaan yang disebut Tajwid.

Mempelajari ilmu membaca (Ilmu tajwid) tidak semudah yang Anda bayangkan. Kita harus belajar dengan hati-hati dan tegas agar tidak ada kesalahan dalam membaca Al-Quran.

Idgham Bilagunnah adalah cara membaca hukum bacaan dan kematian untuk membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Berikut adalah penjelasan Makna, surat, bacaan dan contoh dari idgham bilagunnah. Lihat pembahasan di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Pengertian Idgham Bilagunnah

Idgham bilaghunnah adalah salah satu bacaan dari Idgham dalam ilmu Tajwid. Idgham sendiri berarti meleburkan atau menggabungkan huruf Hijaiyah ke dalam huruf hijaiyah setelahnya yang disebut dengan istilah di tashdidkan. Sedangkan Billa berarti tidak atau tanpa dan Gunnah berarti jumlah.

Kemudian kita dapat menyimpulkan bahwa membaca hukum Idgham-Bilaghunnah terjadi ketika nun mati (نْ) atau Tanwin (ــًــ, ــٍــ, ــٌــ) bertemu dengan salah satu huruf idgham bilaghunnah, yaitu lam (ل) dan Ro (ر), dan dibaca dengan suara yang tidak berdengung.

Cara Membaca Idgham Bilagunnah

Maka perlu ditekankan lagi bahwa dalam membaca hukum Idgham Bilaghunnah tanpa mendengung Dan kapan kita menemukan pembacaan Tajwid Idgham Bilaghunnah ketika kita membaca Al Quran, Jadi jawabannya adalah jika Anda menemukan huruf Hijaiyah Nun Mati (Nun Sukun) atau Tanwin (AN, IN & UN) yang bertepatan dengan salah satu huruf Hijaiyah Idgham Bilaghunnah, yaitu LAM dan RO.

Dapat disimpulkan bahwa hukum Idgham Bilaghunnah yang bukan dibaca dengung adalah kebalikan dari pembacaan hukum tajwid Idgham Bighunnah karena dalam Membaca tajwid Idgham Bighunnah seharusnya membaca dengan dengung yaitu, jika huruf Hijaiyah Nun Mati atau Tanwin bertemu dengan salah satu huruf-huruf Idgham Bilagunnah.

Contoh Bacaan Idgham Bilagunnah

Berikut ini, penulis telah menyediakan contoh bacaan Tajwid Idgham Bilaghunnah sehingga anda sebagai pembaca Muslim dapat lebih memahami dan mengenal bacaan Tajwid Idgham Bilaghunnah ini.

1. Pengertian Secara Umum

Contoh bacaan Idgham Bilaghunnah di atas tidak boleh dibaca dengung karena huruf Nun Mati bertemu dengan salah satu huruf Idgham Bilaghunnah, yaitu huruf lam. Gambar di atas adalah sebagai berikut: “illam taf’al”.

Maka gambar di atas juga termasuk dalam bacaan hukum Idgham Bilaghunnah dan tidak boleh dibaca dengan dengung, karena nun mati bertemu dengan salah satu huruf Idgham Bilaghunnah, yaitu huruf ra atau ro, sehingga pada gambar diatas dibaca : “Mirrobbika”.

2. Contoh Idgham Bilagunnah di dalam Al-Quran

Contoh bacaan tajwid Idgham Bilagunnah diatas yang dibaca dalam Quran di atas, terdapat dalam Al-Quran surat Al-Qariah Ayat 7 terdapat bacaan Idgham Bilaghunnah yaitu, pada saat huruf hijaiyah Tanwin (tin/in) bertemu dengan huruf Idgham Bilaghunnah (ro) jadi tidak dibaca dengung seperti huruf berwarna merah di atas.

Contoh di atas dari hukum Tajwid Idgham Bilaghunnah dapat ditemukan dalam Al-Quran surat Al-Humazah ayat 1. Dalam Al-Humazah ayat 1 ada dua bacaan idgham bilagunnah yaitu ketika huruf Tanwin (un) bertemu dengan huruf Idgham Bilaghunnah (lam) dan yang kedua pada saat huruf tanwin bertemu dengan huruf Tanwin (in) bertemu dengan huruf Bilaghunnah Idgham (lam) sehingga tidak dibaca dengung sebagaimana hurufhuruf merah di atas.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Idgham Bilaghunnah. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda.

Qalqalah

Doa ibu
2 min read

Hukum Mad Thobi’i

Doa ibu
2 min read

Mad Wajib

Doa ibu
1 min read