Idgham Mutajanitsain

1 min read

Dari berbagai jenis Idgham dalam Tajwid seperti Idgham Bi Ghunnah, Idgham Syamsi, dll. Idgham Mutajanitsain dapat menjadi mudah dipahami dan dipelajari. Mengapa dan bagaimana Penjelasan berikut mengacu pada Idgham Mutajanitsain.

Seperti disebutkan di atas, ada berbagai jenis ideologi dalam ilmu tajwid. Secara total ada sekitar 7 Idgham yaitu : Idgham Mutamatsilain, Idgham Mutajanitsain, Idgham Mutaqaribain, Idgham Bi Ghunnah, Idgham Bila Ghunnah, Idgham Mimi dan Idgham Syamsi.

Sebelum berbicara tentang Idgham Mutajanitsain, harap dicatat bahwa pembahasan ini termasuk dalam beberapa buku lain dalam bagian Mutamatsil atau Cara Membaca 2 Surat Yang Sama yang dibagi menjadi tiga hukum.

Namun, pembahasan seperti itu akan dimasukkan dalam artikel selanjutnya. Dan dalam artikel ini, pembahasan Idgham Mutajanitsain dijelaskan secara umum.

Berikut ini adalah pengertian Idgham Mutajanitsain, Cara membaca Idgham Mutajanitsain, Contoh Bacaan dan huruf dll.

Pengertian Idgham Mutajanitsain

Dalam bahasa idgham berarti idkhaal atau sisipkan (Memasukkan).

Idgham memiliki arti sebagai berikut: Masukkan bunyi pertama ke bunyi yang kedua. Jadi itu suara huruf dicampur dengan huruf didepannya

Sementara makna dari idgham mutajanitsain yaitu : Huruf mati bertemu dengan huruf hidu dari jenis yang sama dari Makhraj, tetapi memiliki sifat yang berbeda dari huruf ta dengan to

Dalam arti lain, Idghom mutajanitsain adalah dua huruf yang sama di makhraj dan di sifat. Sederhananya, kedua surat bertemu dan yang pertama sukun.

Cara Membaca Idgham Mutajanitsain

Cara untuk membacanya adalah dengan “mengabaikan” huruf yang sukun dan segera masuk dalam huruf yang berharakat, atau huruf sukun itu dileburkan ke dalam huruf yang berharakat.

Huruf

Idghom Mutajanisain yang paling umum adalah huruf Ta’ yang bertemu dengan To’ atau Dal. Atau huruf Lam yang bertemu dengan huruf Ra’. Atau huruf Dal yang bertemu dengan huruf Ta’. Ada lagi huruf dari Idgham Mutajannisain, yaitu Dza bertemu dengan huruf Za’. Dan tambahkan yang lain jika Sa’ bertemu dengan Dza.

Huruf-huruf lain masih diklasifikasikan sebagai Idghom Mutajannisain. Namun, cara membaca berbeda dari hururf sebelumnya. Karena dalam huruf ini Anda membaca dengan memberikan dengung, bukan tanpa dengung seperti pada huruf-huruf lainnya. huruf itu adalah huruf ba’ mati yang bertemu dengan mim.

Contoh Bacaan Idgham Mutajanitsain

Contoh-contoh berikut disajikan dalam bentuk tabel. Setiap surat diberikan contoh. Sebanyak huruf Idghom, ini adalah contoh yang sama. Di kolom deskripsi, masukkan huruf yang bertemu di lafadz. Ini sebuah contoh. Oke, ini dia tabelnya.

Contoh dalam Al-Quran

Huruf Ta’ Sukun Bertemu dengan Huruf To

Q.S Al-Imran : 69

Idgham Mutajanitsain

Artinya : Segolongan Ahli Kitab ingin menyesatkan kamu, padahal (sesungguhnya) mereka tidak menyesatkan melainkan diri mereka sendiri, tetapi mereka tidak menyadari.

Huruf Ta’ Sukun bertemu dengan huruf Dal

Q.S Al-A’raf : 189

Artinya : Dialah Yang menciptakan kamu dari jiwa yang satu (Adam) dan darinya Dia menciptakan pasangannya, agar dia merasa senang kepadanya. Maka setelah dicampurinya, (isterinya) mengandung kandungan yang ringan, dan teruslah dia merasa ringan (beberapa waktu). Kemudian ketika dia merasa berat, keduanya (suami-isteri) bermohon kepada Allah, Tuhan mereka (seraya berkata), “jika Engkau memberi kami anak yang saleh, tentulah kami akan selalu bersyukur”.

Huruf Tho’ sukun bertemu dengan Huruf Ta’

Q.S Az-Zumar : 56

Contoh idgham mutajanitsain

Artinya : Agar jangan ada orang yang mengatakan, “Alangkah besar penyesalanku atas kelalaianku dalam (menunaikan kewajiban) terhadap Allah, dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang memperolok-olokkan (agama Allah)”

Qalqalah

Doa ibu
2 min read

Hukum Mad Thobi’i

Doa ibu
2 min read

Mad Wajib

Doa ibu
1 min read