Idzhar Halqi

1 min read

Idzhar Halqi – Materi Idzhar Halqi dengan penjelasan, cara membaca, huruf, dan contoh untuk membantu pembaca memahami dan mengembangkan pengetahuan yang berguna

Idzhar Halqi merupakan salah satu hukum bacaan di dalam ilmu tajwid ketika ada nun mati (Tanwin) bertemu huruf Hijaiyah. Membaca Idzhar Halqi berbeda dari Idzhar Syafawi, di mana Idzhar Syafawi adalah salah satu hukum dari mim mati bertemu huruf Hijaiyah.

Memang, ada berbagai jenis Izhar dalam ilmu Tajwid, seperti Idzhar Halqi, Izhar Syafawi dan Idzhar Qomariyah. Setiap jenis memiliki pemahaman berbeda yang dibahas di seluruh ilmu Tajwid.

Untuk meningkatkan pembacaan Quran kita, mari belajar bersama apa pembacaan Idzhar Halqi dalam ilmu Tajwid, apa saja hurufnya dan bagaimana cara membacanya,serta contoh-contoh dalam surah dan ayat-ayat Al-Quran.

Pengertian Idzhar Halqi

Dalam arti tertentu, Idzhar artinya jelas atau terlihat. Ini berarti bahwa bacaan Idzhar adalah bacaan yang dengan jelas menunjukkan huruf dari surat-surat yang terkandung dalam Lafadz. Kata Halqi sendiri merujuk pada huruf Halq, yang merupakan subjek diskusi dalam Idzhar Halqi, tentu saja selain nun mati dan sekarat.

Dari uraian idzhar dapat disimpulkan bahwa membaca idzhar halqi adalah membunyikan suara nun mati yang jelas, terang. Dan tentu saja suara nun mati itu dilepaskan langsung dari Makhraj-nya tanpa istirahatsuara huruf lain yang mencampuri.

Dalam beberapa hal, beberapa menambahkan bahwa pembacaan Idzhar bukan ghunnah. Namun, jika Anda tahu bahwa surat itu memiliki sifat standar ghunnah meskipun ghunnah hanya dibaca dalam satu harokat, penambahan ini dapat terbukti kontradiktif.

Di dalam ilmu Tajwid, idzhar halqi dibaca ketika ada nun mati atau tanwin bertemu dengan enam huruf Hijaiyah yaitu, hamzah / alif, kha, kho, Ain, ghain, dan Ha.

Ketika seorang siswa ditanya, apa bacaan izhar halqi? Maka jawaban pertama yang perlu dipertimbangkan ialah ketika nun mati atau Tanwin. Bukan mim mati atau alif lam. Lalu nun Mati bertemu dengan 6 huruf halqi yaitu, hamzah / alif, kha, kho, Ain, ghain, dan Ha.

Cara Membaca

Idzhar Halqi dibaca dengan bacaan yang jelas. Cara membaca dengan jelas di sini adalah dengan mengatakan bahwa suara nun mati terdengar bulat seperti makhroj dari mana surat itu berasal. Jadi surat Halq berdiri di depan nun mati. Karena itu setiap huruf ringan dan tidak memengaruhi suara huruf-huruf lainnya.

Memang, Idzhar sendiri disebabkan oleh jauhnya Makhroj nun dengan Makhroj dari huruf-huruf Halq. Makhroj yang jauh membuat huruf nun dan huruf Halq berbeda. Dengan demikian, suara nun mati dalam bacaan oleh Idzhar Halqi ini menjadi sangat jelas.

Ini juga berlaku untuk Tanwin. Karena sedikit banyak Tanwin adalah suara nun mati. Jadi ketika dia bertemu huruf Halq, suara nun matinya sangat jelas. Ini tentu perbedaan dari hukum bacaan Idghom yang sama sekali tidak menunjukkan suara nun.

Contoh Bacaan Idzhar halqi

Contoh Idzhar Halqi yang dapat anda gunakan untuk lebih memahami informasi di atas adalah lafadz يَنَوْئَنْ. Dalam contoh ini, ada ada nun mati yang berhadapan langsung dengan Hamzah. Contoh lain, dimana Tanwinberhadapan dengan Hamzah, pada lafadz عَذَابٌ أَلأَيمٌ.

Contoh berikutnya yang berisi huruf nun mati dan huruf هـ adalah lafadz أَنأَهْارٍ, sedangkan contoh yang berisi tanwin memenuhi هـ adalah قَوقَمٍ هَادٍ. Dalam contoh ini, ada kasrotain yang merupakan bagian dari Tanwin dan berkaitan dengan huruf هـ. Contoh berikutnya yang berisi nun mati yang bertemu dengan huruf ح adalah lafadz يَنْحْتِوُنَ. Contoh Tanwin yang bertemu huruf ح adalah لَيِمْ حَكَيِم

Materi Lainya :

Mad Badal

Doa ibu
1 min read

Hukum Nun Mati

Doa ibu
2 min read

Mad Jaiz Munfashil

Doa ibu
2 min read