Idzhar Syafawi

1 min read

Salah satu hukum bacaan dalam bab Mim Sukun adalah Idzhar Syafawi. Izhar Syafawi adalah hukum membaca dengan banyak huruf hijaiyah. Apa arti idzhar syafawi? Mengapa disebut idzhar syafawi? Dan apa saja contohnya?

Berikut ini adalah Pengertian Izhar Syafawi, Sebab-Sebab dibaca Idzhar Syafawi, Cara membaca Idzhar Syafawi beserta Contoh Idzhar Syafawi dengan lengkap.

Hukum Izhar Syafawi muncul ketika mim mati bertemu dengan huruf selain mim dan ba. Dalam pengertian ini juga Izhar Syafawi adalah hukum mim mati, jika ada huruf di depannya selain mim dan ba ‘. Mengapa? Karena jika Mim Mati bertemu Mim, maka hukum bacaan adalah Idghom Mimi, dan jika Mim Mati dan Ba bertemu, maka hukum bacaan Ikhfa adalah ‘Syafawi.

Pengertian Idzhar Syafawi

Izhar Syafawi adalah bahasa yang terdiri dari dua kata: Idzhar berarti jelas dan Syafawi berarti bibir. Idzhar Syafawi secara ilmu Tajwid dikatakan menjelaskan bunyi mim sukun ketika bertemu dengan 26 huruf Hijaiyah (semua huruf Hijaiyah kecuali Mim dan Ba).

Cara membaca ialah dengan cara menjelaskan suara mim sukun dari Makhraj-nya tanpa disertai dengan dengung atau Ghunnah.

Baca Juga : Izhar Halqi

Contoh Bacaan

Dalam Hukum Izhar syafawi dapat mengambil dua bentuk: Mim sukun dalam satu kata, Mim sukun dalam dua kata. Namun dalam Al-Quran tidak semua huruf Idzhar Syafawi bertemu dalam satu kata, sehingga pembagian Idzhar Syafawi huruf menjadi dua huruf yang bertemu dalam satu dan dua kata dan huruf yang bertemu hanya dalam dua kata muncul.

Huruf yang hanya bisa bertemu dalam dua kata berjumlah delapan huruf yaitu : ج خ ذ ص ظ غ ف ق

Izhar Syafawi huruf yang dapat bertemu dengan satu atau dua kata ada 18 huruf, yaitu: أ ت ث ح د ر ز س ش ض ط ع ك ل ن و ه ي

Contoh ini dapat ditemukan dalam Al-Quran

Idzhar Syafawi

Kami mengambil contoh-contoh di atas dari hukum Izhar Syafawi dari surat-surat pendek juz ‘amma dan juga beberapa surat dari Al-Quran sehingga kita semua dapat dengan mudah belajar tentang hukum mim mati terutama Izhar Syafawi.

Ketika mempelajari ilmu tajwid, Anda sering harus membaca dan mengamati surat-surat satu demi satu secara teratur dan hati-hati, terbiasa membaca di Tartil, sehingga Anda dapat sedikit meningkatkan bacaan Anda. Bisa jadi yang biasa, dan yang biasa harus dipaksa sedikit.

Cara Membaca

Arti kata Izhar ialah jelas. Dalam hal ini, jelas bahwa Anda benar-benar mengeluarkan bunyi atau suara Mim Mati atau suara huruf sebelum Mim Mati. Dengan kata lain, suara setiap huruf terpisah. Dapat dibedakan mana mim mati, yang merupakan nada huruf sebelum mim mati.

Maka tidak dibenarkan untuk membunyikan Izhar Syafawi dengan samar. Tidak dibenarkan membunyikan untuk waktu yang lama atau panjang seolah-olah ada suara ghunnah di dalamnya.

Namun, yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa suara Izhar Syafawi tidak boleh dipantulkan. Tentu, tetapi tidak terpental. Karena Mim Mati bukan bagian dari surat Qolqolah. Oleh karena itu perlu membaca Izhar Syafawi dengan cermat dan seksama.

Sebab-Sebab dibaca

Mengapa hukum bacaan Mim Sukun mengenai 26 huruf Hijaiyah disebut sebagai Izhar Syafawi? Dinamai izhar karena pembacaan mimnya dengan jelas. Dan itu disebut Syafawi karena Mim adalah huruf yang berasal dari bibir.

Mengapa membacanya harus dibaca dengan jelas? Karena Mamhraj-Mim dengan 26 huruf izhar syafawi biasanya berjauhan, dengan pengecualian huruf wau dan fa, yang sama dari bibir.

Alasan mengapa wau dan fa masih dibaca sebagai izhar adalah karena kedekatan dari Makhraj dan kesamaan dari Makhraj yang dimilikinya.

Qalqalah

Doa ibu
2 min read

Hukum Mad Thobi’i

Doa ibu
2 min read

Mad Wajib

Doa ibu
1 min read