Ikhfa Haqiqi

1 min read

Ikhfa Haqiqi

Ikhfa Haqiqi – Pembacaan Alquran yang fasih memang sesuatu yang diinginkan oleh semua umat Islam. Tetapi tentu tidak mudah, kita harus belajar lebih keras untuk mencapai level ini. Salah satu pelajaran yang bisa digunakan untuk membaca Al-Quran adalah memahami pelafalan dan surat-surat penting lainnya. Ada banyak surat yang bisa Anda pelajari, dan salah satunya adalah huruf Ikhfa, yang akan kita bahas pada kesempatan ini.

Dalam artikel ini kami tidak hanya memperkenalkan huruf-huruf khfa. Kami juga akan membahas arti Ikhfa dengan contoh-contohnya dalam surat-surat Al-Quran. Sehingga nanti Anda bisa mempelajari sendiri huruf Ikhfa dengan lebih mudah.

Ikhfa merupakan salah satu hukum tajwid ketika membaca Al-Quran yang baik dan benar, yaitu hukum nun mati dan Tanwin. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang apa huruf-huruf itu dan juga contoh-contoh dan cara membacanya.

Dalam diskusi kali ini adalah ikhfa haqiqi, sebuah hukum untuk membaca Alquran dalam hukum nun mati atau Tanwin, yang berbeda dengan ikhfa syafawi. Apabila ikhfa syafawi berada dalam hukum mim mati.

Pengertian Ikhfa Haqiqi

Secara bahasa ikhfa ‘memiliki arti kabur (samar). Dalam hal ini, samar untuk melafalkan bacaan antara Izhar dan Idghom. Ada juga yang mengatakan secara samar-samar tentang bunyi nun mati dalam bacaan terkait. Namun demikian, kesimpulannya tetap sama, yaitu tidak jelas ( samar).

Sedangkan menurut pemahaman hukum Tajwid, Ikhfa adalah hukum yang tertanam dalam pembacaan nun mati atau Tanwin ketika bertemu dengan salah satu dari 15 huruf Hijaiyah.

Ikhfa sendiri bukan hanya hukum dalam pembahasan Nun Mati dan Tanwin. Ikhfa ‘juga ada di bagian Mim Mati, tetapi nama Ikhfa’ diberi tambahan Syafawi. Penambahan ini adalah indikasi bahwa dalam diskusi tentang Mim mati, bukan tentang nun mati dan Tanwin.

Cara Membaca Ikhfa Haqiqi

Ikhfa ialah membunyikan samar antara Idzhar dan Idghom. Ikhfa berada di tengah posisi membaca. Karena pembacaan Ikhfa ini memiliki Idghom yang tidak jelas atau samar, bunyi Ghunnah yang dibawa oleh Idghom juga dibaca. Ya, Ikhfa memiliki ghunnah yang tidak jelas atau samar.

Contoh Ikhfa Haqiqi

Berapa panjang Ghunnah di Ikhfa? Ghunnah dalam bacaan Ikhfa adalah dua harakat panjangnya. Oleh karena itu, perlu untuk memeriksa orang-orang yang membaca Al-Quran dengan cermat untuk memperhatikannya. Bukan hal yang aneh bagi orang yang membaca Ikhfa untuk membaca ‘tanpa memperhatikan panjang dengungnya. Memang, ada banyak cara untuk membacanya tanpa dengung dan langsung lanjut begitu saja.

Huruf Ikhfa Haqiqi

Jumlah huruf ikhfa adalah huruf-huruf yang juga ada dalam hukum bacaan lainnya dalam pembahasan Nun Mati dan Tanwin. Berjumlah 15 yang mungkin sulit diingat. Karena alasan ini, huruf-huruf Ikhfa biasanya ditempatkan di akhir kata yang membentuk sebuah syair yang mudah diingat. Dengan cara ini Anda dapat lebih mudah menyebutkan semua huruf Ikhfa.

Contoh Bacaan Ikhfa Haqiqi

Ada banyak contoh bacaan Ikhfa dalam Al Qur’an, seperti surat pendek dan lain-lain. Berikut adalah beberapa contoh kecil dari huruf Ikhfa yang dapat Anda lihat dalam ayat-ayat Alquran.

Pada gambar di atas tabel Anda dapat melihat contoh surat Ikhfa yang bertemu dengan nun mati. Anda juga dapat menemukannya di surat-surat Al-Quran yang tercantum di atas.

Untuk membaca, kita ambil contoh dari nomor 15. Dalam contoh ini, suara nun mati di إن tidak terbaca dengan jelas, tetapi harus dibaca secara samar. Jadi kita mengambil tengah antara Idzhar dan Idghom.

Baca Juga :

Mad Badal

Doa ibu
1 min read

Hukum Nun Mati

Doa ibu
2 min read

Mad Jaiz Munfashil

Doa ibu
2 min read