Arti dan Keutamaan Kalimat Innalillahi wa innailaihi rajiun

2 min read

Innalillahi wa innailaihi rajiun

Arti dan Keutamaan Kalimat Innalillahi wa innailaihi rajiun – Apabila ada seseorang baik itu keluarga atau pun orang lain yang meninggal dunia, maka setelah mendengar beritanya kita langsung menyebut Innalillahi wa innailaihi rajiun. Berita kematian seseorang memanglah mudah sekali membuat emosi kita terbawa.

Apalagi jika orang tersebut adalah orang yang terdekat dengan kita. Kita akan merasa seperti mati rasa dan begitu terpuruk. Meskipun demikian, dalam Islam kita diperintahkan untuk kuat dan mengucapkan kalimat innalillahi wa innailaihi rajiun. Kalimat tersebut merupakan kalimat yang digunakan ketika kita mendengar berita kematian.

Tapi tahukah kamu bagaimana arti dari innalillahi wa innailaihi rajiun? Bagaimana dengan keutamaan kalimat tersebut? Apakah kalimat tersebut hanya diucapkan ketika mendengar berita kematian saja? Berikut ini akan dibahas mengenai arti dan keutamaan dari kalimat Innalillahi wa innailaihi rajiun. Simak ya ulasan kali ini.

Setiap orang memiliki takdir dan kodratnya masing – masing. Manusia tidak akan pernah tahu kapan ia akan meninggal. Hanya Allah Subhanahu wa ta’ala yang mengetahui takdir seseorang.

Ketika mendengar berita kematian seseorang, bagaimana perasaanmu? Sungguh mendengar berita kematian sungguhlah menggoyahkan hati. Dalam Islam kita diperintahkan untuk mengucapkan suatu kalimat ketika mendengar suatu musibah. Begitu pula jika diri sendiri mengalami musibah.

Kita diperintahkan untuk mengucap ucapan istirja. Ucapan istirja merupakan kalimat ketika mendengar suatu musibah yang terjadi, baik itu kepada orang lain atau pun diri sendiri.

Kematian merupakan suatu musibah, tetapi tidak hanya kematian yang termasuk ke dalam musibah. Musibah bisa aja seperti suatu bencana baik itu banjir, kebakaran, kecelakaan, atau hal lain baik itu musibah yang sepele atau pun yang besar.

Jika mengalami suatu musibah yang menimpa diri sendiri atau orang lain dapat mengucapkan innalillahi wa innailaihi rajiun. Sebagaimana yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

الَّذِيْنَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيْبَةٌ قَالُوْا إِنَّا لِلهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ

Artinya: “(yaitu) orang – orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Innalillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”.” (QS. AL Baqarah ayat 156)

Bacaan Innalillahi wa innaiaihi rajiun

Adapun berikut ini merupakan kalimat innalillahi wa innailaihi rajiun yang dilengkapi dengan Arab, Latin, dan artinya.

Innalillahi wa innailaihi rajiun

Bacaan Arab

إِنَّا لِلهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ‎

Bacaan Latin

Innaalillaahi wa innaailaihi raaji’un.

Artinya: “Sesungguhnya kita milik Allah dan sesungguhnya kepada Allah-lah tempat kita akan kembali.”

Pada hadits yang diriwayatkan oleh Muslim pun disebutkan perihal ucapan istirja.

مَا مِنْ مُسْلِمٍ تُصِيْبُهُ مُصِيْبَةٌ فَيَقُوْلُ مَا أَمَرَهُ اللهُ: إِنَّا لِلهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ، اللَّهُمَّ أَجِرْنِي فِي مُصِيْبَتِي وَأَخْلُفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا، إِلَّا أَخْلَفَ اللهُ لَهُ خَيْرًا مِنْهَا

Artinya: “Jika ada seorang Muslim yang sedang mengalami musibah, kemudian mengucapkan kalimat yang Allah perintahkan innalillahi wa innailaihi rojiun. Ya Allah berikanlah pahala untuk musibahku, dan gantilah untukku dengan sesuatu yang lebih baik darinya. Maka Allah akan mengganti untuknya dengan yang lebih baik.” (HR. Muslim)

Keutamaan Kalimat Innalillahi wa innailaihi rajiun

Kalimat ini merupakan kalimat yang harus kita biasakan untuk diucapkan meskipun bukan ketika mendengar kematian seseorang. Kalimat ini juga memiliki keutamaan yang masyaAllah luar biasa.

Adapun keutamaan dari kalimat innalillahi wa innailaihi rajiun yaitu sebagai berikut:

a. Meningkatkan rasa ikhlas dan tawakal
b. Sabar dalam menghadapi ujian
c. Emosi terkontrol
d. Mengurangi beban dalam hati

Dengan mengucapkan kalimat innalillahi wa inna ilaihi rajiun kita lebih meyakini adanya Allah Subhanahu wa ta’ala. Di mana hanya kepada Allah Subhanahu wa ta’ala tempat kita memohon. Segala yang ada di dunia ini hanya bersifat fana.

Kehidupan kita baik itu nyawa atau pun harta semua milik Allah Subhanahu wa ta’ala yang merupakan titipan yang harus kita jaga dan pertangungjawabkan. Semua akan kembali kepada-Nya.

Karena tidak ada yang abadi di dunia ini. Dengan membaca kalimat istiraj ini menjadikan kita lebih kuat dalam menghadapi musibah yang menimpa. Berserah diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas segala hal yang terjadi.

Jadi biasakanlah mulai dari sekarang apabila mendengar atau mengalami suatu musibah, maka ucapkanlah innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Agar kita lebih kuat, ikhlas, dan sabar dalam menghadapi segala musibah.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai kalimat innalihllahi wa innailaihi rajiun. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.