Kalimat Bismillah : Bacaan Arab, Latin, dan Indonesia, serta Manfaatnya

2 min read

Kalimat Bismillah

Kalimat Bismillah : Bacaan Arab, Latin, dan Indonesia, serta Manfaatnya – Siapa yang tidak mengetahui dengan kalimat bismillah? Bagi kaum Muslimin kalimat ini merupakan kalimat yang simple dan sering sekali diucapkan.

Kalimat bismillah sudah seperti kalimat pembuka dan doa untuk segala kegiatan. Hampir tiap umat Muslim di tiap harinya mengucapkan kalimat itu.

Lalu bagaimana dengan kalimat bismillah dan manfaatnya?

Berikut ini akan dijelaskan mengenai bacaan Arab, Latin, dan Indonesia, beserta manfaat dari kalimat bismillah. Simak terus ya.

Pengertian Bismillah

Bismillah atau biasa juga disebut dengan basmalah merupakan kalimat yang biasa dibaca oleh umat Muslim sebagai ucapan pembuka.

Berikut ini kalimat dari bismillah:

بِسْمِ ٱللَّٰهِ

Bismillah.

Artinya: “Dengan nama Allah.”

atau basmalah dalam bahasa Arab yaitu بسملة yang merupakan ucapan pembukaan.

Kalimat basmalah juga digunakan oleh Nabi Sulaiman as. ketika mengirimkan surat kepada Ratu Bilqis menggunakan kalimat bismillah. Hal ini tercantum pada sebuah surat dalam Al Quran, yaitu:

إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

Artinya: “Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi) nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.” (QS. An Naml ayat 30)

Kalimat bismillah merupakan kalimat yang umum digunakan tiap umat Muslim ketika memulai melakukan sesuatu.

Bacaan Bismillah Lengkap

Untuk lebih lengkapnya kalimat bismillah yaitu:

Bismillah

Bacaan Arab Bismillah Lengkap

بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Bacaan Latin Bismillah Lengkap

Bismillaahir rahmaanir rahiim.

Terjemahan Arti Bacaan Bismillah Lengkap

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Manfaat Kalimat Bismillah

Allah SWT. tidak membebankan umat Nya dalam melakukan segala sesuatu. Bahkan ketika memulai sesuatu dan disertai dengan niat, doa yang umum bisa kita gunakan yaitu dengan membaca bismillah.

Kalimat basmalah merupakan kalimat yang memiliki banyak manfaatnya. Kalimat yang simple dan mudah untuk diucapkan yaitu bismillah.

Bismillah merupakan pembuka dari doa dan ucapan kita.

Adapun beberapa manfaat dari kalimat basmallah yaitu sebagai berikut:

a. Perisai dari gangguan setan

Ketika kita membaca bismillah, setan tidak akan berdaya. Hal ini merupakan perisai yang baik untuk melindungi kita dari godaan setan. Pada sebuah hadits disebutkan bahwa:

“Barang siapa yang membaca

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

pada setiap hari di waktu subuh dan sore sebanyak 3 kali maka tidak akan keburukan baginya perkara apapun.” (HR. At Tirmidzi)

Berdasarkan hadits tersebut kalimat basmalah dapat kita baca ketika kita membaca doa pagi dan doa sore.

b. Pembuka pintu rezeki

Salah satu manfaat ari bismillah merupakan pembuka pintu rezeki. Dengan kalimat yang sederhana ini bukankah bukan perkara yang berat jika ingin mencari nafkah? Hanya dengan membaca bismillah, Allah SWT. membantu kita dalam mencari rezeki.

c. Obat dari penyakit

Kalimat basmalah merupakan obat dari segala penyakit. Ketika kita sakit, dan berobat janganlah lupa untuk membaca bismillah. Karena hanya Allah SWT. yang dapat menyembuhkan kita dari berbagai penyakit yang menimpa kita. Sama halnya dengan meminum obat.

Libatkanlah Allah SWT. dalam mencari kesembuhan atas penyakitmu. Sehebat dan sepintar apapun dokter yang merawat kamu, tidak akan dapat menyembuhkan kamu jika Allah SWT. tidak memberikan kesembuhan atas kamu.

d. Mengecilkan dan melemahkan setan

Bismillah merupakan kalimat yang dapat melemahkan kekuatan setan. Dengan membaca kalimat ini, setan tidak dapat menjadi lebih besar lagi melainkan akan menjadi kecil bentuknya.

Dalam sebuah kisah disebutkan bahwa:

Walid Abdul Malih pernah berkata: “Aku pernah dibonceng Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam di atas keledainya. Saat keledai itu tersandung, aku berkata: “Celakalah setan!” Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah berkata seperti itu sebab setan akan membesar sampai sebesar rumah lalu berkata: “Aku telah membantingnya dengan kekuatanku.”. Akan tetapi, bacalah Bismillah, sebab bila kamu membaca itu (bismillah) ia (setan) akan mengecil hingga sekecil lalat.”” (HR. Abu Daud dan An Nasa’i)

Oleh karena itu, biasakanlah mengucapkan kalimat basmalah di setiap ucapan dan kegiatan kita. Agar kita selalu dilindungi oleh Allah SWT. dan setan tidak dapat mengganggu kita.

Baca Juga:

Demikian penjelasan mengenai kalimat bismillah dari bacaan hingga manfaatnya yang telah dijelaskan secara lengkap dan jelas. Semoga kita dapat terus mengamalkan kalimat basmalah dalam melaksanakan setiap kegiatan yang kita lakukan dan mengawalinya dengan kalimat basmalah. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *