Kata Bijak Islami Terbaru

3 min read

Kata Bijak Islami Terbaru

Kata Bijak Islami Terbaru – Setiap hal yang terjadi dalam hidup ini selalu ada maksud yang tertanam dari semua kejadian itu. Baik itu bencana atau pun kebahagiaan.

Setiap manusia dalam hidupnya pernah mengalami yang namanya bahagia, tiba – tiba merasa sedih, kecewa, dan perasaan lainnya.

Bagi beberapa orang untuk menjalani hidup dengan penuh semangat dan berpikir positif, perlu adanya semangat dan motivasi yang mendukung. Dengan kata – kata bijak pun dapat membantu orang lain untuk terus menanamkan hal – hal positif dalam dirinya.

Dengan berpikir positif, diri kita selalu diliputi hal – hal yang baik yang akan terus tertanam dalam otak dan hati kita. Lebih dapat menjalani hidup dengan penuh rasa syukur dan tenang. Tentunya, yang terpenting yaitu kita selalu berpikir positif dan mempunyai aura positif juga yang dapat kita sebarkan kepada orang lain terutama orang -orang terdekat kita.

Kata – kata bijak itu bisa kita dapatkan darimana saja. Seperti halnya dengan Al Qur’an. Al Qur’an dapat memberikan inspirasi berupa motivasi dan semangat untuk kita menjalani setiap kondisi dalam kehidupan kita. Karena Al Qur’an merupakan firman – firman yang Allah SWT. turunkan yang menjadi pedoman bagi umat Muslim. Dari situ kita bisa mendapatkan kata – kata bijak yang akan selalu menjadikan diri kita berpikir positif dalam menjalani hidup.

kata-bijak

Berikut ini merupakan beberapa kata – kata bijak Islami yang dapat memotivasi diri kita dalam menjalani kehidupan, yaitu sebagai berikut:

Rencana jahat akan menimpa kembali kepada orang yang merencanakannya sendiri.

Berdasarkan firman Allah SWT. dalam Al Qur’an surat Fatir ayat ke 43, yaitu:

اسْتِكْبَارًا فِي الْأَرْضِ وَمَكْرَ السَّيِّئِ ۚ وَلَا يَحِيقُ الْمَكْرُ السَّيِّئُ إِلَّا بِأَهْلِهِ ۚ فَهَلْ يَنْظُرُونَ إِلَّا سُنَّتَ الْأَوَّلِينَ ۚ فَلَنْ تَجِدَ لِسُنَّتِ اللَّهِ تَبْدِيلًا ۖ وَلَنْ تَجِدَ لِسُنَّتِ اللَّهِ تَحْوِيلًا

Artinya:
“Karena kesombongan (mereka) di muka bumi dan karena rencana (mereka) yang jahat. Rencana yang jahat itu tidak akan menimpa selain orang yang merencanakannya sendiri. Tiadalah yang mereka nanti-nantikan melainkan (berlakunya) sunnah (Allah yang telah berlaku) kepada orang-orang yang terdahulu. Maka sekali-kali kamu tidak akan mendapat penggantian bagi sunnah Allah, dan sekali-kali tidak (pula) akan menemui penyimpangan bagi sunnah Allah itu.” (QS. Fatir ayat 43)

Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolong kamu.

Allah SWT. telah berfirman di dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat ke 153, yaitu:

أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِين

Artinya:
“Hai orang – orang yang beriman, mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat, sesungguhnya Allah beserta orang – orang yang sabar.” (QS. Al Baqarah ayat 153)

Berbaktilah kepada kedua orang tua, sungguh besar yang mereka lakukan untuk kamu.

Firman Allah SWT. dalam Al Qur’an surat Luqman ayat 14 yaitu sebagai berikut:

وَ وَصَّیۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَیۡہِ ۚ حَمَلَتۡہُ اُمُّہٗ وَہۡنًا عَلٰی وَہۡنٍ وَّ فِصٰلُہٗ فِیۡ عَامَیۡنِ اَنِ اشۡکُرۡ لِیۡ وَ لِوَالِدَیۡکَ ؕ اِلَیَّ الۡمَصِیۡرُ

Artinya:
“Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah – tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada – Ku dan kepada dua orang ibu bapak kamu, hanya kepada – Kulah kembalimu.” (QS. Luqman ayat 14)

Bersama kesulitan itu selalu ada kemudahan.

Berdasarkan firman Allah SWT. dalam Al Qur’an surat Al Insyirah ayat ke 5, yaitu:

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Artinya:
“Maka sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Al Insyirah ayat 5)

Laki – laki yang baik yaitu untuk bersama perempuan yang baik, begitu pula sebaliknya, perempuan – perempuan yang baik yaitu untuk laki – laki yang baik pula.

Allah SWT. telah berfirman dalam Al Qur’an di surat An Nur ayat ke 26, yaitu sebagai berikut:

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ ۖ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ ۚ أُولَٰئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَ ۖ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ

Artinya:
“Perempuan – perempuan yang keji adalah untuk laki – laki yang keji, dan laki – laki yang keji adalah untuk perempuan – perempuan yang keji (pula), dan perempuan – perempuan yang baik adalah untuk laki – laki yang baik dan laki – laki yang baik adalah untuk perempuan – perempuan yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga).” (QS. An Nur ayat 26)

Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, tetapi boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

Berdasarkan firman Allah SWT. yang terdapat dalam ayat Al Qur’an surat Al Baqarah ayat ke 216, yaitu:

كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَكُمْ ۖ وَعَسَىٰ أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۖ وَعَسَىٰ أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Artinya:
“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Tetapi boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqarah ayat 216)

Ketika hati sedang dalam keadaan gundah – gulana atau galau. Maka ingatlah Allah SWT. karena dengan mengingat Allah SWT., hati kita akan menjadi tenteram.

Allah SWT. telah berfirman dalam Al Qur’an di surat Ar Ra’d ayat ke 28, yaitu sebagai berikut:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Artinya:
“(yaitu) orang – orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah – lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar Ra’d ayat 28)

Bersabar dan memaafkan adalah hal yang utama.

Berdasarkan firman Allah SWT. yang terdapat dalam ayat Al Qur’an surat Asy Syura ayat ke 43, yaitu:

وَلَمَنْ صَبَرَ وَغَفَرَ إِنَّ ذَٰلِكَ لَمِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

Artinya:
“Tetapi barang siapa yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal – hal yang diutamakan.” (QS. Asy Syura ayat 43)

Jangan berhenti menjadi orang baik.

Berdasarkan firman Allah SWT. yang terdapat dalam Al Qur’an surat Az Zalzalah ayat ke 7, yaitu:

فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ

Artinya:
“Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.” (QS. Az Zalzalah ayat 7)

Baca Juga :

Demikianlah kata – kata bijak Islami yang telah dipaparkan. Semoga kata – kata bijak tersebut dapat memberikan energi positif untuk kamu dalam menjalankan kehidupan kamu. Terus semangat ya. Terima kasih.

Ajaran Sunan Giri

_pur
3 min read

Ajaran Sunan Gunung Jati

_pur
3 min read