Kata – Kata Motivasi Belajar agar Kembali Semangat

2 min read

Kata Motivasi Belajar

Kata – Kata Motivasi Belajar agar Kembali Semangat – Pendidikan merupakan hal yang wajib bagi tiap orang. Pendidikan bisa didapatkan di pendidikan formal. Meskipun begitu, pendidikan tidak hanya didapatkan di lembaga formal saja, tetapi bisa di lembaga non formal atau pun di lingkungan sekitar kita.

Menuntut ilmu merupakan suatu kewajiban. Allah Subhanahu wa ta’ala memerintahkan kita untuk terus mencari ilmu di mana pun dan tak kenal usia. Tetapi terkadang belajar juga akan mengalami titik jenuh. Di mana sudah belajar sejak kecil. Padahal ilmu yang didapatkan bisa beraneka ragam. Belajar juga dapat membuat jalan untuk kita meraih sukses. Meskipun kesuksesan seseorang tidak semuanya dipengaruhi oleh pendidikan yang ia jalani.

Di saat seseorang mengalami masa jenuh dalam meraih mimpinya. Di saat seperti itu salah satu cara agar dapat membangkitkan semangat yaitu dengan mengucapkan kata – kata yang memotivasi secara positif. Tahukah kamu kata – kata motivasi yang tepat yang dapat membangkitkan semangat kamu dalam meraih impian kamu?

Ulasan kali ini mengenai kata – kata motivasi yang dapat membangkitkan semangat dalam meraih mimpi dan menuju kesuksesan. Simak terus ya.

Kata Motivasi Belajar

Dalam Islam, setiap orang memiliki derajat yang sama. Tidak ada yang membedakan meskipun orang tersebut memiliki kekayaan atau tidak, putih tau hitam, semua sama saja. Yang membedakan tiap orang di mata Allah Subhanahu wa ta’ala hanya ketakwaannya. Oleh karena itu, untuk meraih mimpi dan kesuksesan tiap orang memiliki peluang yang sama. Tinggal seberapa keras ikhtiar kita dalam mewujudkannya.

Selain itu, Allah Subhanahu wa ta’ala memerintahkan hamba-Nya untuk menuntut ilmu dan memperdalam ilmunya. Orang yang berilmu dan tidak berilmu tentulah berbeda. Jika seseorang memiliki ilmu, dia bisa membedakan apa yang benar – benar baik dan tidak dalam menjalani kehidupan dan juga tidak mudah terjerumus ke lubang kesesatan.

Sebagaimana yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala firmankan dalam salah satu ayat Al Quran yaitu,

أَمَّنْ هُوَ قَانِتٌ آنَاءَ اللَّيْلِ سَاجِدًا وَقَائِمًا يَحْذَرُ الْآخِرَةَ وَيَرْجُوْ رَحْمَةَ رَبِّهِ ۗ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِيْنَ يَعْلَمُوْنَ وَالَّذِيْنَ لَا يَعْلَمُوْنَ ۗ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الْأَلْبَابِ

Artinya: “(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu – waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedangkan ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: “Adakah sama orang – orang yang berilmu dengan orang – orang yang tidak berilmu?” Sesungguhnya orang yang berakal yang dapat menerima pelajaran.” (QS. Az Zumar ayat 9)

Berikut ini merupakan kata – kata motivasi dalam Islam yang dapat meningkatkan semangat kamu dalam belajar.

Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia sangat baik untuk kamu. Dan boleh jadi kamu menyukai seuatu padahal ia sangat buruk untuk kamu. Allah mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui.

Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta’ala,

كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَكُمْ ۖ وَعَسَىٰ أَنْ تَكْرَهُوْا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۖ وَعَسَىٰ أَنْ تُحِبُّوْا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ ۗ وَاللهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ

Artinya: “Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqarah ayat 216)

Belajar membutuhkan kesabaran, sabar dalam mempelajarinya dan juga sabar dalam hal lainnya. Oleh karena itu, wajar jika seseorang merasa jenuh atau pun down ketika sedang belajar. Seseorang bisa saja kesulitan ketika sedang mempelajari sesuatu hal. Atau terdapat faktor lain yang membuat semangat belajar kita terganggu. Meskipun begitu, kita harus tetap semangat dalam menggapai kesuksesan. Kesuksesan tidak hanya perihal dunia saja, tetapi juga akhirat. Harus berimbang agar Allah Subhanahu wa ta’ala meridhoi apa yang kita kerjakan dan mendatangkan keberkahan di dalamnya.

Tidak apa gagal berulang kali, asalkan dapat terus bangkit dan berusaha hingga berhasil.

لَا يُكَلِّفُ اللهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِيْنَ

Artinya: “Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kadar kesanggupannya. Ia mendapatkan pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapatkan siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang – orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.” (QS Al Baqarah ayat 286)

Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kadar kesanggupannya.

Seberat apapun masalah yang menimpa seseorang ketika menuntut ilmu, semua akan terlewati. Dekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dan belajarlah dengan bersungguh – sungguh, insya Allah semua akan terlewati dengan baik.

فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ ۖ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ

Artinya: “Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah: “Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki Arsy yang Agung.” (QS. At Taubah ayat 129)

Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain Dia.

Semua yang terjadi sesuai dengan kemampuan kita. Jika berat janganlah berputus asa. Istirahatlah sejenak dan mulai kembali belajar. Karena ketika kita mendekatkan diri dan percaya kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, maka semua akan dapa dilalui. Karena setiap kesulitan ada kemudahan.

Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta’ala,

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا. إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Artinya: “Maka sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Al Insyirah ayat 5-6)

Baca Juga:

Demikianlah kata – kata motivasi dalam Islam yang telah dijelaskan. Semoga kata – kata motivasi tersebut dapat meningkatkan semangat dalam belajar dan menjadikan kita pribadi yang tidak gampang menyerah dalam berusaha. Terima kasih.

Waktu Mustajab dalam Berdoa

_pur
3 min read

Adab Mandi Wajib

Mandi wajib diartikan dengan cara menyiramkan air ke seluruh bagian tubuh dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadas besar.
_pur
3 min read

Bacaan Ayat Kursi

Doa ibu
2 min read