Keajaiban Waktu Sholat Wajib

2 min read

Keajaiban Waktu Sholat Wajib

Keajaiban Waktu Sholat Wajib – Sholat merupakan kewajiban bagi tiap – tiap manusia yang harus dikerjakan di tiap waktunya. Mengerjakan sholat pun jangan ditunda – tunda.

Waktu dalam mengerjakan sholat pun memiliki keistimewaannya. Allah SWT. memerintahkan sesuatu hal kepada hambanya semua dengan maksud dan tujuan yang berakibat positif yang akan memberikan kebaikan untuk kita.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai keajaiban waktu pelaksanaan sholat wajib secara lengkap. Simak terus artikel ini ya.

Allah SWT. memerintahkan hambanya untuk melaksanakan sholat wajib sesuai dengan waktunya. Allah berfirman di dalam Al Quran pada surat An Nisa ayat 103 yaitu:

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمْ ۚ فَإِذَا اطْمَأْنَنتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ ۚ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَّوْقُوتًا

Artinya:
“Maka apabila kamu telah menyelesaikan sholat (mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah sholat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang – orang yang beriman.” (QS. An Nisa ayat 103).

Waktu pelaksanaan sholat lima waktu pun telah diterangkan oleh Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW. bersabda bahwa:

عَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ عَمْرِوٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; أَنَّ نَبِيَّ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( وَقْتُ اَلظُّهْرِ إِذَا زَالَتْ اَلشَّمْسُ وَكَانَ ظِلُّ اَلرَّجُلِ كَطُولِهِ مَا لَمْ يَحْضُرْ اَلْعَصْرُ وَوَقْتُ اَلْعَصْرِ مَا لَمْ تَصْفَرَّ اَلشَّمْسُ وَوَقْتُ صَلَاةِ اَلْمَغْرِبِ مَا لَمْ يَغِبْ اَلشَّفَقُ وَوَقْتُ صَلَاةِ اَلْعِشَاءِ إِلَى نِصْفِ اَللَّيْلِ اَلْأَوْسَطِ وَوَقْتُ صَلَاةِ اَلصُّبْحِ مِنْ طُلُوعِ اَلْفَجْرِ مَا لَمْ تَطْلُعْ اَلشَّمْسُ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Artinya:
“Waktu sholat dzuhur yaitu apabila matahari telah tergelincir hingga membentuk bayangan seseorang yang sama panjang dengannya, selama waktu ashar belum berwarna kuning. Waktu sholat maghrib yaitu selama belum terbenam syafaq (sinar merah matahari setelah terbenam). Waktu sholat isya yaitu hingga separuh malam dan waktu sholat subuh yaitu dari terbit fajar selama matahari belum terbit. Apabila matahari telah terbit, janganlah melaksanakan sholat, karena matahari terbit di antara dua tanduk setan.” (HR. Muslim).

Keajaiban Waktu Sholat Wajib

sholat1
masjid

Terdapat berbagai jenis keajaiban dalam waktu sholat wajib, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Waktu Sholat Subuh

Pengendapan lemak pada dinding pembuluh darah yang terjadi pada manusia terjadi pada saat kita tertidur. Hal ini dikarenakan tubuh kita diam dan tidak mengalami pergerakan seperti saat beraktivitas.

Saat kita melaksanakan sholat subuh, hormon kortisol meningkat. Hormon kortisol merupakan hormon aktivitas yang ada pada tubuh manusia. Selain itu, alam semesta berada dalam spektrum warna biru muda.

Warna ini berpengaruh terhadap kelenjar gondok atau kelenjar tiroid. Oleh karena itu, waktu sholat subuh berpengaruh terhadap sistem metabolisme tubuh kita. Karena dipengaruhi oleh kelenjar tiroid.

2. Waktu Sholat Dzuhur

Saat masuk waktu sholat dzuhur, alam semesta berubah warnanya menjadi menguning. Hal ini akan berpengaruh pada sistem pencernaan dalam tubuh kita dan mengganggu mood atau suasana hati kita. Hal ini disebabkan karena warna kuning dari alam semesta ini.

Berkaitan dengan keceriaan atau kegembiraan. Oleh sebab itu, jika kita mengerjakan sholat dzuhur tepat waktu, maka sistem pencernaan kita tidak akan terganggu dan mood kita akan menjadi bagus.

Bagi para pekerja, sholat dzuhur dapat membantu tubuh untuk beristirahat sejenak. Karena kerja jantung yang kelelahan saat siang hari. Dan sholat dzuhur dapat membantu jantung kita untuk relaksasi dan menjadikan kerja jantung menjadi normal.

3. Waktu Sholat Ashar

Ketika waktu sholat ashar tiba, kadar adrenalin dalam darah juga meningkat. Hal ini dapat membantu kerja jantung dan metabolisme dalam tubuh bisa bekerja kembali secara normal. Saat ini juga alam semesta berwarna jingga atau orange.

Warna jingga berpengaruh dengan daya kreativitas pada seseorang. Selain mempengaruhi daya kreativitas pada seseorang juga berpengaruh pada organ – organ sistem reproduksi pada tubuh, baik itu laki – laki atau pun perempuan.

4. Waktu Sholat Maghrib

Pada waktu sholat maghrib merupakan kebalikan dari waktu sholat subuh. Hormon kortisol menurun, sedangkan produksi hormon melatonin meningkat. Hormon melatonin menyebabkan seseorang ingin tidur dan beristirahat.

Pada saat ini, alam semesta berwarna merah. Warna ini melambangkan iblis dan jin. Oleh sebab itu, saat maghrib jin dan setan memiliki tenaga yang cukup besar. Oleh sebab itu, saat maghrib tiba kita sebaiknya tidak keluar rumah.

5. Waktu Sholat Isya

Sholat isya juga disebut dengan penutup aktivitas. Karena hormon melatonin yang semakin meningkat yang menyebabkan tubuh yang lelah berkeinginan untuk tidur.

Warna alam semesta pun berubah menjadi gelap dari yang awalnya berwarna nila. Hal itu semakin membuat tubuh ingin beristirahat dan tidur dengan nyenyak.

Kita pun dianjurkan untuk tidur setelah sholat isya. Karena tidur di waktu tersebut membuat tubuh kita istirahat. Jika kita meninggalkan sholat isya, maka kita akan merasa gelisah tak tenang.

Itulah keajaiban – keajaiban dari waktu sholat wajib. Jadi, kerjakanlah sholat wajib tepat waktu agar mendapatkan manfaat dari keutamaan sholat lainnya dan mendapatkan manfaat dari gerakan sholat, terutama untuk kesehatan tubuh kita. Jangan meninggalkan sholat wajib, karena kita akan termasuk orang – orang yang merugi.

Baca Juga:

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Keajaiban Waktu Sholat. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Ajaran Sunan Giri

_pur
3 min read

Ajaran Sunan Gunung Jati

_pur
3 min read