Keistimewaan Sholat Fardhu (Sungguh Dahyat, dan Waktu Utama)

3 min read

Keistimewaan Sholat Fardhu

Keistimewaan Sholat Fardhu – Setiap umat muslim yakni mempunyai sebuah kewajiban untuk melaksanakan sholat wajib yaitu sholat lima waktu. Hukum sholat 5 kali sehari ialah fardhu ‘ain.

Sejak usia muda kita perlu mengembangkan kebiasaan berdoa agar memasuki masa puber sudah menjadi sebuah kewajiban. Ada banyak keutamaan doa yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di dunia ini dan di akhirat. Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas tentang pengertian doa, istilah-istilah doa.

Pengertian Sholat

Dalam hal sholat berarti berdoa, sedangkan dari segi istilah sholat adalah ibadah wajib yang meliputi perkataan dan perbuatan yang diawali dengan takbiratul ihram dan dalam kondisi tertentu diakhiri dengan salam.

Intinya, sholat menghantarkan jiwa kepada Allah SWT yang dapat memunculkan rasa takut kepada Allah dan menciptakan kesadaran yang dalam akan kebesaran dan kekuasaan Allah SWT pada setiap jiwa.

Keistimewaan-Sholat-Fardhuuu

Menurut Ash Shiddieqy, doa mewakili doa yang nyata atau jiwa dari doa; adalah berharap kepada Tuhan dengan segenap hati dan jiwa, dengan segala ikhlas di hadapan Tuhan dan ikhlas, disertai dengan hati yang selalu membaca, berdoa dan memuji.

Saat Anda berdoa, Anda harus berusaha mempertahankan keterampilan khusus. Secara bahasa, khusyu ‘berasal dari kata khas yakhsya’u khusyu’an yang artinya memusatkan perhatian pada bumi dan memejamkan mata atau meringankan suaramu saat berdoa.

Khusyu “berarti lebih dekat dengan Khudhu” yang berarti penyerahan & Takhasysyu, “yang berarti membuat kita istimewa”. Khusyu ‘bisa melalui suara, gerakan tubuh, atau penglihatan. Tiga di antaranya adalah tanda spesialisasi bagi mereka yang berdoa.

Makna Sholat

Dalam sholat yakni dapat disebut sebagai doa karena semua kegiatan terkait melibatkan doa. Doa diartikan sebagai berkah karena keluhuran dan pertumbuhan dapat diolah melalui doa. Doa juga berarti permuliaan karena doa mengandung ekspresi kemuliaan bagi Allah SWT.

Adapun dalam hukum Syariah, sholat adalah ibadah kepada Tuhan dalam bentuk ucapan dan perbuatan yang lebih dikenal dengan tepat, dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam.

Hukum Sholat

Sholat merupakan salah satu dari dua rukun Islam. Sholat ini bersifat wajib dan wajib diucapkan oleh setiap muslim yang telah memenuhi syarat wajib.

Allah SWT yakni telah berfirman di sebuah Alquran Sura An Nisa ayat 103:

Surah-An-Nisa-ayat-103

Artinya :
“Sungguh, sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS. An Nisa ayat 103).

Sholat Fardhu merupakan sebuah sholat yang wajib diucapkan oleh umat Islam yang taat. Memang benar ada orang yang meninggalkan shalat karena terlalu malas, ogah-ogahan, atau disibukkan dengan hal lain. Sementara dia masih yakin bahwa shalat itu wajib.

Dalam situasi ini, dia pikir itu buruk dan tidak menaati Tuhan. Mereka yang mengetahui hal ini harus mengingatkan mereka untuk berdoa. Bagaimanapun juga, meninggalkan doa adalah dosa.

Jika dia berhenti sholat karena menolak melakukan tugasnya, ulama dan Muslim setuju bahwa dia akan dihukum sebagai kafir dan murtad. Hal ini karena kewajiban shalat telah diatur dalam dalil qath’i yang bersumber dari Alquran, As-Sunnah, dan persetujuan umat Islam.

Keistimewaan Sholat Fardhu 5 Waktu Yang Utama

Keistimewaan-Sholat-Fardhu-5-Waktu-Yang-Utama

Adapun berbagai jenis keistimewaan dalam mengejakan sholat gardhu, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Sholat yakni dapat dikatakan istimewa karena merupakan salah satu rukun Islam dan hukum melakukan sesuatu yang wajib bagi umat Islam.
  • Sholat adalah keinginan terakhir Nabi Muhammad untuk umatnya. Bagaimana kita bisa mengaku mencintai nabi, tapi doanya belum berakhir.
  • Doa adalah pilar agama. Bagaimana sebuah bangunan bisa kuat jika tiangnya rapuh atau tidak ada tiangnya, maka bangunan itu tidak sempurna. Demikian pula, agama kita tidak akan sempurna jika kita tidak berdoa.
  • Dengan melakukan shalat, Allah SWT akan selalu memberikan cinta dan kasih sayang SWT sesuai dengan janjinya.
  • Berdoa sebagai perisai dan benteng untuk mencegah kejahatan dan kejahatan. Ketika ada orang yang berdoa dan terus melakukan tindak pidana dan dosa penting lainnya. Jadi dia harus membenarkan dunianya karena doa pada umumnya dapat mencegah kejahatan dan perbuatan jahat.
  • Sholat fardhu yakni bisa menghapus dosa dan sedikit pengampunan dari Tuhan. Kita sebagai manusia biasa tidak terlepas dari kesalahan dan dosa, maka Tuhan memberikan Nabi Muhammad sebuah hadiah berupa wahyu berupa sholat 50 kali semalam sampai 5 kali.
  • Semua ini pasti menjadi alasan Tuhan memberi saya sedikit pelanggaran dengan melakukan doa ke-5.
  • Sholat yang diterima bisa menyelamatkan kita dari api neraka. Neraka Karena bagi mereka yang meninggalkan dan mengabaikan sholat.
  • Sholat sebagai ukuran bagi orang yang beriman. Amalan doa itu diberkati, Insya Allah, dan menjadi berkat bagi orang yang beriman.
  • Sholat adalah perbedaan antara mereka dan Muslim.
  • Sebagai ahli waris surga dan keabadian.
  • Sholat adalah bentuk ibadah utama, dihitung terlebih dahulu dan dijelaskan kepada Khaliq.
  • Bagi orang yang berdoa dengan rendah hati, yang terbesar diberi pahala oleh Tuhan.
  • Doa adalah tempat berdoa dan berdoa kepada Allah dan memohon pertolongan Allah SWT.
  • Saat sholat subuh dikumandangkan pasti akan disaksikan oleh para bidadari.
  • Tuhan memberikan kepribadian yang bercahaya seperti cahaya bulan purnama, terang dalam gelap, kebijaksanaan ketidaktahuan, imajinasi pikiran, perluasan hati dan kemudahan segala hal.
  • Setiap gerakan dalam sholat mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya: Gerakan dalam sholat bisa panjang atau meregang hingga menekuk tubuh dan melancarkan aliran darah dalam tubuh, meningkatkan kesuburan bagi wanita dan saat sujud, memperlancar persalinan, posisi jantung berada di atas otak sehingga menyebabkan darah bercampur dengan oksigen yang bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran darah mempengaruhi cara berpikir orang.

Tujuan Sholat

Sholat adalah landasan dan pedoman untuk setiap aktivitas dalam kehidupan manusia. Karena sholat adalah amalan yang dijalani pertama kali di akhirat.

Karenanya, sholat adalah ibadah yang mengatur segala aktivitas dan diperintahkan serta dilarang oleh Tuhan. Aktivitas manusia yang berhubungan dengan Tuhan sebagai Tuhan Pencipta disebut Habluminallah, sedangkan aktivitas manusia yang berhubungan dengan Tuhan disebut Habluminannas.

Tujuan Tuhan yang menjadikan kita adalah untuk menyembah dan menyembah perbuatan baik yang sesuai. Ibadah di sini artinya beribadah dan salah satunya adalah doa. Kita hidup hanya sedikit di dunia ini dan karena kehidupan di dunia ini adalah faktor utama di kehidupan selanjutnya, kehidupan setelah kematian adalah hidup yang kekal selamanya. Tindakan yang menentukan apakah kita pergi ke surga atau neraka adalah tujuan hidup manusia yang sebenarnya.

Al Quran dalam Surat Al Baqarah Ayat 45

Surat-Al-Baqarah-Ayat-45

Artinya :
“Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'”. (QS. Al Baqoroh : 45)

Seperti seseorang yang mengatakan kehidupan ini di game dunia ini. Di dunia ini kita diuji oleh waktu dan keadaan. Alquran mengatur segala hal yang bisa dipilih pria untuk menyembahnya sebagai penyembah berhala. Jika kita menguji di dunia ini apakah tidak mudah atau sulit, kita bisa memenangkan surga, kita tetap beriman dan bertakwa, dan sebaliknya.

Semua tindakan yang membawa kita ke surga tidak sesederhana, setajam duri. Kita diuji di dunia ini dengan cara ini untuk mencegah kejahatan, mengorbankan kekayaan untuk berperang di jalan Tuhan, apa yang bisa kita hindari yang tidak masuk akal, fitnah, gosip, dan guncangan, apa yang bisa kita doakan dan berpuasa bahkan di masa-masa sulit Situasi.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Keistimewaan Sholat Fardhu. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.