Keistimewaan Sholat Sunnah

2 min read

Keistimewaan Sholat Sunnah

Keistimewaan Sholat Sunnah Berdasarkan Dalil pada Al Quran dan Hadits – Islam merupakan agama yang Rahmatan lil Alamin. Agama yang penuh dengan kedamaian. Allah Subhanahu wa ta’ala mengutus nabi dan rasul agar menyebarluaskan ajaran agama Islam. Dengan berbagai cobaan dan rintangan yang menghadang, alhamdulillah, ajaran yang telah diajarkan terus menerus membawa kebaikan bagi sesama.

Saat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam berjuang untuk menyebarluaskan ajaran agama Islam, Allah Subhanahu wa ta’ala memberikan perintah kepada Beliau untuk melaksanakan sholat. Sholat yang wajib dikerjakan oleh seluruh umat Muslim. Tidak melaksanakan sholat fardhu maka akan mendapatkan dosa bahkan bisa ditempatkan di neraka Jahanam.

Tidak ada yang tahu apakah sholat yang dikerjakan akan diterima oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Tetapi kita harus tetap melaksanakan sholat secara benar dan khusyuk. Biarkan Allah Subhanahu wa ta’ala yang menentukan hasil akhir dari setiap ibadah kita. Karena Allah Subhanahu wa ta’a Maha Mengetahui Segala Sesuatu.

Kamu dapat menambahkan ibadah sunnah lainnya agar pahala kamu bertambah, yaitu sholat sunnah. Sholat sunnah memiliki keutamaan dan keistimewaan. Tahukah kamu apa keutamaan dari melaksanakan sholat sunnah? Berdoa kali ini akan membahas perihal keutamaan atau keistimewaan dari melaksanakan sholat sunnah. Simak terus ya.

Ibadah Sholat

Sholat fardhu yang dikerjakan merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan. Kecuali bagi orang-orang yang tidak boleh melaksanakan sholat. Berbeda halnya dengan sholat sunnah. Sama seperti namanya sholat sunnah merupakan sholat yang tidak wajib untuk dilaksanakan atau dengan kata lain sunnah.

Dengan melaksanakan sholat sunnah kita akan mendapatkan pahala tambahan. Bagi seseorang yang melaksanakan sholat sunnah, maka akan mendapatkan pahala tetapi jika tidak mengerjakannya ya tidak masalah.

Karena itu, sholat sunnah ini boleh dan tidak masalah jika dikerjakan. Tetapi sebaiknya mulailah untuk mencoba secara perlahan mengerjakan ibadah sunnah seperti sholat sunnah.

Dirutinkan setiap harinya untuk melaksanakan sholat sunnah, di mulai dari dua rakaat terlebih dahulu.

Mengapa demikian? Kita tidak tahu apakah amal ibadah kita sudah banyak atau belum. Dengan begitu kamu akan terbiasa melaksanakan sholat sunnah. Sehingga kamu tidak akan merasa terbebani atau malas dalam melaksanakan sholat sunnah.

Berikut ini merupakan keutamaan dan keistimewaan dari melaksanakan sholat sunnah di antaranya:

A. Keistimewaan Sholat Sunnah Berdasarkan Al Quran

  1. Dihapuskan dosa

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

وَأَقِمِ الصَّلَاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِنَ اللَّيْلِ ۚ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّاكِرِينَ

Artinya: “Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada sebagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.” (QS. Hud ayat 114)

  1. Berada di taman surga

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ. آخِذِينَ مَا آتَاهُمْ رَبُّهُمْ إِنَّهُمْ كَانُوا قَبْلَ ذَلِكَ مُحْسِنِينَ. كَانُوا قَلِيلا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ. وَبِالأسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman (surga) dan mata air, mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam. Dan pada akhir-akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah).” (QS. Adz Dzariyat ayat 15-18)

  1. Diangkat ke tempat terpuji

وَمِنَ الَّيۡلِ فَتَهَجَّدۡ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَ ۖ عَسٰۤى اَنۡ يَّبۡعَـثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحۡمُوۡدًا‏

Artinya: “Dan pada sebagian malam, kerjakanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra ayat 79)

B. Berdasarkan Hadits

  1. Dibuatkan istana di surga

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam,

َمَنْ صَلَّى الضُّحٰى اِثْنَتٰى عَشَرَةَ رَكْعَةً بَنَى اللهُ لَهُ قَصْرًا فِى الْجَنَّةِ

Artinya: “Barangsiapa yang mengerjakan sholat Dhuha sebanyak dua belas rakaat, Allah akan membuatkan baginya istana di surga.” (HR. At Tirmidzi dan Ibnu Majah)

  1. Dibangunkan rumah di surga

مَنْ صَلَّى فِيْ يَوْمٍ، اِثْنَتَيْ عَشْـرَةَ رَكْعَةً، تَطَوُّعًا غَيْرَ فَرِيْضَةٍ، بَنَى اللهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ.

Artinya: “Barangsiapa yang mengerjakan sholat sunnah selain sholat fardhu dalam sehari sebanyak dua belas rakaat, maka Allah pasti akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga.” (HR. Muslim)

  1. Pelengkap sholat wajib

Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ النَّاسُ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ أَعْمَالِهِمُ الصَّلاَةُ قَالَ يَقُولُ رَبُّنَا جَلَّ وَعَزَّ لِمَلاَئِكَتِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ انْظُرُوا فِى صَلاَةِ عَبْدِى أَتَمَّهَا أَمْ نَقَصَهَا فَإِنْ كَانَتْ تَامَّةً كُتِبَتْ لَهُ تَامَّةً وَإِنْ كَانَ انْتَقَصَ مِنْهَا شَيْئًا قَالَ انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِى مِنْ تَطَوُّعٍ فَإِنْ كَانَ لَهُ تَطَوُّعٌ قَالَ أَتِمُّوا لِعَبْدِى فَرِيضَتَهُ مِنْ تَطَوُّعِهِ ثُمَّ تُؤْخَذُ الأَعْمَالُ عَلَى ذَاكُمْ

Artinya: “Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan dihisab pada manusia di hari kiamat nanti adalah sholat. Allah ‘azza wa jalla berkata kepada para malaikat-Nya dan Dia-lah yang lebih tahu, “Lihatlah pada sholat hamba-Ku. Apakah sholatnya sempurna ataukah terdapat kekurangan? Apabila sholatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna pula. Namun apabila dalam sholatnya ada sedikit kekurangan, maka Allah berfirman: “Lihatlah, apakah hamba-Ku memiliki sholat sunnah. Apabila hamba-Ku memiliki sholat sunnah, maka Allah berfirman: “Sempurnakanlah untuk hamba-Ku kekurangan yang ada pada ibadah wajib dengan sholat sunnahnya.” Kemudian amalan lainnya akan diperlakukan sama seperti itu.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad)

  1. Diberikan kebajikan

Abu Umamah Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

مَا أَذِنَ اللهُ لِعَـبْدٍ فِيْ شَيْءٍ أَفْضَلَ مِنْ رَكْعَتَيْنِ يُصَلِّيْهِمَا، وَإِنَّ الْبِرَّ لَيُذَرُّ فَوْقَ رَأْسِ الْعَبْدِ مَا دَامَ فِيْ صَلاَتِهِ

Artinya: “Tidak ada sesuatu yang lebih baik yang Allah izinkan kepada seorang hamba selain melaksanakan sholat dua rakaat dan sesungguhnya kebajikan akan bertaburan di atas kepala seorang hamba selama dia mengerjakan sholat.” (HR. At Tirmidzi)

Terbiasa melakukan perbuatan baik akan mendatangkan hal-hal baik pada diri kita dan juga orang-orang di sekitar kita. Teruslah berbuat baik dan perbaiki diri menjadi lebih baik lagi. Terus dekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Jangan pernah merasa lelah dan lemah dalam beribadah.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai keutamaan dan keistimewaan dari melaksanakan sholat sunnah berdasarkan Al Quran dan hadits yang telah dijelaskan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Amiin ya rabbal alamiin. Terima kasih.

Ajaran Sunan Giri

_pur
3 min read

Ajaran Sunan Gunung Jati

_pur
3 min read