Keutamaan dari Bulan Ramadhan

2 min read

Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan dari Bulan Ramadhan – Bulan Ramadhan tidak terasa tinggal sebentar lagi. Sebulan lagi kita akan bertemu dengan bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh ampunan. Bulan yang dinanti – nanti oleh seluruh umat Muslim.

Pahala yang berlipat ganda merupakan salah satu keutamaan dari bulan Ramadhan. Masih banyak lagi tentunya keutamaan dari bulan Ramadhan yang bisa kita peroleh.

Berikut ini akan dijabarkan mengenai keutamaan – keutamaan dari bulan Ramadhan yang bisa kita rasakan.

Keutamaan Bulan Ramadhan
Masjid

Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan dalam tahun Hijriah. Pada bulan Ramadhan setiap umat Islam diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Selain itu bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan yang bisa kita peroleh.

Keutamaan Bulan Ramadhan

Berikut ini merupakan beberapa keutamaan dari bulan Ramadhan di antaranya yaitu:

a) Pintu rahmat dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan di belenggu

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

Artinya: “Jika masuk bulan Ramadhan, pintu – pintu rahmat dibuka, pintu – pintu neraka ditutup dan setan – setan pun diikat dengan rantai.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Berdasarkan hadits tersebut, bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang mulia.

b) Doa – doa akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Salah satu keutamaan bulan Ramadhan yaitu doa – doa yang kita panjatkan akan dikabulkan oleh Allah SWT. Karena bulan Ramadhan mustajab untuk berdoa.

Jabir bin ‘Abdillah berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

Artinya: “Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan.” (HR. Al Bazaar)

c) Dosa – dosa akan diampuni oleh Allah SWT.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata:

عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : قَالَ مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Barang siapa yang menunaikan sholat di malam lailatul qadar dengan keimanan dan mengharap ridha Allah, maka Akan diampuni dosa – dosa yang terdahulu. Dan barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan keimanan dan mengharap ridha Allah, maka diampuni dosa – dosa yang terdahulu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda dalam hadits berikut ini bahwa:

الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ

Artinya: “Sholat lima waktu, antara sholat Jum’at ke Sholat Jum’at dan Ramadhan ke Ramadhan penghapus dosa di antara keduanya, jika dijauhi dosa – dosa besar.” (HR. Muslim)

Untuk mendapatkan ampunan Allah SWT. kita melaksanakan segala perintah Allah SWT. dan menjauhi segala larangan Allah SWT. dengan beribadah dan melakukan amal sholeh.

d) Kitab suci Al Quran diturunkan di bulan Ramadhan

Malam diturunkannya Al Quran yaitu pada malam bulan Ramadhan di hari Senin. Hal ini terdapat pada surat Al Baqarah ayat 185, Allah SWT. berfirman:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ

Artinya: “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia, dan penjelasan – ­penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” (QS. Al Baqarah ayat 185)

Kitab suci Al Quran diturunkan oleh Allah SWT. kepada Nabi Muhammad SAW. agar menjadi petunjuk kepada seluruh umat manusia.

e) Malam Lailatul Qadar hadir saat bulan Ramadhan

Allah SWT. berfirman dalam surat Al Qadr ayat 1 sampai 3, yaitu:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ . وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ . لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr ayat 1-3)

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh kemuliaan. Bahkan Allah SWT. menyebutkan bahwa malam lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan.

f) Pahala yang akan didapat berlipat ganda

Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam

فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِى فِيهِ فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ حَجَّةٌ

Artinya: “Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Melaksanakan ibadah sunnah di bulan lain selain Ramadhan saja sudah mendapatkan banyak pahala dari Allah SWT. Nah saat di bulan Ramadhan kita bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.

Pada bulan Ramadhan kita diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Agar kita memperoleh keutamaan – keutamaan dari bulan Ramadhan maka kita harus melaksanakan ibadah wajib dan amalan sunnah lainnya. Yang terpenting selain itu yaitu melaksanakan segala perintah Allah SWT. dan menjauhi segala larangan Allah SWT.

Melaksanakan ibadah sunnah pun memperoleh pahala yang besar. Itu sebabnya bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang sangat di nanti oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Karena merupakan ladang pahala yang dapat kita peroleh. Kita dapat memupuk pahala kita dan memetik hasil yang sangat banyak dan berkualitas.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *