Keutamaan Sholat Dhuha yang Luar Biasa

2 min read

Keutamaan Sholat Dhuha

Keutamaan Sholat Dhuha yang Luar Biasa – Siapa yang tidak mengetahui sholat dhuha. Sholat dhuha sudah mulai dikerjakan dan diingatkan oleh banyak orang. Bahkan di sekolahan dasar pun sudah mulai dibiasakan untuk mengerjakan sholat dhuha sebelum dimulainya pelajaran.

Sholat dhuha merupakan sholat yang dikerjakan untuk memperlancar rezeki kita. Itu sebabnya banyak umat Muslim yang tidak meninggalkan dalam melaksanakan sholat dhuha.

Selain itu, shalat dhuha juga memiliki manfaat fan keutamaan lainnya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai keutamaan dan manfaat dari sholat dhuha yang akan dijelaskan secara lengkap ya. Simak terus artikel ini ya.

ibadah sholat

Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dikerjakan setelah matahari terbit. Sholat dhuha ini adalah salah satu sholat yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. untuk diamalkan di tiap harinya.

Hal ini disebabkan karena sholat dhuha memiliki manfaat dan keutamaan yang luar biasa banyak.

Adapun manfaat dan keutamaan dari sholat dhuha di antaranya yaitu:

a. Seperti bersedekah

Tubuh manusia memiliki 360 persendian. Sanggupkah kita memberikan sedekah untuk tiap persendian yang ada di dalam tubuh kita? Ketika kita melaksanakan sholat dhuha maka kita seperti bersedekah untuk tiap persendian yang ada di tubuh kita.

Abu Dzar berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ . وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

Artinya: “Di setiap sendi di tubuh tiap orang dari kamu harus disedekahi di tiap harinya. Setiap bacaan tasbih (Subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (Alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (Lailahaillallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu Akbar) juga bisa sebagai sedekah, satu kali menyuruh kebaikan sama dengan satu sedekah, dan satu kali mencegah kemungkaran sama dengan satu sedekah. Dan dua rakaat shalat dhuha sebanding dengan pahala semua itu.” (HR. Muslim dan Abu Daud)

b. Penghapus dosa

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barang siapa yang mengerjakan shalat dhuha dan mampu membiasakan diri (untuk menjaganya) setiap waktu, niscaya Allah akan mengampuni dosa – dosanya. Sekalipun dosa – dosanya itu sebanyak buih di lautan.” (HR. Tirmidzi)

c. Dibangunkan rumah di surga

Sholat dhuha dapat dikerjakan dari dua rakaat hingga 12 rakaat. Jika kita mengerjakan sholat dhuha hingga 12 rakaat, maka Allah SWT. akan memberikan kita balasan berupa rumah di surga kelak.

Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Siapa saja yang shalat dhuha 12 rakaat, Allah akan membangunkan untuknya sebuah istana yang terbuat dari emas di surga.” (HR. Ibnu Majah)

d. Masuk surga melalui pintu khusus

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya di surga ada salah satu pintu yang dinamakan dengan pintu dhuha, bila datang hari kiamat malaikat penjaga surga memanggil, mana ia yang mengerjakan sholat dhuha? Inilah pintu kalian maka masuklah dengan kasih sayang Allah.” (HR. Tabrani)

e. Diberikan kecukupan

Sholat dhuha merupakan sholat yang biasa digunakan untuk memohon rezeki kepada Allah SWT. Dengan mengerjakan sholat dhuha sebanyak empat rakaat Allah SWT. akan mencukupi kebutuhan umat Nya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تَعْجِزْ عَنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ

Artinya: “Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat sholat di awal hari kamu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu”.” (HR. Abu Daud, Ahmad, dan Tirmidzi)

f. Memperoleh ghanimah atau keuntungan yang banyak

Ghanimah merupakan harta dari rampasan perang. Ketika melaksanakan sholat dhuha kita seperti memperoleh ghanimah yang menguntungkan. Seperti dalam sebuah hadits berikut ini:

“Perolehlah keuntungan (ghanimah) dan cepatlah kembali!. Mereka akhirnya saling berbicara tentang dekatnya tujuan (tempat) perang dan banyaknya ghanimah (keuntungan) yang akan diperoleh dan cepat kembali (karena dekat jaraknya). Lalu Rasulullah SAW. bersabda, “Maukah kalian aku tunjukkan kepada tujuan paling dekat dari mereka (musuh yang akan diperangi), paling banyak ghanimah (keuntungan) nya dan cepat kembalinya? Mereka menjawab, “Ya!” Rasul berkata lagi:

مَنْ تَوَضَّأَ ثُمَّ غَدَا إِلىَ الْمَسْجِدِ لِسَبْحَةِ الضُّحىَ، فَهُوَ أَقْرَبُ مَغْزىً وَأَكْثَرُ غَنِيْمَةً وَأَوْشَكُ رَجْعَةً

Artinya: “Barang siapa berwudhu kemudian pergi pada waktu pagi ke masjid untuk melaksanakan sholat dhuha, maka hal itu adalah peperangan yang paling dekat, ghanimah yang paling banyak, dan kembalinya lebih cepat.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

g. Seperti pahala umrah dan haji

Sholat dua rakaat ketika matahari disebut juga dengan shalat isyraq. Shalat isyraq merupakan sholat dhuha yang dikerjakan di awal waktu.

Melaksanakan sholat isyraq sama halnya dengan pahala melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

: مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ . قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ

Artinya: “Barang siapa yang melaksanakan sholat subuh secara berjamaah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah sampai matahari terbit, kemudian ia melaksanakan sholat dua rakaat, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umrah.” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna, dan sempurna.” (HR. Tirmidzi)

Keutamaan – keutamaan tersebut yang akan kita dapatkan dari melaksanakan sholat dhuha di tiap harinya. Mulailah dengan membiasakan sholat dhuha sebanyak dua rakaat jika ingin memulai dan perlahan – lahan menambah rakaat yang kita kerjakan.

Hal ini dilakukan agar kita tidak merasa berat dan terbebani dalam melaksanakan sholat dhuha.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan dari artikel mengenai keutamaan sholat dhuha yang telah dijabarkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk dapat mengamalkan sholat dhuha di tiap harinya ya. Terima kasih.