Keutamaan Sholat Isya Berjamaah di Masjid Lengkap

2 min read

Keutamaan Isya Berjamaah

Keutamaan Sholat Isya Berjamaah di Masjid Lengkap – Melaksanakan sholat lima waktu di masjid secara berjamaah adalah hal yang baik. Dengan melaksanakan sholat wajib lima waktu di masjid kita akan memperoleh pahala yang berlipat – lipat ganda.

Terutama untuk sholat yang sulit dikerjakan seperti sholat isya. Banyak orang – orang yang sudah kelelahan karena bekerja dan lebih memilih untuk istirahat di rumah.

Apalagi sholat isya memiliki waktu yang paling panjang dibandingkan sholat lima waktu lainnya, sehingga banyak yang mengulur – ulur waktu untuk melaksanakannya.

Padahal jika kalian mengetahui keutamaan dari sholat isya berjamaah, maka kalian akan terus berusaha mengerjakannya tanpa melewatkan satu malam pun. Dan kalian berbondong – bondong untuk datang ke masjid melaksanakan sholat isya berjamaah.

Berikut ini akan dibahas mengenai keutamaan sholat isya berjamaah yang akan dijelaskan secara jelas dan lengkap berdasarkan hadits.

Masjid

Sholat berjamaah di masjid memiliki keutamaan yang luar biasa. Salah satu keutamaan dari sholat berjamaah yaitu memperoleh pahala yang berlipat – lipat ganda yang lebih besar tentunya dari melaksanakan sholat secara sendiri. Hal ini tercantum pada beberapa hadits berikut ini:

Berdasarkan hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ أَحَدِكُمْ وَحْدَهُ بِخَمْسَةٍ وَعِشْرِينَ جُزْءًا

Artinya:
“Sholat berjamaah itu lebih utama daripada sholat salah seorang di antara kalian secara sendirian lebih utama 25 kali bagian.” (HR. Imam Bukhari dan Muslim)

Riwayat dari Abudullah Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Artinya:
“Sholat berjamaah lebih utama daripada sholat sendirian sebanyak 27 kali derajat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sholat isya merupakan salah satu dari sholat yang sangat berat untuk dikerjakan oleh orang – orang munafik. Tetapi sholat isya juga termasuk salah satu sholat yang memiliki keutamaan yang besar. Apalagi jika kita melaksanakan sholat isya secara berjamaah di masjid.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

Artinya:
“Sesungguhnya sholat yang paling berat dilaksanakan oleh orang – orang munafik yaitu sholat isya dan sholat subuh. Seandainya mereka mengetahui keutamaan yang ada pada sholat isya dan sholat subuh, tentu mereka akan mendatanginya sekalipun sambil merangkak.” (HR. Imam Bukhari dan Muslim)

Sholat merupakan suatu hal yang sangat berat bagi orang – orang yang munafik. Terutama untuk sholat isya dan subuh. Hal ini berdasarkan pada firman Allah SWT. di dalam Al Quran pada surat At Taubah ayat ke 54, yaitu:

وَمَا مَنَعَهُمْ أَن تُقْبَلَ مِنْهُمْ نَفَقَٰتُهُمْ إِلَّآ أَنَّهُمْ كَفَرُوا۟ بِٱللَّهِ وَبِرَسُولِهِۦ وَلَا يَأْتُونَ ٱلصَّلَوٰةَ إِلَّا وَهُمْ كُسَالَىٰ وَلَا يُنفِقُونَ إِلَّا وَهُمْ كَٰرِهُونَ

Artinya:
“Dan tidak ada yang menghalangi mereka untuk diterima dari mereka nafkah – nafkahnya melainkan karena mereka kafir kepada Allah dan Rasul -Nya dan mereka tidak mengerjakan sembahyang, melainkan dengan malas dan tidak (pula) menafkahkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan.” (QS. At Taubah ayat 54).

Selain mendapatkan pahala sebanyak dua puluh tujuh derajat dan tidak termasuk dari orang – orang munafik, jika kita mengerjakan sholat berjamaah kita akan memperoleh keuntungan – keuntungan lainnya yaitu sebagai berikut:

1. Dihitung Seperti Sholat Malam Separuh Malam

Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:

عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، قَالَ : سَمِعْتُ رَسُول اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، يَقُوْلُ : مَنْ صَلَّى العِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ ، فَكَأنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ

Artinya:
“Dari Utsman bin ‘Affan radhiallahu ‘anhu berkata, “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang melaksanakan sholat isya` berjamaah, maka seolah – olah dia telah melaksanakan sholat malam selama separuh malam.”” (HR. Muslim)

Berdasarkan hadits riwayat Muslim tersebut, sholat isya yang dilaksanakan secara berjamaah pahalanya sama dengan sholat selama separuh malam.

2. Mendapatkan Cahaya di Dunia dan Akhirat

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

عن بريدة الأسلمي رضي الله عنه عن النبي – صلى الله عليه وسلم قال :بشِّرِ المشَّائين في الظُّلَم إلى المساجد بالنور التام يوم القيامة

Artinya:
“Dari Buraidah Al Aslami radhiyallahu ‘anhu dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Berikanlah kabar gembira untuk orang – orang yang berjalan melaksanakan sholat di gelapnya malam menuju masjid, bahwa ia akan diberikan cahaya sempurna di dunia dan di akhirat.” (HR. Abu Daud dan At Tirmidzi)

Berdasarkan hadits tersebut kita akan mendapatkan cahaya yang sempurna di dunia dan akhirat kelak jika melaksanakan sholat isya berjamaah di masjid.

3. Dapat Menghapus Dosa

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata,

“Maka begitulah perumpamaan sholat lima waktu, dengannya Allah akan menghapuskan dosa.” (HR. Imam Bukhari dan Muslim)

4. Tidak Terkena Nyala Api Neraka

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sholat isya (atamah). Katakan kubur itu adalah sangat gelap dan begitu juga pada hari Kiamat, maka seorang mukmin yang berjalan dalam malam yang gelap untuk pergi menunaikan sholat isya berjamaah, Allah SWT. haramkan dirinya daripada terkena nyala api neraka dan diberikan kepadanya cahaya untuk menyeberangi jembatan Sirathal mustaqim.“

Bersegeralah dalam melaksanakan sholat isya, karena sholat isya berada di jam ketika tubuh merasa lelah dan ingin beristirahat. Oleh karena itu kerjakanlah sholat isya tepat waktu karena Allah SWT. tidak menyukai orang – orang yang memilih tidur barulah mengerjakan sholat isya. Adapun hadits yang diriwayatkan oleh Abu Barzah, beliau berkata,

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – كَانَ يَكْرَهُ النَّوْمَ قَبْلَ الْعِشَاءِ وَالْحَدِيْثَ بَعْدَهَا

Artinya:
“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur sebelum sholat isya dan ngobrol – ngobrol setelahnya.” (HR. Bukhari)

Baca Juga:

Demikianlah artikel mengenai keutamaan dari sholat isya berjamaah yang dilakukan di masjid. Semoga artikel ini dapat membantu kamu agar pengetahuan kamu semakin bertambah dan membantu kamu lebih mengenal segala hal tentang sholat. Terima kasih.