Keutamaan Puasa

2 min read

Keutamaan Puasa

Keutamaan Puasa – Berikut ini adalah materi tentang keutamaan puasa, hadist tentang keutamaan dan ganjaran bagi mereka yang berpuasa.

Berpuasa merupakan tempat setiap muslim dapat membangun hidupnya sendiri, dimana ia mengerjakan amalan dengan cara memperkuat jiwa, meningkatkan derajat, memotivasi diri untuk mencapai hal-hal yang terpuji dan menjauhkan diri dari hal-hal yang merusak.

Itu juga memperkuat kemauan, meningkatkan kehendak, meningkatkan keadaan fisik, menyembuhkan penyakit dan mendekatkan hamba kepada Tuhan-Nya.

Ini akan mengampuni segala macam dosa dan kesalahan, berbagai kebaikan akan semakin bertambah dan bahkan kedudukan pun akan lebih tinggi.

Allah Swt menharuskan umat Islam untuk berpuasa selama bulan pada bulan Ramadhan, yang merupakan sayyidusy syuhuur (penghulu bulan-bulan lainnya), dan dengan demikian dimulai penurunan Al-Quran.

Bulan Ramadhan adalah bulan terdapat Lailatul Qadar malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Keutamaan berpuasa

  1. Puasa merupakan penghalang siksa neraka. Rasulullah Saw bersabda: “Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari api neraka” (HR Ahmad).
  2. Puasa akan bermanfaat bagi mereka yang menjalankannya. Rasulullah Saw, bersabda: “Puasa dan Al-Quran akan memberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat kelak.” Puasa akan berkata:”Ya Tuhanku, aku telah mencegahnya dari makan dan nafsu syahwat. Tolong izinkan saya untuk memberikan syafaat kepadanya. Dan Al-Quran juga berkata:” saya telah melarang dia tidur di malam hari. Tolong izinkan saya memberi syafaat kepadanya.” Dia bersabda, “Maka syafaat keduanya diperkenankan”(HR Ahmad).
  3. Orang yang berpuasa akan menerima pengampunan dosa. Rasulullah Saw bersabda, “Barang siapa yang berpuasa untuk bulan Ramadhan karena iman dan berharap pahala dari Allah maka pasti diampuni dosa di masa lalunya” (HR Bukhori).

Hadits Tentang Keutamaan Puasa

Dari Abu Hurairah RA, Bahwa Rasulullah Saw bersabda :

Artinya :
“Puasa adalah perisai. Karena itu, jika salah satu dari seseorang diantara kalian berpuasa, maka tidak boleh berbicara kotor dan juga berprilaku bodoh. Jika ada seseorang yang memerangi atau mencacinya, hendaklah ia berkata: ‘Sungguh, saya sedang berpuasa’ (sebanyak dua kali). Demi Tuhan, yang jiwaku ada di tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa untuk Allah Swt lebih harum daripada aroma minyak kesturi, di mana ia meninggalkan makanan, minuman dan hasratnya untuk Aku (Allah). Berpuasa untuk-Ku dan aku akan memberikan pahala karenanya dan satu kebaikan akan dihargai dengan sepuluh kali lipat. “

Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Hudzaifah RA mengatakan,”Saya pernah mendengar Rasulullah (saw) bersabda:

Artinya :
“Dosa seseorang terhadap keluarga, harta benda, dan tetangganya dihilangkan melalui sholat, puasa, dan Shadaqah.”

Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, mengatakan: “Rasulullah Saw, bersabda:

Artinya :
“Ketika Ramadhan datang, maka pintu-pintu surga akan dibuka.”

Hadits yang diriwayatkan oleh Sahl RA, ia berkata : “Rasulullah Saw bersabda :

Artinya :
“Sesungguhnya, ada satu pintu yang disebut Ar-Rayyan di surga. Dari pintu itu akan datang orang-orang yang berpuasa pada hari kiamat kelak. Tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu inielain orang yang berpuasa . Ditanyakan : “Di mana orang-orang yang berpuasa?” Dan mereka bangkit. Tidak ada orang lain yang masuk melalui pintu itu selain mereka. Ketika mereka sudah masuk, pintu itu ditutup sehingga tidak ada yang bisa masuk melalui pintu itu.”

Ganjaran bagi mereka yang berpuasa

Pahala Puasa Tanpa Batas

Dari riwayat pertama, menunjukkan bahwa setiap amalan dilipat gandakan sepuluh hingga tujuh ratus kebajikan yang sesuai. Maka berpuasa tidak mungkin. Amalan puasa tidak dilipat gandakan seperti sebelumnya. Puasa tidak dibatasi jumlah pahalanya. Oleh karena itu, amalan puasa dikalikan oleh Allah sampai tanpa ada batasan.

Bagaimana ini bisa terjadi, Ibn Rajab Al Hambali mengatakan: “Karena puasa merupakan bagian dari kesabaran.” Mengenai ganjaran dari orang-orang yang bersabar, Allah Swt berfirman: ” Sesungguhnya hanya mereka yang bersabar yang dicukupkan pahalanya tanpa batas” (QS. Az Zumar).

Ada tiga jenis kesabaran:

  1. Bersabar dalam mematuhi perintah Allah
  2. Sabar ketika meninggalkan yang haram dan,
  3. Sabarlah pada saat menghadapi nasib yang menyakitkan.

Ketiga jenis kesabaran ini semuanya terdapat dalam amalan puasa. Tentu saja ada bentuk ketaatan ketika berpuasa, menahan diri dari hal-hal terlarang dan berusaha bersabar dari hal-hal yang menyakitkan seperti menahan diri dari kelaparan, kehausan dan kelemahan tubuh. Karena itu, amalan puasa dapat mendatangkan manfaat yang tak ada habisnya seperti halnya sabar.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Keutamaan Puasa. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.

Ajaran Sunan Giri

_pur
3 min read

Ajaran Sunan Gunung Jati

_pur
3 min read