Keutamaan Sholat Ashar Berjamaah

2 min read

Keutamaan Sholat Ashar

Keutamaan Sholat Ashar Berjamaah – Sholat wajib lima waktu memiliki keutamaan masing – masing di tiap sholatnya. Allah SWT. memerintahkan seluruh umatnya untuk beribadah kepada Allah SWT. dengan tujuan yang jauh lebih besar yang bahkan tidak pernah terpikirkan oleh manusia.

Selain karena kewajiban kita terhadap Allah SWT., ada hal lain yang tentunya akan kita dapatkan jika melaksanakan sholat ashar secara berjamaah. Tahukah kamu apa saja keutamaan yang akan kita peroleh jika melaksanakan sholat ashar secara berjamaah di masjid atau pun musholah?

Tenang. Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai keutamaan dari sholat ashar secara berjamaah. Simak terus ya guys.

Sholat Ashar Berjamaah

Ketika kita melaksanakan sholat lima waktu secara berjamaah baik itu di masjid atau pun di musholah, Allah SWT. menjanjikan pahala yang berlipat ganda. Kita akan memperoleh pahala sebanyak 27x derajat. Seperti yang tercantum dalam sebuah hadits berikut ini:

صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلَاةَ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Artinya: “Sholat berjamaah lebih utama dibandingkan dengan sholat sendirian dengan (mendapatkan) dua puluh tujuh kali derajat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sholat ashar merupakan sholat yang sering diabaikan atau ditunda – tunda ketika pekerjaan sedang banyak – banyaknya. Karena berada di jam yang nanggung untuk dilaksanakan. Maksudnya yaitu di jam waktu sholat ashar orang – orang sedang melakukan kegiatannya bukan jam istirahat untuk makan siang. sehingga banyak rang yang lebih memilikh melanjutkan pekerjaannya dahulu.

Ketika kita melalaikan sholat ashar karena terlalu sibuk dengan pekerjaan yang tengah kita lakukan, maka sama saja kita dengan kaum yang kafir.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

شَغَلُونَا عَنِ الصَّلَاةِ الْوُسْطَى، صَلَاةِ الْعَصْرِ

Artinya: “Mereka (kaum kafir Quraisy) telah menyibukkan kita dari sholat wustha, (yaitu) sholat ashar.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Allah SWT. pun memerintahkan kita untuk menjaga sholat ashar kita agar tidak terlewatkan. Allah SWT. berfirman:

حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلَاةِ الْوُسْطَىٰ وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ

Artinya: “Peliharalah semua sholat dan sholat wustha (mu). Dan laksanakanlah (sholat) karena Allah dengan khusyuk.” (QS. Al Baqarah ayat 283)

Waktu pelaksanaan sholat ashar merupakan di jam yang sudah mulai gupek (panik dan khawatir ingin cepat – cepat selesai) dengan kerjaan dan rasa ingin pulang ke rumah dan menyelesaikan segala tugas yang ada saat itu.

Masjid

Hanya karena berat untuk meninggalkan kerjaan, kita melalaikan sholat ashar. Padahal banyak sekali keutamaan yang akan didapatkan dari melaksanakan sholat ashar bahkan jika melaksanakan secara berjamaah.

Sholat wajib lainnya yang biasa terlewatkan yaitu sholat subuh dan sholat isya. Padahal sholat – sholat tersebut memiliki keutamaan yang sangat luar biasa.

Sungguh kamu akan menyesal jika menundanya. Jika meninggalkan sholat wajib lima waktu sudah pasti akan mendapatkan azab dari Allah SWT.

Keutamaan dari Sholat Ashar Berjamaah

Melaksanakan sholat lima waktu berjamaah tentu akan mendapatkan pahala sebanyak 27 derajat. Selain itu saat melaksanakan sholat ashar secara berjamaah di masjid atau pun musholah kita akan mendapatkan banyak sekali keutamaan tentunya.

Adapun berikut ini merupakan keutamaan – keutamaan yang akan kita peroleh dari melaksanakan sholat ashar secara berjamaah baik itu di masjid atau pun musholah, di antaranya yaitu:

a. Akan diampuni segala dosa – dosanya

Rasullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Ketika sholat ashar adalah saat di mana Nabi Adam ‘alaihi sallam memakan buah khuldi. Orang – orang mukmin yang mengerjakan sholat ashar akan diampuni dosanya seperti bayi yang baru lahir.”

Berdasarkan hadits tersebut maka dengan kita melaksanakan sholat ashar secara berjamaah secara istiqomah insyaallah segala dosa kita akan diampuni oleh Allah SWT.

b. Akan masuk surga

Dari Abi Musa Al Asy’ari, ia meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:

منْ صلَّى الْبَرْديْنِ دَخَلَ الْجنَّةَ

Artinya: “Barang siapa yang mengerjakan sholat bardain (yaitu sholat subuh dan sholat ashar), maka dia pasti akan masuk surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)

c. Dijauhkan dari siksa neraka

Dari Umarah radiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا

Artinya: “Tidaklah akan masuk neraka seseorang yang melaksanakan sholat sebelum matahari terbit (yaitu sholat subuh) dan sholat sebelum matahari terbenam (yaitu sholat ashar).” (HR. Muslim)

d. Akan dilipat gandakan pahala yang diperoleh

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa:

إِنَّ هَذِهِ الصَّلَاةَ عُرِضَتْ عَلَى مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ فَضَيَّعُوهَا، فَمَنْ حَافَظَ عَلَيْهَا كَانَ لَهُ أَجْرُهُ مَرَّتَيْنِ، وَلَا صَلَاةَ بَعْدَهَا حَتَّى يَطْلُعَ الشَّاهِدُ، وَالشَّاهِدُ: النَّجْمُ

Artinya: “Sesungguhnya sholat ini (sholat ashar) pernah diwajibkan kepada umat sebelum kamu, namun mereka menyia – nyiakannya. Barang siapa yang menjaga sholat ini, maka baginya pahala dua kali lipat. Dan tidak ada sholat setelahnya sampai terbitnya syahid (yaitu bintang).” (HR. Muslim)

e. Disaksikan oleh para malaikat

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Malaikat bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Para malaikat itu bertemu di sholat subuh dan sholat ashar. Kemudian yang bermalam dengan kalian naik (ke langit) dan ditanya oleh Tuhan mereka, dan Dia lebih tahu keadaan hamba – hambanya, “Bagaimana kondisi hamba – hambaku ketika kalian tinggalkan?” Para malaikat menjawab, “Kami meninggalkan mereka dalam keadaan sholat, dan kami mendatangi mereka dalam keadaan sholat.”” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai keutamaan dari sholat ashar secara berjamaah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadikan kamu semakin semangat dalam menjalankan ibadah dan meraih pahala yang telah Allah SWT. siapkan.

Ajaran Sunan Giri

_pur
3 min read

Ajaran Sunan Gunung Jati

_pur
3 min read