Dalil tentang Keutamaan Sholat Maghrib Berjamaah serta Waktu Sholat

2 min read

Keutamaan Sholat Maghrib

Dalil tentang Keutamaan Sholat Maghrib Berjamaah serta Waktu Sholat – Sholat wajib telah diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Bahkan Nabi Muhammad diberikan wahyu mengenai sholat wajib lima waktu. Tidak melaksanakan sholat wajib lima waktu sama halnya dengan membankang kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Karena sholat merupakan ibadah wajib yang harus dikerjakan.

Seperti namanya sholat wajib lima waktu atau yang sering juga disebut sholat fardhu terdapat lima, yaitu sholat Subuh, sholat Dzuhur, sholat Ashar, sholat Maghrib, dan sholat Isya. Melaksanakan sholat tepat waktu akan memperoleh keutamaan dan manfaat yang luar biasa besar. Begitu pula pada sholat Maghrib. Melaksanakan sholat Magrib tepat waktu akan mendatangkan keuntungan dan manfaat yang besar.

Tahukah kamu manfaat dan keuntungan apa saja yang akan kita peroleh dari melaksanakan sholat Maghrib berjamaah? Bagaimana dengan waktu pelaksanaan sholat Maghrib? Apalagi sholat Maghrib memiliki waktu yang pendek.

Artikel kali ini akan membahas mengenai manfaat dan keuntungan dari sholat Maghrib berjamaah beserta waktu pelaksanaan sholat Maghrib. Simak terus ya.

Masjid

Waktu Sholat Maghrib

Sholat Maghrib merupakan sholat yang memiliki waktu yang pendek. Meskipun begitu, masih banyak orang yang mengerjakan sholat Maghrib di awal waktu. Sholat Maghrib dikerjakan ketika matahari tenggelam hingga mega merah menghilang.

Abu Hurairah mengatakan bahwa waktu pelaksanaan sholat Maghrib yaitu ketika matahari tenggelam hingga tenggelamnya ufuk. Hal ini tertuang dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh At Tirmidzi,

وَإِنَّ أَوَّلَ وَقْتِ الْمَغْرِبِ حِيْنَ تَغْرُبُ الشَّمْسُ وَإِنَّ آخِرَ وَقْتِهَا حِيْنَ يَغِيْبُ الْأُفُقُ

Artinya: “Awal waktu sholat maghrib adalah ketika matahari tenggelam dan akhir waktunya ketika tenggelam ufuk.” (HR. At Tirmidzi)

Pada hadits lain pun dikatakan perihal waktu pelaksanaan sholat Maghrib. Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa:

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَمَّنِيْ جِبْرِيْلُ عَلَيْهِ السَّلاَمُ عِنْدَ الْبَيْتِ مَرَّتَيْنِ فَصَلَّى بِيَ الظُّهْرَ حِيْنَ زَالَتِ الشَّمْسُ وَكَانَتْ قَدْرَ الشِّرَاكِ وَصَلَّى بِيَ الْعَصْرَ حِيْنَ كَانَ ظِلُّهُ مِثْلَهُ وَصَلَّى بِيَ يَعْنِى الْمَغْرِبَ حِيْنَ أَفْطَرَ الصَّائِمُ وَصَلَّى بِيَ الْعِشَاءَ حِيْنَ غَابَ الشَّفَقُ وَصَلَّى بِيَ الْفَجْرَ حِيْنَ حَرُمَ الطَّعَامُ وَالشَّرَابُ عَلَى الصَّائِمِ فَلَمَّا كَانَ الْغَدُ صَلَّى بِيَ الظُّهْرَ حِيْنَ كَانَ ظِلُّهُ مِثْلَهُ وَصَلَّى بِيَ الْعَصْرَ حِيْنَ كَانَ ظِلُّهُ مِثْلَيْهِ وَصَلَّى بِيَ الْمَغْرِبَ حِيْنَ أَفْطَرَ الصَّائِمُ وَصَلَّى بِيَ الْعِشَاءَ إِلَى ثُلُثِ اللَّيْلِ وَصَلَّى بِيَ الْفَجْرَ فَأَسْفَرَ ثُمَّ الْتَفَتَ إِلَيَّ فَقَالَ: يَا مُحَمَّدُ هَذَا وَقْتُ الأَنْبِيَاءِ مِنْ قَبْلِكَ وَالْوَقْتُ مَا بَيْنَ هَذَيْنِ الْوَقْتَيْنِ

Artinya: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Saya telah dijadikan imam oleh Jibril di Baitullah dua kali, maka ia sholat bersama saya, sholat Dzuhur ketika tergelincir matahari, sholat Ashar ketika bayang – bayang sesuatu menyamainya, sholat Maghrib ketika terbenam matahari, sholat Isya ketika terbenam syafaq (mega merah), dan sholat Subuh ketika fajar bercahaya. Maka besoknya sholat pulalah ia bersama saya, sholat Dzuhur ketika bayang – bayang sesuatu menyamainya, sholat Ashar ketika bayang – bayang sesuatu dua kali panjangnya, sholat Maghrib ketika orang yang berpuasa berbuka, sholat Isya ketika sepertiga malam, dan sholat Subuh ketika menguning cahaya pagi. Lalu Jibril menoleh kepadaku dan berkata, “Wahai Muhammad, inilah waktu sholat nabi – nabi sebelum engkau, dan waktu sholat adalah antara dua waktu itu.” (HR. Abu Daud)

Keutamaan Sholat Maghrib Berjamaah

Di waktu Maghrib merupakan waktu di mana Nabi Adam ‘Alaihi sallam diterima tobatnya oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Adapun keutamaan dari melaksanakan sholat Maghrib berjamaah yaitu sebagai berikut:

a. Mendapatkan pahala yang berlimpah

Sholat yang dilakukan secara berjamaah jauh lebih besar pahalanya dibandingkan dengan sholat sendiri atau munfarid. Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa:

صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلَاةَ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Artinya: “Sholat berjamaah lebih besar dibandingkan sholat sendirian dengan (mendapatkan) 27 derajat.” (HR. Al Bukhari)

Berdasarkan hadist riwayat Al Bukhari tersebut, pahala yang didapatkan dari sholat secara berjamaah yaitu sebesar 27 kali lipat dibandingkan dengan sholat sendiri.

b. Mencegah perbuatan yang keji dan mungkar

Melaksanakan sholat Maghrib secara berjamaah dapat mencegah perbuatan yang keji dan mungkar. Hal ini tertuang pada ayat Al Quran yaitu pada surat Al Ankabut ayat ke-45, Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

Artinya: “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan – perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (sholat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah – ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al Ankabut ayat 45)

c. Berada di surga

Melaksanakan sholat Maghrib secara berjamaah dapat membawa kita ke surganya Allah Subhanahu wa ta’ala. Hal ini tertuang pada ayat Al Quran yaitu pada surat Al Ma’arij ayat ke -34 dan 35, Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

وَالَّذِينَ هُمْ عَلَىٰ صَلَاتِهِمْ يُحَافِظُونَ. أُولَٰئِكَ فِي جَنَّاتٍ مُكْرَمُونَ

Artinya: “Dan orang – orang yang memelihara sholatnya. Mereka itu (kekal) di surga lagi dimuliakan.” (QS. Al Ma’arij ayat 34-35)

d. Dikabulkannya sesuatu

Dengan melaksanakan sholat Maghrib dengan ikhlas dan khusyuk, maka akan dikabulkan apa – apa yang diinginkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

e. Sebagai penolong dari marabahaya

Sholat dapat membantu kita dalam marabahaya. Allah Subhanahu wa ta’ala akan melindungi kita. Karena sholat sebagai penolong bagi kita. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

وَٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى ٱلْخَٰشِعِينَ

Artinya: “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (QS. Al Baqarah ayat 45)

Sholat Maghrib memiliki waktu yang pendek. Oleh karena itu melaksanakan sholat maghrib berjamaah di masjid dapat membantu Anda agar tidak melewatkan waktu sholat Maghrib ini.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan ulasan mengenai keutamaan dan manfaat dari sholat Maghrib berjamaah serta waktu pelaksanaan sholat Maghrib. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah ilmu kita. Terima kasih.