Keutamaan Sholat Subuh Berdasarkan Al Quran dan Hadits

1 min read

Keutamaan Sholat Subuh

Keutamaan Sholat Subuh Berdasarkan Al Quran dan Hadits – Sholat Subuh merupakan salah satu sholat yang wajib dikerjakan oleh tiap umat Islam. Tidak melaksanakan sholat wajib, maka akan mendapatkan ganjaran.

Sholat Subuh dikerjakan pada waktu matahari belum terbit. Pada saat ini banyak orang yang masih menikmati waktu tidurnya. Padahal sholat subuh merupakan salah satu sholat yang memiliki keutamaan yang luar biasa. Tahukah kamu apa saja keutamaan yang akan kita peroleh jika mengerjakan sholat Subuh?

Tenang. Ulasan kali ini akan membahas mengenai keutamaan yang diperoleh dari melaksanakan sholat Subuh. Ulasan ini akan dilengkapi dengan ayat Al Quran dan hadits yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Simak terus ya.

Sholat Subuh merupakan sholat yang berat untuk dikerjakan. Kenapa demikian? Banyak orang yang masih tidur ketika adzan Subuh dikumandangkan. Sholat Subuh seperti pembuka untuk mengawali hari. Sedangkan hari sebelumnya banyak yang kelelahan bekerja dan menyebabkan kesulitan untuk bangun di waktu subuh. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab banyak orang yang melalaikan sholat Subuh.

Padahal sholat Subuh memiliki banyak keutamaan yang telah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam sampaikan. Adapun berikut ini beberapa keutamaan dari melaksanakan sholat Subuh, yaitu:

a. Masuk surga

Abu Musa Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّةَ

Artinya: “Barangsiapa yang mengerjakan dua sholat Bardain (yaitu sholat subuh dan sholat Ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

b. Disaksikan oleh malaikat

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman dalam salah satu ayat AL Quran pada surat Al Isra ayat 78 mengenai sholat Subuh yang disaksikan oleh para malaikat. Firman Allah Subhanahu wa ta’ala,

أَقِمِ الصَّلَوٰةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْءَانَ الْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْءَانَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Artinya: “Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) Subuh. Sesungguhnya sholat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al Isra ayat 78)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَتَجْتَمِعُ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ وَمَلَائِكَةُ النَّهَارِ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ

Artinya: “Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada sholat fajar (Subuh).” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

c. Berada dalam jaminan Allah Subhanahu wa ta’ala

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فَهُوَ فِى ذِمَّةِ اللهِ فَلاَ يَطْلُبَنَّكُمُ اللهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَىْءٍ فَيُدْرِكَهُ فَيَكُبَّهُ فِى نَارِ جَهَنَّمَ

Artinya: “Barangsiapa yang melaksanakan sholat subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu, janganlah sampai Allah menuntut kalian sesuatu apapun pada jaminan-Nya, pasti Allah akan mendapatkannya. Jika tidak, Allah akan menyiksanya dengan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahanam.” (HR. Muslim)

d. Penghalang masuk neraka

Umaroh bin Ruaibah mengatakan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا

Artinya: “Tidaklah akan masuk neraka seseorang yang melaksanakan sholat sebelum terbitnya matahari (yaitu sholat Subuh) dan sholat sebelum matahari tenggelam (yaitu sholat Ashar).” (HR. Muslim)

Selain itu, untuk menambah amalan pahala kamu. Kamu juga dapat melaksanakan sholat sunnah sebelum sholat Subuh yaitu sholat Fajar. Sholat Fajar juga memiliki keutamaan yang dapat kita peroleh.

Bagi laki – laki melaksanakan sholat Subuh berjamaah di masjid lebih utama. Mereka akan memperoleh keutamaan yang luar biasa dari sholat Subuh berjamaah. Meskipun begitu, perempuan pun dapat melaksanakan sholat Subuh berjamaah di masjid.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai keutamaan sholat Subuh yang dapat kita peroleh jika kita mengerjakan sholat ini dan dilengkapi dengan dalil. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.