Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah

2 min read

Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah

Berikut ini materi tentang keutamaan sholat subuh berjamaah. Penjelasan sholat subuh, keutamaan sholat subuh berjamaah lengkap dengan penjelasan dan gambar.

Sholat subuh adalah sholat khusus dari sholat-sholat lainnya. Untuk melakukan sholat ini, kita tidak hanya harus memprioritaskan, kita juga harus menahan rasa kantuk yang tidak biasa dan berdiri untuk meninggalkan kasur empuk dan selimut hangat.

Ketika adzan subuh ditambahkan kalimat Assholaatu khairum minan naum, yang berarti “sholat lebih baik daripada tidur”.

Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah

Banyak keutamaan sholat subuh berjamaah di masjid, berikut ini adalah penjelasannya:

1. Dapat Pahala yang Lebih Besar

Setiap muslim dan muslimah pasti tahu bahwa pahala yang dijanjikan dengan Allah, ketika kita melaksanakan shalat berjamaah di masjid tentu jauh lebih besar dari sholat subuh di rumah. Allah akan membalas pahala kepada hamba-hambaNya sebanyak 27 kali lipat.

2. Menerima Berkah dari Allah SWT

Melakukan sholat subuh berjamaah adalah kesempatan besar untuk menerima berkah dari Allah SWT. Karena semua kegiatan kami lakukan di pagi hari.

3. Dijamin Oleh Allah SWT

Orang yang melaksanakan sholat sholat subuh dengan sempurna, seperti yang dianjurkan yakni dengan melaksanakannya secara berjamaan akan menerima jaminan dan perlindungan dari Allah SWT.

4. Pahalanya Seperti Pahala Sholat Semalam Penuh

Ketika kita melaksanakan shalat subuh berjamaah, kita menerima pahala yang sama dengan sholat sepanjang malam.

5. Dibebaskan dari Kemunafikan

Melaksanakan sholat subuh berjamaah merupakan salah satu dari beberapa cara agar kita dapat terhindar dari kemunafikan.

6. Sholat Subuh Berjamaah Disaksikan Oleh Malaikat

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu, Nabi Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Malaikat bergiliran memandangmu siang dan malam. Para Malaikat bertemu saat sholat subuh dan dalam sholat Ashar. Dan yang bermalam dengan kalian naik (ke surga) dan diminta oleh Rabb mereka, dan Dia tahu kondisi para hamba-hamba-Nya, bagaimana kondisi hamba-hambaku ketika kalian pergi? “Para malaikat menjawab:” Kami meninggalkan mereka dalam keadaan sholat dan kami datang kepada mereka dalam keadaan sholat. “(H.R Bukhari dan Muslim)

7. Mendapatkan Pahala Haji atau Umrah Ketika Berzikir Sampai Matahari Terbit

Kita dapat membayangkan berapa banyak dan sejauh mana kita akan diberi pahala jika kita mencoba memaksimalkan kesempatan yang ada dengan baik.

8. Terbebas dari Siksa Neraka

Terbebas dari siksaan panasnya api neraka adalah kabar baik. Itu pasti akan terkait dengan keindahan memasuki surga. pahala ini tentu saja hanya untuk mereka yang melakukan sholat subuh secara berjamaah.

9. Melatih Diri Agar Tidak Menjadi Pribadi yang Malas

Jika Anda bangun di pagi hari dan pergi untuk melaksanakan sholat subuh ke masjid, Anda pasti akan dilatih untuk mendisiplinkan diri Anda sendiri. Banyak orang merasa malas meninggalkan rumah karena suhunya masih dingin atau karena masih gelap.

10. Menjemput Rezeki Lebih Awal

Bangun lebih awal untuk melakukan sholat subuh berjamaah di masjid sama saja dengan Anda mengumpulkan rezeki hari itu. Karena sholat lebih baik daripada tidur. Bagi mereka yang malas dan selalu bangun di siang hari, sama saja dengan tidak ingin mendapatkan rezeki sendiri.

11. Memakmurkan Masjid

Dengan rajin mengunjungi masjid untuk melakukan sholat berjamaah. secara langsung kita berkontribusi langsung pada kesejahteraan masjid. Kita tentu tidak menginginkannya bukankah masjid kita sepi.

12. Sebagai Contoh yang Baik untuk Generasi Berikutnya

Sebagai Muslim yang sudah diwajibkan untuk melaksanakan perintah-perintah-Nya, mereka harus memberikan teladan yang baik bagi generasi berikutnya untuk anak-anak dan cucu-cucu kita dengan cara melakukan sholat di masjid. Anak-anak yang melihatnya secara tidak langsung ingin meniru itu.

13. Bersaing dalam Hal Kebaikan

Sebagai Muslim yang taat dan bertakwa, Anda harus melakukan hal-hal positif sambil tetap memiliki kesempatan untuk hidup di dunia ini. Karena kehidupan di bumi tidak abadi. Jadi bersainglah dalam hal kebaikan. Allah tahu yang terbaik.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.