Keutamaan Sholat Sunnah Tahiyatul Masjid Sumber Al Quran dan Hadits

3 min read

Keutamaan Sholat Tahiyatul Masjid

Keutamaan Sholat Sunnah Tahiyatul Masjid Sumber Al Quran dan Hadits – Melaksanakan sholat sunnah merupakan amalan sunnah yang dapat memberikan keuntungan dan manfaat untuk kehidupan kita di dunia dan akhirat.

Seperti salah satunya yaitu melaksanakan sholat sunnah tahiyatul masjid. Sholat sunnah ini sering kita abaikan ketika kita melaksanakan sholat di masjid. Tetapi, sholat ini merupakan salah satu sholat yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Lalu apa saja keutamaan dari melaksanakan sholat sunnah tahiyatul masjid? Berikut ini akan dijelaskan nih keutamaan apa aja yang akan kita dapatkan jika kita melaksanakan sholat sunnah tahiyatul masjid berdasarkan Al Quran dan hadits. Simak terus ya ulasan berikut ini.

Sholat di masjid

Sholat sunnah tahiyatul masjid merupakan sholat sunnah dua rakaat yang dilaksanakan sebelum duduk saat tiba di masjid.

Melaksanakan sholat sunnah tahiyatul masjid sama halnya dengan melaksanakan ajaran Nabi Muhammad SAW. Karena Nabi Muhammad SAW. mengajarkan untuk melaksanakan sholat sunnah dua rakaat saat memasuki masjid.

Keutamaan – keutamaan pada tiap amalan yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentunya sangat bermanfaat. Tidak akan sia – sia jika kita melaksanakan segala sesuatu yang baik, karena Allah SWT. akan memberikan kita pahala yang berlipat.

Adapun beberapa keutamaan dari melaksanakan sholat sunnah tahiyatul masjid yaitu sebagai berikut:

a. Penutup kekurangan sholat wajib

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya amalan yang pertama kali dihisab pada manusia di hari kiamat kelak yaitu sholat. Allah ‘azza wa jalla berkata kepada malaikat Nya dan Dia-lah yang lebih tahu, “Lihatlah pada sholat hamba Ku. Apakah sholatnya sempurna ataukah tidak?” Jika sholatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun jika dalam sholatnya ada sedikit kekurangan, maka Allah berfirman, “Lihatlah, apakah hamba Ku memiliki amalan sunnah.” Jika hamba Ku memiliki amalan sunnah, Allah berfirman, “Sempurnakanlah kekurangan yang ada pada amalan wajib dengan amalan sunnahnya.” Kemudian amalan lainnya akan diperlakukan seperti ini.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Melaksanakan sholat sunnah sebelum atau pun sesudah sholat wajib lima waktu merupakan pelengkap dari sholat wajib. Karena sholat yang kita kerjakan belum tentu sempurna di mata Allah SWT., melaksanakan sholat sunnah merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk menutupi sholat wajib kita jika tidak sempurna.

Berdasarkan ayat berikut ini, melaksanakan sesuatu yang didasari dengan niat yang ikhlas dalam melaksanakannya, maka akan memperoleh pahala yang mengikutinya. Sama halnya dengan melaksanakan ibadah sholat sunnah.

أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ ۚ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ ۚ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: “(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari – hari yang lain. Dan wajib bagi orang – orang yang berat melaksanakannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan satu orang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al Baqarah ayat 184)

b. Dosa dihapuskan oleh Allah SWT.

Melaksanakan sholat merupakan perintah dari Allah SWT. untuk bersujud kepada Nya. Dengan mengerjakan sholat sunnah tahiyatul masjid itu artinya dengan memperbanyak bersujud kepada Allah SWT.

Artinya, kita memperbanyak dalam beribadah dan memenuhi segala perintah Nya dan mengikuti ajaran dari Nabi Muhammad SAW.

Tsauban pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW., beliau bersabda:

“Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak sholat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu.” Kemudian Ma’dan berkata, “Aku pun pernah bertemu Abu Darda dan bertanya hal yang sama.” Kemudian sahabat Abu Darda’ menjawab sebagaimana yang dijawab oleh Tsauban padaku.” (HR. Muslim)

c. Rasa syukur terhadap Allah SWT.

Dengan melaksanakan sholat sunnah tahiyatul masjid artinya yaitu memperbanyak sujud kepada Allah SWT. dan melaksanakan ibadah sunnah lainnya. Dengan begitu dosa – dosa kita dapat diampuni oleh Allah SWT. Insya Allah.

Memperbanyak melakukan ibadah sunnah merupakan salah satu yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Suatu ketika Aisyah Radhiyallahu ‘anha bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“”Bukankah Allah SWT. telah mengampuni semua dosamu yang telah terjadi dan juga yang akan datang?” Kemudian Nabi menjawab dan berkata, “Tidak bolehkah aku menjadi hamba yang banyak bersyukur (kepada Allah)?”” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Aisyah Radhiyallahu ‘anha bertanya dikarenakan kaki Nabi Muhammad SAW. yang membengkak. Kaki Beliau bengkak dikarenakan di tiap malamnya Nabi Muhammad SAW. selalu mengerjakan sholat sunnah.

d. Menjadikan orang beriman dan bertakwa

Memperbanyak ibadah kepada Allah SWT. terutama sholat sunnah dapat menjadikan kita termasuk dalam orang – orang yang beriman dan bertakwa.

Dalam Al Quran pun diterangkan mengenai orang – orang yang beriman dan bertakwa disebut dengan wali Allah. Mereka merupakan orang – orang mengerjakan segala yang diperintahkan dan dilarang oleh Allah SWT., serta mengikuti ajaran dari Nabi Muhammad SAW.

Hal ini terdapat dalam surat Yuns ayat 62 dan 63, Allah SWT. berfirman,

أَلَا إِنَّ أَوْلِيَاءَ اللَّهِ لَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ. الَّذِينَ آَمَنُوا وَكَانُوا يَتَّقُونَ

Artinya: “Ingatlah, sesungguhnya wali – wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Yaitu) orang – orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa.” (QS. Yunus ayat 62 dan 63)

Oleh karena itu, sholat sunnah tahiyatul masjid merupakan salah satu sholat sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. yang memiliki keutamaan yang luar biasa. Dengan membiasakan diri mengerjakan sholat sunnah maka akan menjadikan kita lebih dekat kepada Allah SWT.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa keutamaan yang akan kita peroleh jika melaksanakan sholat sunnah tahiyatul masjid berdasarkan Al Quran dan hadits. Semoga ulasan ini dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda ya. Terima kasih.