Keutamaan Subuh Berjamaah

2 min read

Keutamaan Subuh Berjamaah

Keutamaan Subuh Berjamaah – Sholat merupakan tiang agama. Tanpa sholat kita tidak memiliki pondasi.

Melaksanakan sholat merupakan kewajiban, dengan melaksanakan sholat kita akan memperoleh pahala yang besar dan keutamaan sholat lainnya. Terutama ketika kita melaksanakan sholat berjamaah yang jauh lebih baik daripada sholat sendiri.

Tahukah kamu keutamaan dari sholat berjamaah? Bagaimana dengan sholat subuh berjamaah? Sepertinya banyak yang memilih sholat subuh di rumah daripada berjamaah di masjid karena lebih memilih tidur bukan?

Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap dan jelas mengenai keutamaan sholat subuh berjamaah.

fajar

Sholat berjamaah memiliki keutamaan yang besar. Bagi seorang laki – laki sebaiknya mengerjakan sholat berjamaah di masjid. Keutamaan sholat berjamaah di masjid yaitu memperoleh pahala sebanyak 27 derajat. Sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari bahwa:

صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلَاةَ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Artinya:
“Sholat berjamaah melampaui sholat sendirian dengan (mendapatkan) 27 derajat.” (HR. Bukhari)

Sholat yang sangat besar keutamaannya yaitu melaksanakan sholat isya dan sholat subuh. Kenapa? Karena sholat isya dan sholat subuh merupakan sholat yang sangat sulit dan sering ditinggalkan. Karena terlalu lelah bekerja hingga ngantuk sehingga melewatkan sholat isya, kemudian tidak terbangun saat waktunya sholat isya.

Bagi orang – orang munafik sholat isya dan sholat subuh merupakan sholat yang sangat berat. Oleh karena itu, kedua sholat tersebut mempunyai keutamaan yang sangat besar jika dikerjakan secara berjamaah.

Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu berkata bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda sebagai berikut:

إِنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

Artinya:
“Sesungguhnya sholat yang paling berat dilaksanakan oleh orang – orang munafik adalah sholat isya dan sholat subuh. Seandainya mereka mengetahui keutamaan yang ada pada sholat isya dan sholat subuh, tentu mereka akan mendatanginya sekalipun sambil merangkak.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Adapun firman Allah SWT. tentang keutamaan sholat subuh berjamaah terkandung dalam Al Quran pada surat Al Isra’ ayat ke 78 yaitu:

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Artinya:
“Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al Isra’ ayat 78).

Keutamaan Subuh Berjamaah

Terdapat berbagai keutamaan dalam sholat subuh berjamaah, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Berada di dalam Jaminan Allah SWT

Bagi orang – orang yang melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid ALlah SWT. akan menjamin dan melindungi orang tersebut. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda bahwa:

مَن صَلَّى الصُّبحَ، فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ

Artinya:
“Barang siapa yang mengerjakan sholat subuh, maka dia dalam tanggungan Allah.” (HR. Muslim)

2. Dihitung seperti Sholat Semalam Penuh

Mendapatkan pahala seperti sholat semalam penuh merupakan keutamaan dari melaksanakan sholat subuh berjamaah. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:

وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ

Artinya:
“Dan barangsiapa yang sholat subuh berjamaah maka seolah – olah dia telah sholat seluruh malamnya.” (HR. Muslim)

3. Masuk Surga

Abi Musa Al Asy’ari telah meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:

منْ صلَّى الْبَرْديْنِ دَخَلَ الْجنَّةَ

Artinya:
“Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu sholat subuh dan sholat ashar), maka dia pasti akan masuk surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Imam Suyuthi meriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bersabda:

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ فِى الْجَمَاعَةِ دَخَلَ الْجَنَّةَ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Artinya:
“Barangsiapa yang sholat subuh dan ashar dengan berjamaah maka ia masuk surga dengan tanpa hisab.”

Berdasarkan hadits tersebut maka bagi orang – orang yang melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid akan dimasukkan ke dalam surga tanpa dihisab atau diperiksa.

4. Penghalang Masuk ke Neraka

Dari Umarah radiallahu ‘anhu bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا

Artinya:
“Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan sholat sebelum terbitnya matahari (yaitu sholat subuh) dan sholat sebelum matahari tenggelam (yaitu sholat ashar).” (HR. Muslim)

Adapun pada hadits lain, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:

مَنْ صَلَّى صَلاَةَ الصُّبْحِ فِى الْجَمَاعَةِ ثُمَّ جَلَسَ يَذْكُرُ اللهَ تَعَالَى حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ كَانَ لَهُ سِتْرٌ مِنَ النَّارِ وَبَرِىءَ مِنَ النَّارِ

Artinya:
“Barangsiapa yang sholat subuh berjamaah lalu ia duduk berdzikir kepada Allah sampai matahari terbit, maka baginya tertutup dan terbebas dari api neraka.”

5. Disaksikan oleh para Malaikat

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَتَجْتَمِعُ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ وَمَلَائِكَةُ النَّهَارِ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ

Artinya:
“Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada sholat fajar (subuh).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu telah meriwayatkan sebuah hadits bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Malaikat bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Para malaikat itu bertemu di sholat subuh dan sholat ashar. Kemudian yang bermalam dengan kalian naik (ke langit) dan ditanya oleh Tuhan mereka, dan Dia lebih tahu keadaan hamba – hambanya, “Bagaimana kondisi hamba – hambaku ketika kalian tinggalkan?” Para malaikat menjawab, “Kami meninggalkan mereka dalam keadaan sholat, dan kami mendatangi mereka dalam keadaan sholat.”” (HR. Bukhari dan Muslim)

Berdasarkan hadits tersebut bagi yang melaksanakan sholat subuh berjamaah akan disaksikan oleh para malaikat. Karena hal itu, doa yang kita panjatkan akan diaminkan oleh para malaikat.

6. Mendapatkan Berkah dari Allah SWT.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اللهمَّ باركْ لأمتي في بكورِها

Artinya:
“Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibn Majah)

7. Mendapatkan Cahaya di Dunia dan AKhirat

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

عن بريدة الأسلمي رضي الله عنه عن النبي – صلى الله عليه وسلم قال :بشِّرِ المشَّائين في الظُّلَم إلى المساجد بالنور التام يوم القيامة

Artinya:
“Dari Buraidah Al Aslami radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Berikanlah kabar gembira untuk orang – orang yang berjalan melaksanakan sholat di gelapnya malam menuju masjid, bahwa ia akan diberikan cahaya sempurna di dunia dan di akhirat.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai keutamaan dari sholat subuh berjamaah. Semoga artikel ini dapat dipergunakan dengan bak dan dapat menambah wawasan kamu. Terima kasih.