Kandungan dan Keutamaan dari Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

2 min read

Keutamaan Surat Al Kahfi

Kandungan dan Keutamaan dari Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat – Hari Jumat merupakan hari yang sempit. Selain itu, hari Jumat juga termasuk dalam hari yang baik. Hari yang mendatangkan banyak keberkahan.

Pada hari Jumat merupakan hari yang termasuk ke dalam hari yang baik. Jika seseorang meninggal dunia, maka insyaAllah orang tersebut akan diberikan tempat di surga. Wallahualam.

Pada hari ini, kita harus membiasakan diri membaca surat AL Kahfi. Kenapa demikian? Bukankah pada hari malam Jumat ada baiknya membaca surat Yasin? Kali ini akan dibahas perihal keutamaan dari surat Al-Kahfi. Selain itu akan dibahas juga perihal kandungan yang terdapat surat ini. Simak terus ya.

Surat Al Kahfi

Surat Al Kahfi merupakan salah satu surat yang ada pada Al Quran. Dalam bahasa Arab, Al Kahf memiliki arti “gua”. Surat Al Kahfi berarti para penghuni gua.

Surat Al Kahfi ini turun di kota Mekah dan termasuk dalam surat Makiyyah. Surat ini terdiri dari 110 ayat dan merupakan surat ke-18. Surat ini menceritakan tentang hamba yang tidur di dalam gua.

Surat Al Kahfi

Keutamaan Surat Al Kahfi

Sama seperti pada surat – surat yang terkandung di dalam Al Quran, surat Al Kahfi memiliki banyak keutamaan yang dapat kita peroleh dengan mengamalkan surat ini. Surat Al Kahfi memiliki keutamaan yang sangat luar biasa.

Adapun berikut ini merupakan keutamaan dari surat Al-Kahfi, di antaranya yaitu:

a. Akan dilindungi dari fitnah Dajjal

Pada sebuah hadits disebutkan bahwa Surat Al Kahfi dapat melindungi hamba-Nya dari fitnah Dajjal. Abu Darda mendengar bahwa Nabi Muhammad Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata,

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُوْرَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: “Barang siapa yang dapat menghafal sepuluh ayat pertama atau terakhir surat Al Kahfi maka dia akan dilindungi dari fitnah Dajjal.” (HR. Muslim dan Abu Daud)

b. Akan disinari cahaya kebaikan

Hari Jumat merupakan hari yang begitu berkah. Pada hari ini juga jika kita membaca surat Al Kahfi maka akan disinari kebaikan. Dalam sebuah ayat Al Quran yaitu pada surat Al Hadi ayat 12, Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ يَسْعَى نُوْرُهُمْ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ بُشْرَاكُمُ الْيَوْمَ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِيْنَ فِيْهَا ۚ ذَٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُ

Artinya: “(Yaitu) pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki – laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka. (Dikatakan kepada mereka): “Pada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) surga yang mengalir di bawahnya sungai – sungai, yang kamu kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang besar.” (Qs. Al Hadid ayat 12)

c. Akan disinari cahaya di antara dua Jumat

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan bahwa membaca surat Al Kahfi akan memancarkan cahaya di antara dua Jumat. Beliau bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: “Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR. Hakim dan Al Baihaqi)

d. Akan disinari cahaya antara dirinya dan Baitul ‘Atiq

Membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat akan disinari cahaya antara dirinya dan Baitul ‘Atiq. Abu Said Al Khudri Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

Artinya: “Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, maka dia akan disinari cahaya untuknya sejauh antara dirinya dan Baitul ‘Atiq.” (HR. Ad Darimi)

Sungguh besar keutamaan dari surat al Kahfi ini. Sangat disayangkan jika kita melewatkan surat ini pada malam Jumat hingga Jumat sore.

Membiasakan diri dengan hal – hal yang baik akan mendatangkan hal baik juga untuk kita. Terutama membaca surat Al Kahfi di setiap malam Jumat hingga waktu ashar. Semoga semua keberkahan selalu diberikan kepada kita.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai kandungan dan keutamaan dari surat Al Kahfi yang telah dijelaskan dengan lengkap. Terima kasih.