Keutamaan dan Manfaat dari Surat Al Waqiah Sesuai Al Quran dan Hadits

2 min read

kiamat

Keutamaan dan Manfaat dari Surat Al Waqiah Sesuai Al Quran dan Hadits – Siapa yang tidak tahu dengan surat Al Waqiah? Surat AL Waqiah merupakan salah satu surat yang terdapat dalam Al Quran.

Bagaimana dengan keutamaan dari surat AL Waqiah? Kita sering mendengar perihal jika kita selalu membaca surat Al Waqiah di tiap malam, maka akan diberikan kekayaan yang tidak ada habisnya.

Apakah benar hal itu? Apakah benar dengan membaca surat Al Waqiah kita akan terbebas dari kemiskinan?

Berikut ini akan dijelaskan mengenai keutamaan apa saja yang terkandung dalam surat Al Waqiah yang akan dijelaskan secara jelas dan detail berdasarkan dengan Al Quran dan Hadits. Simak terus ya.

Surat Al Waqiah memiliki arti hari kiamat. Dalam surat ini dijelaskan mengenai hari kiamat dan apa yang akan terjadi pada orang – orang yang kafir dan orang – orang yang beriman kepada Allah SWT.

Tetapi, banyak terdapat hadits – hadits yang lemah bahkan bisa dikatakan palsu mengenai keutamaan dari surat Al Waqiah.

Salah satunya yaitu mengenai surat Al Waqiah yang dibaca di tiap malam dapat mencegah dari kemiskinan. Hal ini tidaklah benar.

Adapun keutamaan dan manfaat yang terkandung dalam surat Al Waqiah yaitu sebagai berikut:

a. Mengetahui sifat penghuni surga dan neraka

Dalam surat Al Waqiah dijelaskan perihal orang – orang yang termasuk dalam golongan kanan, kiri, dan juga orang – orang terdahulu.

Golongan kanan maksudnya yaitu orang – orang yang beriman. Sedangkan golongan kiri maksudnya yaitu orang – orang yang kafir dan tidak mempercayai adanya Allah SWT.

Dalam surat ini, Allah SWT. menjelaskan mengenai perihal dari sifat – sifat para penghuni surga maupun neraka.

b. Memperkuat iman

Dengan mengetahui kuasa dari Allah SWT., iman kita dapat bertambah. Surat Al Waqiah berisi dengan hal – hal yang hanya Allah SWT. saja yang dapat melakukan atas kuasa Nya.

Dalam surat Al Waqiah dijelaskan mengenai hal – hal yang tidak dapat dilakukan oleh seorang manusia. Hanya Allah SWT. yang dapat melakukannya. Mempercayai adanya Allah SWT. dan Allah SWT. pulalah yang mengatur apapun yang terjadi di bumi ini termasuk urusan hamba – hambanya seperti rejeki, jodoh, dan lain – lainnya yang tidak ada satu manusia pun yang mengetahuinya.

c. Pengingat dari sifat lalai

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barang siapa yang membaca surat Al Waqiah, maka ia akan dicatat tidak tergolong pada orang yang lalai.” (HR. Ubay bin Ka’ab)

Karena dengan membaca surat Al Waqiah kita akan memahami maksud dari surat Al Waqiah tersebut. Surat ini menjadikan orang lebih sadar akan perbuatan dan sifatnya yang menjadikannya lalai.

d. Mengetahui keindahan di surga

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebatang pohon, (jika) orang yang berkendaraan berjalan di bawahnya selama seratus tahun, ia tetap berada di bawah naungannya dan tidak pernah berhasil menaklukkannya. Jika kalian berkehendak, bacalah “wa dzillim mamduud”.” (HR. Muslin dan At Tirmidzi)

e. Mengetahui siksaan di neraka

Bagi golongan kiri atau golongan orang – orang kafir akan ditempatkan dalam neraka. Di dalam neraka siksaan akan menunggu dan sungguh akan sengsara jika berada di dalam neraka.

f. Dijauhkan dari kekafiran

Dengan mengetahui tentang kuasa Allah SWT. menjadikan hambanya lebih taat kepada Allah SWT. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barang siapa yang membaca surat Al Waqiah setiap harinya, maka ia tidak akan ditimpakan kekafiran”

Dengan membiasakan membaca surat Al Waqiah dapat menimbulkan kebiasaan kita dalam membaca ayat Al Quran. Tidak hanya membaca surat Al Waqiah tetapi kita juga harus membaca surat – surat lainnya yang terdapat dalam Al Quran.

Sama halnya dengan bulan Ramadhan yang dihiasi dengan tadarus di setiap waktunya. Selain di bulan Ramadhan pun kita harus membiasakan untuk bertadarus.

Banyak hadits dan pendapat para ulama yang lemah atau bahkan palsu mengenai keutamaan dari surat Al Waqiah. Membaca surat Al Waqiah merupakan perbuatan yang baik dan dapat mendatangkan hal baik juga.

Jika terdapat hadits – hadits yang mengatakan bahwa membaca rutin dari surat al Waqiah dapat membuat seseorang kaya dan tidak akan jatuh miskin. Maksudnya bukan perihal harta, tetapi bisa saja yaitu kaya dalam hal sifat atau perilaku.

Telusuri lebih dahulu apakah hadits yang kita ketahui termasuk hadits yang kuat atau tidak. Apakah hadits tersebut palsu atau tidak. Jangan langsung mempercayai suatu hadits.

Dengan membiasakan diri membaca ayat – ayat Al Quran di tiap harinya dengan surat – surat yang ada di dalam Al Quran semoga menjadikan diri kita lebih taat dan beriman kepada Allah SWT.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai keutamaan dan manfaat yang terkandung dalam surat Al Waqiah yang telah diulas secara jelas dan lengkap. Semoga kita termasuk orang – orang yang beriman. Amiin. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Terima kasih.