Kisah Nyata Inspiratif Islami

6 min read

Kisah Nyata Inspiratif Islami

Kisah Nyata Inspiratif Islami – Penyampaian pesan dengan cerita yakni mempunyai sebuah efek yang mendalam sehingga dapat meningkatkan kesadaran teman-teman untuk lebih memahami semua pesan yang didakwahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Cara Alquran dan Sunah terbukti efektif hingga saat ini dan masih digunakan di lembaga pendidikan. Dengan cara psikologis, pembelajaran yang disampaikan melalui Media Cerita ternyata lebih efektif dalam mengasah potensi kognitif dan meningkatkan kepekaan cinta siswa.

Cerita tersebut membuat siswa merasa terlibat, sehingga mereka akan lebih mungkin untuk mendengar pelajaran dengan baik.

Cerita merupakan media pembelajaran yang banyak digunakan di masyarakat pada masa lalu. Rangkaian cerita memiliki pengaruh yang besar dalam menstimulasi perhatian dan dapat membuat pendengarnya mau mendengarkan dengan seksama. Oleh karena itu, pembelajaran dapat diceritakan dengan sempurna dalam sebuah cerita.

Juga melalui sejarah, Alquran memberikan nasehat dan petunjuk kepada orang-orang tentang hikmah yang terkandung dalam peristiwa tertentu. Di seluruh dunia hal ini dinyatakan dalam Firman Allah sebagai berikut: “Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.” (QS Yusuf [12]:111).

Kisah-kisah dalam Hadis dan Alquran termasuk keyakinan berkelanjutan, taubat, pengabdian dua arah, larangan minum khamr, pengendalian nafsu, praktik sosial dan banyak lagi.

Rasulullah SAW juga menggunakan cerita untuk media sebagai membangkitkan jiwa sahabat. Salah satu kisah paling terkenal pada masanya adalah kisah ajakan untuk mencintai makhluk hidup lainnya.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibn Umar, Nabi menceritakan tentang hukuman bagi mereka yang mengabaikan siksaan dan bagi teman-teman lainnya.

Nabi bersabda: “Ada seorang wanita masuk neraka gara-gara seekor kucing yang dia ikat dan tidak dia beri makan. Wanita itu tidak membiarkan binatang itu lepas mencari makanan berupa hewan-hewan kecil di muka bumi,” (HR Bukhari, Muslim, Malik, dan Abu Dawud).

Kisah Nyata Inspiratif Islami

Adapun berbagai bentuk dan jenis salam kisah nyata menurut islam, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Kisah Nyata Islami Azab Kubur

Kisah-Nyata-Islami-Azab-Kubur

Kisah nyata hukuman Islam atas makam tersebut diceritakan oleh salah seorang ulama Tabi’in. Sementara itu, dia menangis setelah menguburkan adiknya.

Murid-murid bersikeras karena ulama tersebut yakni yang mengajar mereka untuk tidak menangis. Untuk menyiksa diri sendiri saat ada anggota keluarga yang terbunuh, mereka menyiksa jenazah, kecuali jika itu melibatkan tindakan ketidaktahuan.

Akan tetapi, ia tidak menangis karena melanggar sunnah Nabi, tetapi ia tidak dapat mengontrolnya karena ada peristiwa besar. Dia juga mengatakan bahwa dia memasuki kuburan kakaknya setelah mendengar suara kakaknya berteriak ketakutan dan kesakitan.

Ternyata dia menemukan rantai bercahaya di tubuh adiknya. Ia pun mencoba melepas rantai dan otomatis tangannya terbakar. Dia segera menyadari. Itu hukuman yang berat. Ia pun menutup kuburan kakaknya yang malas beribadah.

b. Kisah Nyata Islami Mengharukan

Kisah-Nyata-Islami-Mengharukan

Kisah nyata Islam yang menyentuh tersebut yakni berasal dari Abu Qadamah, seorang panglima perang melawan Roma dan seorang mujahid muda. Para mujahidin muda ini bersikeras untuk pergi berperang meskipun Abu Qadamah telah melarangnya. Akhirnya Abu Qadamah setuju, asalkan mujahid muda yang bertanggung jawab menyiapkan makanan untuk para prajurit ada di belakang.

Saat tiba waktunya berpuasa, Abu Qadamah mendekati mujahid muda tersebut, namun ternyata mujahid muda tersebut tertidur karena kelelahan.

Abu Qadamah tak tega membangunkannya, apalagi melihat senyum mujahid muda. Setelah mujahid muda itu bangun, Abu Qadamah ingin tahu mimpi apa yang membuat mujahid muda tersenyum. Para mujahidin muda juga menceritakan hal itu selama rahasia Abu Qadamah.

Keesokan harinya perjuangan semakin intensif. Abu Qadamah tidak dapat menemukan mujahid muda yang layak dia dapatkan. Namun, dia berada di garis depan dan mulai bertarung meski tidak memiliki kemampuan bertarung. Abu Qadamah merasa tertipu.

Setelah Muslim memenangkan perang, Abu Qadamah pergi menemui mujahid muda dan menemukan bahwa mujahid muda itu akhirnya hidup kembali.

Mujahid berkata bahwa dia menemukan surga dan malaikat sedang menunggu. Dia menyarankan untuk memberikan jubah itu kepada ibunya untuk mengatasi kesedihannya.

Dan dia ingin Abu Qadamah menenangkan adiknya yang berumur delapan tahun dan tidak menunjukkan pakaiannya karena mujahid muda itu mengkhawatirkan akibatnya.

Kisah Islam sejati tentang pasangan yang dialami mujahid muda ini, sekaligus anugerah dari Allah karena tetap sakral di dunia. Akhirnya dia mendapatkan Malaikat Pelindung dan menunggunya di surga.

c. Kisah Nyata Islami

Kisah-Nyata-Islami

Kisah terakhir yang akan saya ceritakan kepada Anda adalah tentang sejarah Islam yang sebenarnya, seolah-olah kisah itu sangat menginspirasi. Apalagi jika kita menuntut ilmu, karena dalam cerita ini kita akan menemukan pembelajaran terus menerus dari anak-anak serta sejarah.

Dulu memang ada anak-anak yang dikenal pekerja keras, tapi lagi-lagi kerajinan mereka juga dikenal sebagai siswa tidak terampil. Dia sering ditinggalkan oleh teman-teman sekelasnya, merasa lebih dipermalukan dan bahkan lebih frustasi.

Merasa kami kehabisan bensin secara emosional, dia memutuskan untuk pulang ke rumah untuk membantu semangatnya tumbuh kembali. Setelah berbicara dengan gurunya, dia segera melakukan perjalanan. Namun di tengah perjalanan, hal itu terjadi secara tidak terduga.

Dalam perjalanan pulang, hujan turun deras dan bocah itu harus mencari tempat berlindung. Anak laki-laki itu pun memutuskan untuk kabur ke dalam gua.

Anak laki-laki itu menemukan sesuatu yang menarik di dalam gua. Anak laki-laki itu melihat air menetes di atas batu keras, uji, uji, uji. Anak laki-laki itu juga memperhatikan kejadian itu dengan cermat.

Setelah mengetahui kejadian itu beberapa lama, anak itu mengambil pelajaran. Anak laki-laki ini sampai pada kesimpulan yang luar biasa: “Sebuah batu yang sangat keras dapat dihancurkan dengan setetes air yang sangat lembut. Apa otak saya yang tidak lebih keras dari batu ini?”

Setelah itu terjadi, semangat anak laki-laki tersebut tumbuh kembali dan ia memutuskan untuk kembali ke sekolah untuk belajar lagi.

Sesampai di sekolah, anak laki-laki ini menceritakan kepada gurunya sebuah cerita tentang apa yang telah dia pelajari. Ketika guru melihat roh anak ini, dia mengajarinya ilmu pengetahuan anak itu. Begitu itu terjadi, anak itu akan memiliki kecerdasan yang luar biasa, bahkan jika mereka bisa melampaui kecerdasan teman sebayanya.

Dia adalah Ibn Hajar Al-Asqolani, seorang sarjana dari banyak karangan. Dari cerita ini kita dapat memetik hikmah bahwa sangat sulit memperoleh ilmu jika dilakukan dengan hati-hati, insyaAllah bahwa ilmu itu akhirnya masuk ke dalam jiwa ketika kita berusaha berdoa.

d. Kisah Inspiratif Islami, Tobat

Kisah-Inspiratif-Islami-Tobat

Beberapa bulan yang lalu saya bertemu dengan seorang pengusaha hebat, Bapak Ismail Drajat. Dia dulunya adalah pengusaha besar dengan pendapatan ratusan miliar setahun. Padahal, dia salah satu pengusaha terkaya di Riau, ujarnya.

5 tahun yang lalu bisnisnya bangkrut karena salah urus. Tapi Pak Ismail malah berterima kasih. Katanya, “Karena bisnis saya ambruk, saya punya banyak. Saya merasa lebih baik, setidaknya menurut saya.

Dulu, saya hanya berdoa seminggu, hanya di hari Jumat. Artinya, kalau tidak bentrok dengan pertemuan penting. Nah Alhamdulillah bukan hanya sholat wajib, saya berusaha setiap malam untuk tidak meninggalkan sholat tengah malam.

“Dahulu kala sholat magrib, sholat magrib hanya tidak mengerti jumlah total 3 rakaat. Ada kejadian yang sangat memalukan, saya melewatkan sholat maghrib 1 rakaat. Ketika pendeta menyapa saya, saya berjabat tangan.

Lalu saya teringat : “Terima kasih, permisi. kurang dari 1 siklus! Saya menjawab dengan lembut, “Ya, saya akan melanjutkan di rumah!” Oh, ketika Anda menemukannya terjadi saya kadang-kadang menertawakan diri saya sendiri, orang yang malu kompleks! Terkadang saya menangis, malu pada Tuhan! “”

“Awalnya ketemu istri dan anak selama 2-3 hari, kadang seminggu sekali, sebenarnya hanya pergi beberapa kali dalam sebulan. Sekarang saya salat dengan jemaah dan anak-anak di masjid terdekat. Saya urus bukan tentang itu. Dapatkan uang lagi, karena sekarang kamu mengerti. Dunia yang pada akhirnya akan aku kirimkan. “

“Saya mengejar bisnis yang lebih besar dan lebih besar. Tapi setelah saya dianiaya, semuanya berubah menjadi fatamorgana. Saat saya dewasa, saya semakin haus, haus, dan haus, tidak ada akhir. Sekarang saya menjalani hidup sederhana, tapi merasa lebih tenang, lebih nyaman, saya tidak bisa lagi berurusan dengan hutang. “

“Awalnya saya hidup dengan harta dan bisnis. Sekarang saya belajar hidup dengan Tuhan ya Tuhan. Perlahan-lahan saya mulai belajar Alquran. Saya banyak membaca terjemahan Alquran. Saya rasa kebanyakan orang menyukainya. Dari Alquran? Ya, sebenarnya mereka adalah tuhan yang paling dicintai, mereka taat meskipun saya jauh dari mereka. “

“Lalu aku berusaha menemukan lebih banyak orang keesokan harinya yang dicintai Tuhan. Nyatanya, aku menemukan bahwa jihad di jalan Allah. Nah, jihad itu buruk, aku berpuasa setiap hari Senin dan Kamis.

Aku melihatmu tapi saya temukan. Pasien Ini kelihatannya mudah, tapi setelah seminggu ternyata orang itu sulit dibunuh! Sampai akhirnya saya mengetahui apakah Tuhan benar-benar mencintai orang kaya tapi mereka menanamkan aset di jalan Allah . “

“Ya, sebelum saya mengajukan pailit! Tentu saja saya katakan! Sekarang setelah semuanya selesai, saya hanya dapat memberikan kontribusi yang sederhana. Coba yang pertama seiring kemajuan bisnis saya … Benar sekali bahwa orang akan telah mengatakan maaf nanti terlambat. “

Pak Ismail masih menatapnya, dan akhirnya memandangnya bahwa Tuhan benar-benar mencintai orang yang bertobat. Duarrr !!! “Saya kira ini cocok untuk saya,” bisik Pak Ismail dalam hati.

Ia merasakan banyak dosa, terutama saat berbisnis. Setiap malam dia ingat siapa yang mengkhianati bisnisnya sebelumnya. Malam itu dia menemukan seorang pria yang bisa ditemukan. Jadi setiap hari. Dia mencari rekan bisnis di ponsel jika Anda ingat salah satu orang yang disebutkan. Dia berpikir, “Tidak ada gunanya menyesali jika kamu tidak menyontek dan Dzolimi tidak meminta maaf.”

Tadi malam, Pak Ismail tak lupa lupa meminta maaf dan sujud sembari terus mencari nama orang yang menyakitinya dan mimpi terburuknya. Jadi dia bertobat. “Semoga dengan usaha ini aku akan menjadi pria yang mencintai Tuhan.” Begitu kata Pak Ismail.

Setelah Pak Ismail bertobat dan meminta maaf kepada rekan bisnisnya, ia lega. Hampir semua mantan teman bisnisnya senang mengunjungi Pak Ismail. Mereka semua melupakan mantan Pak Ismail.

Ada salah satu rekan bisnis Bapak Ismail yang usahanya berkembang pesat yaitu Bapak Yahya. Dia sangat senang saat berkunjung. Dan sungguh mengejutkan. Bahkan Pak Yahya pun meminta bantuan Pak Ismail.

“Pak Ismail, ingatlah para nabi, ummatku harus berguna bagi banyak orang! Kalau bertaubat dan tinggal di masjid terus beribadah, namanya rencananya masuk surga, jangan ajak teman-teman!” Ajak saya, Tuan! Menolak ke Surga, bahkan melalui pintu. ” Tamat. Kembali ke bisnis. Beberapa keuntungan membuat masjid, pesantren, membangun orang dan membantu mereka yang seharusnya membantu!

“Masih banyak yang harus menyelamatkan anak yatim piatu yang telah dipecat, sekolah katanya, mereka tidak kuat, semua menunggu tanganmu. Bayangake, kalau urusanmu jalan! Beberapa masjid bisa bangun? Bagaimana masjid bisa Kamu sedang membangun? Banyak anak yatim piatu yang akan menyelamatkan nyawanya, sekolahnya akan terselamatkan? Jalan ke surga akan lebih baik. Allah SWT akan dengan senang hati membangun rumah khusus untukmu di surga nanti, Pak Ismail! “

Pikiran Pak Ismail goyah. “Semua Pagan Rudi tidak salah. Saya harus berguna bagi banyak orang. Mengapa saya menjadi egois, mengapa saya menjadi remote control?”

Nasib tidak bisa disangkal. Kehadiran Pak Ismail seperti yang ditunggu-tunggu Pak Yahya. Tak lama setelah Pak Ismail mencoba dengan bantuan Pak Yahya, Pak Rudi mengalami serangan jantung dan lemas. Pak Rudi kembali ke pangkuan Allah SWT.

“Ya Allah, Yahya … sepertinya kau menungguku datang untuk menerima mandatmu. Begitu kau pergi selamanya. Semoga kau menjadi panutanku. Semoga kau melalui pintu terbaik yang kau pilih, di masuk sorga, bukan lewat pintu belakang …. ”begitu bisik Pak Ismail di penghujung doa.

Pak Ismail menggantikan Pak Yahya di perusahaannya dengan surat wasiat Pak Yahya. Bisnisnya berkembang. Maka Pak Yahya berpesan agar sebagian keuntungan perusahaan digunakan untuk pembangunan pesantren, masjid, pembiayaan yatim piatu, fakir miskin dan dufafa.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Kisah Nyata Inspiratif Islami. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.