Kumpulan Doa untuk Anak : Bacaan Arab, Latin, dan Artinya

3 min read

Kumpulan Doa untuk Anak

Kumpulan Doa untuk Anak : Bacaan Arab, Latin, dan Artinya – Anak merupakan titipan dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Bagi pasangan yang telah menikah, anak menjadi suatu kado yang terindah dan berharga. Memiliki anak itu artinya Allah Subhanahu wa ta’ala mempercayakan kepada orang tua untuk mengurus dan merawat anak tersebut.

Saat menantikan anak, orang tua baik itu ibu atau pun ayah akan terus memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar dapat melindungi dan menjaga janin yang sedang dalam kandungan istrinya. Selain itu, orang tua pun mendoakan agar kelak anaknya menjadi anak yang berbakti, pintar, sholeh, dan doa – doa baik lainnya.

Tahukah kamu bagaimana doa – doa baik yang dapat dipanjatkan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala untuk anak? Ulasan kali ini akan membahas mengenai kumpulan doa – doa yang dapat dipanjatkan untuk anak beserta dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya. Simak terus ya.

Kewajiban Orang Tua

Memiliki anak bukanlah perkara yang mudah. Saat orang tua diberikan kepercayaan untuk menjaga dan merawat anak, maka saat itulah orang tua berkewajiban dalam hal lain. Ya, tidak hanya perihal materi saja yang harus dipenuhi oleh orang tua. Tetapi kewajiban dalam hal lainnya pun harus dipenuhi.

Adapun berikut ini beberapa kewajiban yang harus dipenuhi oleh orang tua yaitu:

a. Memberikan anak dengan nama yang baik
b. Mengajarkan anak Al Quran, baik itu cara membaca hingga kandungan yang terdapat di dalamnya
c. Memberikan nafkah dan makanan yang halalan thoyiban artinya halal lagi baik
d. Mendidik anak dengan baik sesuai ajaran agama
e. Mengajarkan anak melakukan ibadah yang wajib atau pun sunnah

Melaksanakan kewajiban terhadap anak sangatlah penting. Karena pada akhirnya nanti saat kita di hisab, semua perbuatan – perbuatan kita akan dimintai pertanggung jawabannya.

Sebagai orang tua juga perlu tahu keseimbangan yang tepat dalam mendidik anak. Terutama di zaman yang serba modern sekarang ini. Jangan sampai anak terbawa arus zaman dan melupakan kewajibannya sebagai umat Muslim dan anak.

Seperti yang kita lihat banyak sekali kejadian – kejadian yang di luar nalar kita. Kita tidak bisa menghakimi seseorang tentang benar tidaknya tindakan yang di luar batas. Karena itulah jika kita, orang tua dan anak sama – sama belajar dan lebih menguatkan iman dan takwa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Menyeimbangkan hak dan kewajiban sebagai anak pun perlu. Jangan sampai orang tua dan anak keluar dari ajaran agama yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala terangkan.

Doa untuk Anak

Berikut ini beberapa doa untuk anak yang dapat diamalkan yaitu:

a. Doa agar Anak Rajin Sholat

Doa agar Anak Rajin Sholat

Bacaan Arab Doa agar Anak Rajin Sholat

رَبِّ اجْعَلْنِى مُقِيْمَ الصَّلَوةِ وَمِن ذُرِّيَّتِى رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَآءِ

Bacaan Arab Doa agar Anak Rajin Sholat

Rabbij’alnii muqiimash shalaati wa min dzurriyyatii rabbanaa wa taqabbal du’aa’.

Bacaan Arab Doa agar Anak Rajin Sholat

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku orang – orang yang tetap mendirikan sholat dan demikianlah juga keturunan – keturunanku. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doa permohonanku.” (QS. Ibrahim ayat 40)

b. Doa agar Anak Berbakti Kepada Orang Tua

Doa agar Anak Berbakti Kepada Orang Tua

Bacaan Arab Doa agar Anak Berbakti Kepada Orang Tua

Doa agar Anak Berbakti Kepada Orang Tua

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah berkah kepadaku dan anak-anakku, janganlah Engkau berikan mara bahaya kepada mereka, limpahkanlah kepada mereka taufik untuk taat kepada-Mu, dan karuniakanlah kepadaku rezeki berupa bakti mereka.”

Bacaan Latin Doa agar Anak Berbakti Kepada Orang Tua

Allahumma bariklii fii awlaadii wa laa tadhurrahum wa waf fiqhum li thaa’atika war zuqnii birrahum.

Terjemahan Arti Bacaan Arab Doa agar Anak Berbakti Kepada Orang Tua

“Ya Allah, limpahkanlah berkah kepadaku dan anak – anakku, janganlah Engkau berikan mara bahaya kepada mereka, limpahkanlah kepada mereka taufik untuk taat kepada-Mu, dan karuniakanlah kepadaku rezeki berupa bakti mereka.”

c. Doa agar Anak Beriman dan Bertakwa

Doa agar Anak Beriman dan Bertakwa

Bacaan Arab Doa agar Anak Beriman dan Bertakwa

Doa agar Anak Beriman dan Bertakwa

وَالَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إِمَامًا

Artinya: “Dan orang-orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan anak-anak kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.””

Bacaan Latin Doa agar Anak Beriman dan Bertakwa

Wallaziina yaquuluuna rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrata a’yuniw waj’alnaa lil muttaqiina imaamaa.

Terjemahan Arti Bacaan Doa agar Anak Beriman dan Bertakwa

“Dan orang – orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri – istri kami dan anak – anak kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang – orang yang bertakwa.”” (QS. Al Furqan ayat 74)

d. Doa agar Anak Pintar

Doa agar Anak Pintar

Bacaan Arab Doa agar Anak Pintar

Doa agar Anak Pintar

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Artinya: “Ya Allah, isilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang layak untuk menerima nikmat-Mu, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

Bacaan Latin Doa agar Anak Pintar

Allaahummam la’ quluuba aulaadinaa nuuran wa hik matan wa ahlihim liqabuuli ni’matin wa ashlih hum wa ashlih bihimul ummah.

Terjemahan Arti Bacaan Doa agar Anak Pintar

“Ya Allah, isilah hati anak – anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba – hamba-Mu yang layak untuk menerima nikmat-Mu, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

e. Bacaan Doa Anak Agar Cerdas

Bacaan Doa Anak Agar Cerdas

Bacaan Arab Doa Anak Agar Cerdas

Doa Anak Agar Cerdas

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلًا حَاذِقًا وَعَالِمًا عَامِلًا

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah anakku, anak yang sehat sempurna, memiliki akal yang cerdas, dan memiliki ilmu dan suka beramal.”

Bacaan Latin Doa Anak Agar Cerdas

Allahummaj’alhu shohiihan kaamiilan, wa ‘aqiilan haadziiqon, wa ‘aaiiman ‘amiilan.”

Terjemahan Arti Bacaan Doa Anak Agar Cerdas

“Ya Allah, jadikanlah anakku, anak yang sehat sempurna, memiliki akal yang cerdas, dan memiliki ilmu dan suka beramal.”

f. Doa Memohon Anak yang Baik

Doa Memohon Anak yang Baik

Bacaan Arab Doa Memohon Anak yang Baik

Doa Memohon Anak yang Baik

رَبِّ هَبْ لِي مِن لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةٗ طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَآءِ

Artinya: “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku dari sisi-Mu seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.”

Bacaan Latin Doa Memohon Anak yang Baik

Rabbi hablii mil ladunka dzurriyyatan thayyibatan innaka samii’ud du’aa’.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Memohon Anak yang Baik

“Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku dari sisi-Mu seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS. Ali Imran Ayat 38)

Kumpulan doa tersebut dapat diamalkan ketika sedang mengandung atau pun anak telah dilahirkan. Semoga dengan mengamalkan doa – doa tersebut Allah Subhanahu wa ta’ala mengijabah doa kita.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai kumpulan doa untuk anak yang dapat diamalkan di tiap harinya, dilengkapi dengan bahasa Arab, Latin, dan artinya. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.