Mad Arid Lissukun

1 min read

Mad Arid Lissukun

Berikut ini adalah materi tentang Mad Arid Lissukun. Makna dan pengertian mad arid lissukun, cara membaca mad arid lissukun, contoh mad arid lissukun.

Pengertian Mad Arid Lissukun

Makna atau pengertian tentang Mad Thobi’i, Mad Thobi’i ialah wau mati yang jatuh setelah Harakat dlummah. Jika ya’ mati yang jatuh sesudah harokat Kasroh atau alif yang jatuh sesudah harokat fathah. Mad Thobi’i ialah asal atau bahan dasar yang telah berkembang menjadi Mad Far’i, termasuk Mad Arid Lissukun.

Arid Lissukun menurut definisi ialah Mad Thobi’i yang di depannya ada huruf mati. Namun, yang perlu digarisbawahi ialah bahwa huruf matinya itu bukan huruf matinya asli, tetapi mati karena wakaf. Untuk alasan ini, keberadaan Arid Lissukun tentu saja selalu di akhir bacaan atau wakaf.

Dari sini tentu saja jelas apa yang dimaksud dengan Arid Lissukun. Sekalipun masih samar-samar, itu akan dijelaskan kembali dengan contoh di akhir artikel ini. Tentu saja, lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang pengertian Arid Lissukun ini.

Cara membaca Mad Arid Lissukun

Panjang Arid Lissukun masih menjadi perdebatan di kalangan para ulama dan para ahli ilmu tajwid. Beberapa pendapat mengatakan bahwa panjangnya sesuai dengan panjang Mad Thobi’i. Beberapa juga mengatakan bahwa panjangnya adalah tiga Harokat atau satu setengah alif. Pendapat lain mengatakan bahwa panjangnya adalah empat Harokat atau dua Alif.

Pendapat lain mengatakan bahwa panjang bacaannya ialah lima Harokat atau dua setengah Alif. Bahkan ada pendapat lain yang bahkan mengatakan bahwa panjang Arid Lissukun hingga enam Harokat atau tiga Alif. Dengan semua pendapat ini, yang terpenting adalah konsisten dalam menentukan panjang Arid Lissukun. Tentu saja, ini sesudah Anda memahami pengertian, contoh, dan hukum Arid Lissukun.

Jadi, apa artinya secara konsisten menentukan panjang bacaan ketika membaca Arid Lissukun. Misalnya, jika Anda mengasumsikan panjang Arid Lissukun menjadi empat Harokat sejak awal bacaan, maka Anda juga membaca Arid Lissukun dengan panjang yang sama jika Anda menemukan hukum bacaan ini di tempat lain. Dengan cara ini bacaan Quran Anda terdengar bagus dan tidak timpang.

Berdasarkan panjang bacaan Mad Arid Lissukun, banyak sumber dari materi ilmu tajwid menjelaskan bahwa panjang Mad Arid Lissukun sesuai dengan panjang bacaan Mad Jaiz. Dan panjang bacaan Mad Jaiz sama dengan panjang bacaan Mad Wajib. Pada akhirnya, ketiga Mad ini memiliki panjang membaca yang sama.

Kitab Jazariyah bahkan menetapkan batas tanpa menyebutkan panjang pastinya. Kitab itu mengatakan panjangnya bacaan Mad Arid Lissukun lebih panjang dari Mad Thobi’i dan tidak lebih dari Mad Lazim. Oleh karena itu, panjang lebih dari dua harokat menjadi panjang Mad Thobi’i dan kurang dari enam harokat menjadi panjang Mad Lazim.

Contoh dari Mad Arid Lissukun

Contoh Arid Lissukun dapat ditemukan di akhir ayat. Dalam ayat 11-20 Surat Al Baqarah. Anda akan menemukan kata yang berisi Arid Lissukun. Tapi ingat, petunjuknya adalah ketika Anda membacanya waqaf. Contohnya adalah kata مُصْلِحُونَ yang dibaca dengan مُصْلِحُونْ, sesuai panjang bacaannya sesuai panjang bacaan Arid Lissukun.

mad-arid-lissukun-1

Dengan kata ini, Mad Thobi’i adalah حُوْ, sedangkan huruf berikutnya disukun karena waqaf. harokat asli nun itu sendiri adalah Fathah. Contoh berikutnya adalah baris:يَشْعُرُونَ, يَعْلَمُونَ, مُسْتَهْزِئُونَ, يَعْمَهُونَ, مُهْتَدِينَ, يُبْصِرُونَ, يَرْجِعُونَ, بِالْكَافِرِين, dan kata قَدِيرٌ.

Penjelasan tentang definisi, contoh dan hukum Mad ini sudah cukup untuk pendahuluan. Untuk selebihnya, tentu saja, Anda perlu mencari sumber materi dari mana Hukum Mad dibahas secara lebih mendalam dalam Ilmu Tajwid.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini, yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Mad Arid Lissukun. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Hukum Mad Thobi’i

Doa ibu
2 min read

Mad Wajib

Doa ibu
1 min read

Mad Jaiz Munfashil

Doa ibu
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *