Mad Badal

1 min read

Mad Badal merupakan salah satu dari 13 bagian Mad Far’i, yang dimana pertemuan huruf-hurufnya sama dengan huruf-huruf dalam Mad Thobi’i, dan ini sering dianggap sebagai hukum dari Mad Thobi’i.

Berikut ini adalah materi tentang Mad_Badal yang termasuk Pengertian , Panjang, cara membaca serta Contoh dari dalam Al-Quran.

Pengertian Mad Badal

Sehubungan dengan hukum Mad Jaiz Munfashil bahwa huruf ALIF Hijaiyah dalam standar Al-Quran Indonesia mempunyai banyak nama atau istilah. Salah satu contohnya adalah Alif, yang disebut sebagai salah satu Hukum Mad Badal.

Untuk membuatnya lebih mudah untuk diingat dan memahami hukum Mad Badal, Anda harus terlebih dahulu memahami hukum Mad Thobi’i, maka jika ada huruf Alif, itu bukan hukum Mad Thobi’I tetapi hukumnya adalah Mad_Badal.

Dalam bahasa, Mad_Badal artinya yaitu;

Mad artinya; Panjang
Badal artinya; Penggantian.

Sementara menurut istilah, Mad_Badal artinya adalah;

Apabila ada huruf Mad ; alif, ya’ dan wau dan hamzah bertemu di dalam satu kalimat, sementara hamzah mendahului Huruf Mad itu.

Karena:

Karena ada hamza yang mendahului huruf mad; Alif, Wau dan ya’ dalam satu kalimat.

Cara membaca:

Pembacaan hukum bacaan Mad_Badal adalah dibaca panjang satu alif atau sama dengan dua harakat.

Cara Membaca & Panjang Mad

Berapa lama panjang bacaan dari Mad_Badal ini, dalam hal ini ada sedikit perbedaan antara Imam Warsyih dan Qira’at Imam Hafhs, berikut ini penjelasannya.

Alif, yang dianggap sebagai hukum Bacaan dari Mad Badal yang berlaku dalam mushaf standar Indonesia, adalah sebagai berikut:

Sementara itu, mushaf Al-Qur’an di Timur Tengah atau Madinah/Arab Saudi, tidak memiliki huruf Hijiayah seperti pada mushaf standar Indonesia.

yang menjadi perhatian ialah bahwa standar mushaf Al-Qur’an Indonesia masih menggunakan huruf Hijaiyah Hamzah-Alif, tetapi saat ini memang telah distandarisasi sebagai huruf Alif.

Yang mana menciptakan kesamaan antara huruf hijaiyah alif sebagai huruf yang berharakat Fathah, Kasrah & Dhammah, alif yang berfungsi sebagai hukum dari Mad Badal dan huruf alif yang berfungsi sebagai bentuk Hukum dari Mad atau panjang bacaan dan huruf alif Ini berfungsi sebagai berpenghubung dari kata dan kalimat dalam Al-Quran atau Washal.

Jika kita melihat bentuk dari huruf hijaiyah di dalam mushaf Al-Quran keluaran Timur Tengah atau Madinah, maka yang dimaksud Mad Badal sebenarnya adalah huruf hijaiyah Hamzah atau huruf hijaiyah Hamzah-Alif atau dapat digambarkan sebagai pengganti dua huruf Hamzah yang bertemu dalam satu kata.

Namun, perbedaan di atas tidak mengejutkan ketika Anda menganggap bahwa huruf Alif di dalam hukum Mad Badal di Indonesia sama dengan huruf hijaiyah Hamzah seperti di Negara Arab Saudi.

Apa yang dimaksud Mad Badal?

Mad Badal ialah salah satu dari 13 bagian Mad Far’i dimana huruf itu bertemu dengan huruf yang ada pada hukum Mad Thobi’i dan ini sering dianggap sebagai hukum Mad Thobi’i.

Tentang hukum bacaan Mad Jaiz Munfashil bahwa huruf hijaiyah alif yang ada dalam Mushaf Al Quran standar Indonesia memiliki banyak nama atau ekspresi. Contohnya adalah Alif, atau yang disebut juga sebagai hukum dari hukum mad_badal.

Untuk membuatnya lebih mudah untuk mengingat dan memahami Hukum Mad Badal, Hukum Mad Thobi’i harus dipahami terlebih dahulu. Jika ada huruf Alif, hukumnya bukan Mad Thobi’I, tetapi hukumnya adalah Mad_Badal

Apa hukum Mad Badal?

Jika Anda memahami hukum Mad_Badal, Anda harus terlebih dahulu memahami hukum Mad Thobi’i, lalu setelahnya mengerti. Jika ada huruf Alif, maka hukumnya bukan Mad Thobi’I, tetapi hukumnya adalah mad_badal

Contoh Mad Badal Dalam Al-Quran

contoh mad badal

Qalqalah

Doa ibu
2 min read

Hukum Mad Thobi’i

Doa ibu
2 min read

Mad Wajib

Doa ibu
1 min read